Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Biar Mood Gak Jelek

Kenali dulu penyebabnya ya

Mood atau suasana hati perlu dijaga setiap saat. Kenapa demikian? Sebab mood sangat memengaruhi cara kita merespons sesuatu dan menjalani kegiatan sehari-hari. Apabila suasana hati sedang baik, kita akan merespons sesuatu dengan ramah, senang hati, dan penuh senyuman.

Lalu apa yang akan terjadi jika suasana hati sedang buruk? Maka kita akan merespons sesuatu dengan sikap buruk. Nah bagaimana caranya agar mood atau suasana hati tak mudah memburuk? Kamu bisa mencoba tips di bawah ini ya!

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Kenali hal yang mudah merusak suasana hatimu

Lakukan 5 Hal Ini Biar Mood Gak Jelekilustrasi wajah sendu dan sedih (pexels.com/Liza Summer)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali penyebabnya. Apa saja hal yang berpotensi merusak suasana hatimu? Tuliskan semuanya dalam daftar khusus. 

Semakin kita menyadari hal yang membuat suasana hati memburuk, tentu akan semakin bagus. Dengan mengetahuinya secara pasti, kamu akan menjadi lebih mawas diri dan tidak terjebak di hal yang sama.

2. Hindarkan diri dari faktor penyebab mood memburuk

Lakukan 5 Hal Ini Biar Mood Gak Jelekilustrasi pria yang menenangkan diri (pexels.com/Anete Lusina)

Setelah menyadari penyebab yang berpotensi membuat suasana hatimu mudah rusak, hindarilah sesegera mungkin. Menghindari faktor penyebabnya tentu akan membuat suasana hati kamu akan lebih terjaga. 

Memahami akar masalahnya secara tidak langsung juga membantu kamu untuk menahan diri agar tidak terjatuh ke jurang yang sama. Belajarlah untuk menahan diri agar tak mudah kecewa dan emosi dengan situasi tertentu. 

3. Memandang positif segala kritik atau tantangan yang menghadang

Lakukan 5 Hal Ini Biar Mood Gak Jelekilustrasi gadis yang mendapat nasehat (pexels.com/Liza Summer)

Terkadang, suasana hati mudah rusak saat pribadi atau kinerja kita terlalu sering dikritik oleh orang lain. Ya, tak bisa dipungkiri bahwa kritik cukup pahit untuk didengar. Namun, kita tak bisa menghindari kritikan jika berada dalam komunitas tertentu, seperti dalam organisasi, kantor, maupun dalam lingkungan keluarga.

Sesungguhnya kritikan itu bagus untuk meningkatkan performa diri. Sadar bahwa kritik itu penting akan membuat mood kita lebih tertata. Jadi, terimalah segala kritikan dan saran dengan lapang dada. 

4. Dekati hal yang membuat kamu antusias

Lakukan 5 Hal Ini Biar Mood Gak Jelekilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Setelah menghindari penyebab mood mudah berantakan, kamu perlu mendekatkan diri dengan hal-hal yang menimbulkan antusiasme dalam dirimu. Perlahan suasana hatimu akan sangat membaik. 

Maka dari itu, kenali dan sadari hal-hal yang membuat kamu mudah antusias dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Antusiasme bisa berasal dari menjalani hobi, passion, hingga aktivitas kesukaan kamu. 

5. Ungkapkan perasaan pribadi kepada orang terpercaya atau lewat tulisan

Lakukan 5 Hal Ini Biar Mood Gak Jelekilustrasi menulis di buku catatan (pexels.com/Pixabay)

Ketika suasana hati mudah memburuk, kamu perlu segera melampiaskannya. Tentu saja dengan cara positif, tanpa melukai dan menyakiti orang lain.

Adapun kegiatan yang sangat direkomendasikan adalah menulis atau bercerita ke pihak yang tepat. Jika kamu ingin bercerita dengan seseorang, carilah sosok yang bisa dipercaya untuk mendengarkannya dengan baik. 

Namun jika kamu memilih aktivitas menulis, kamu hanya perlu menyimpannya sendiri. Ya, simpanlah curahan hatimu dengan rapi tanpa perlu diumumkan di media sosial. Memang tidak mudah mengelola suasana hati agar tak selalu memburuk. Namun percayalah semuanya bisa dilatih ya!

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya