Comscore Tracker

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antivirus

Filenya bakalan ikut kembali kok

Punya flashdisk yang ada virusnya emang menyebalkan ya. Apalagi kalau itu virus shortcut. Wah, apaan tuh? Jadi file di flashdisk kamu tiba-tiba hilang atau tidak bisa dibuka. Meskipun tergolong tidak berbahaya, tetapi virus tersebut dapat menyerang perangkat lainnya ketika kamu memasukkan flashdisk tersebut. Laptop atau PC kamu jadi ikutan 'sakit'.

Tenang. Gampang kok cara menyembuhkannya. Bisa pakai antivirus seperti SMADAV atau lainnya. Kalau gak punya antivirus gimana dong? Sabar, guys. Nih tips pertolongan pertama untuk menghilangkan virus shortcut di flasdisk tanpa antivirus:

1. Segera buka perintah CMD apabila flashdisk yang terinfeksi tersebut sudah menancap di laptop atau PC

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa AntivirusIDN Times/Irma Yudistirani

Bukalah perintah CMD alias Command Prompt di laptop atau PC. Caranya adalah tekan tombol logo Windows dan huruf "R" secara bersamaan. Setelah itu tekan enter atau klik "OK" dan akan muncul gambar seperti gambar di bawah ini:

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa AntivirusIDN Times/Irma Yudistirani

2. Masuklah ke drive flashdisk dengan cara mengetik kodenya di perintah CMD

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa AntivirusIDN Times/Irma Yudistirani

Kalau layar CMD sudah muncul, berikutnya adalah mengetik kode drive dari flashdisk yang terinfeksi. Misalnya, kode drive flashdisk yang terbaca di file laptop atau PC adalah F, maka ketikkan huruf "f" yang disambung dengan tanda ":" (Titik dua) di layar CMD, lalu tekan enter. Contohnya bisa kamu lihat gambar di atas ya.

3. Ketikkan kode-kode berikut ini:

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa AntivirusPixabay.com/kropekk_pl

Setelah masuk ke dalam drive flashdisk, kamu lanjut mengetikkan perintah khusus lagi. Yaitu:

attrib -s -h -r -a *.* /s /d

Lalu tekan enter. Barulah kamu harus sabar menunggu proses pemulihannya selama beberapa detik saja. Kalau sudah selesai, maka otomatis deh flashdisk kamu terbebas dari virus shortcut.

4. Bakalan hilang gak ya file yang terinfeksi virus shortcut?

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antiviruspixabay.com/PhotoMIX-Company

Apakah file kamu yang terinfeksi bakalan ikut hilang? Tentu tidak. File yang terinfeksi akan kembali muncul. Jadi gak perlu sedih.

Satu yang hal jadi catatan adalah kamu tetap wajib menghapus virus itu dari flashdisk. Kamu perlu menambah kekebalan flashdisk dari serangan virus shortcut berikutnya, dengan cara menginstal antivirus. Makanya hati-hati, jangan sembarangan main colok ke perangkat.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Indra Zakaria di idntimes.com dengan judul Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antivirus

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya