Comscore Tracker

5 Fenomena Aneh yang Sering Terjadi saat Tidur, Termasuk Mimpi Terbang

Mimin malah pernah kencing di mimpi

Selama ini tidur diyakini dapat memulihkan energi seseorang. Ketika tidur, seseorang melemaskan otot dan hormon-hormon, termasuk adrenalin. Namun seperti yang sempat viral belakangan ini, ternyata ada juga orang yang tidak tidur selama bertahun-tahun. Para dokter pun kesulitan menemukan penyebab atas fenomena yang dialami warga Bandung, Jawa Barat tersebut.

Selain kasus di atas, para ilmuwan juga menemukan fenomena-fenomena aneh lainnya yang tidak bisa dijelaskan dari sisi kesehatan maupun ilmiah. Sampai sekarang persoalan tersebut masih diperdebatkan. Nah berikut lima fenomena aneh yang sering terjadi saat tidur:

Baca Juga: Mimpi Putus dengan Pacar Pertanda Buruk? Ini 7 Penjelasannya 

1. Kelumpuhan ketika tidur

5 Fenomena Aneh yang Sering Terjadi saat Tidur, Termasuk Mimpi TerbangIlustrasi ketindihan saat tidur (astrotalk.com)

Fenomena kelumpuhan ketika tidur biasanya dikenal sebagai ketindihan. Orang-orang zaman dulu meyakini itu sebagai fenomena alam gaib. Dipercaya ada makhluk halus yang menindih. Apakah benar seperti itu?

Tapi bagi para ilmuwan, kelumpuhan tidur terjadi karena tubuh belum sepenuhnya sadar, atau bisa dikatakan bahwa tubuh terlambat merespons kesadaran ketika kamu bangun. Hal itu menyebabkan kamu tidak bisa merasakan apa-apa dan hanya diam begitu saja.

2. Mengalami mimpi buruk sebelum tidur

5 Fenomena Aneh yang Sering Terjadi saat Tidur, Termasuk Mimpi Terbangilustrasi tidur dan mimpi buruk (pexels.com/John-Mark Smith)

Mimpi buruk sebelum tidur dikenal juga dengan istilah hypnagogia, yakni fenomena tubuh di ambang batas antara sadar, mimpi, dan halusinasi. Saat memasuki fase ini, realitas mulai melebur dan kamu mulai bermimpi.

Pada fase tersebut kamu terjebak sebab di satu sisi kamu masih sadar, namun di sisi lain kesadaranmu mulai memudar. Apakah kamu pernah mengalami hal seperti ini?

3. Sindrom kepala meledak

5 Fenomena Aneh yang Sering Terjadi saat Tidur, Termasuk Mimpi TerbangIlustrasi kepala hampir meledak. Pexels.com/Atul Choudhary

Hanya 10 persen dari populasi di dunia ini yang kena sindrom kepala meledak. Apa itu sindrom kepala meledak? Contohnya, kamu terbangun karena mendengar suara tembakan atau tertidur hanya karena suara gong? 

Fenomena tersebut bisa terjadi karena dipengaruhi oleh rasa stres dan gangguan sinyal di otak sebagaimana prediksi dari para ilmuwan. Tidak sedikit yang menganggap persoalan ini sebagai sesuatu yang biasa-biasa saja. Tapi apabila ternyata itu sampai mengganggu jadwal tidur kamu, jangan sampai ditunda. Segeralah berkonsultasi dengan pakar.

4. Mimpi terbang

5 Fenomena Aneh yang Sering Terjadi saat Tidur, Termasuk Mimpi TerbangPexels.com/Pixabay

Pernahkah kamu bermimpi bisa melayang begitu saja walau tanpa bantuan dari pesawat? Fenomena ini sering diartikan bahwa kamu ingin lepas dari rutinitas keseharian. Lewat melayang, sang pemimpi menemukan kebebasan dan terbebas dari segala bentuk tekanan.

Tidak hanya itu, ada pula yang mengatakan bahwa mimpi ini sedikit banyak berhubungan dengan ereksi karena lebih banyak dialami laki-laki ketimbang perempuan.

5. Kencing di mimpi

5 Fenomena Aneh yang Sering Terjadi saat Tidur, Termasuk Mimpi TerbangPexels.com/Karolina Grabowska

Apabila hal ini sering pada orang dewasa, itu berarti ada permasalahan serius pada tubuh. Biasanya kencing di mimpi ini akan berakhir dengan ngompol. Kejadian ini dikenal dengan fenomena susah bangun. Jika kamu mengalaminya hanya sekali atau dua kali, tak perlu khawatir ya. Ketimbang hanya sekadar tertidur untuk memenuhi kebutuhan dasar, alam bawah sadarmu menawarkanmu alternatif untuk kencing di mimpi sebagai solusinya. 

Itulah beberapa fenomena aneh yang sering terjadi saat tidur. Mana saja yang paling sering kamu alami? Apabila kamu tertarik untuk menguliknya, bisa juga baca fenomena lainnya di sini ya. 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya