Comscore Tracker

Profil Bupati Kabupaten Jembrana I Nengah Tamba

Semoga bisa menjadi pemimpin harapan rakyat ya Pak

Jembrana, IDN Times - Kabupaten Jembrana dikenal dengan sebutan Bumi Makepung. Terletak di bagian barat Bali, Jembrana menjadi satu di antara beberapa pintu masuk utama menuju Pulau Dewata.

Saat ini kabupaten yang terdiri dari 5 kecamatan dan 51 desa/kelurahan itu dipimpin oleh Bupati I Nengah Tamba SH bersama pasangannya, Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna ST MT. Keduanya resmi menjabat sejak 26 Februari 2021 hingga tahun 2024. 

Bagaimana jejak kepemimpinan Tamba selama ini sebelum akhirnya menjadi orang nomor satu di Jembrana? Berikut profil singkat Bupati Kabupaten Jembrana, I Nengah Tamba. 

Baca Juga: Profil Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna

1. Meraih gelar sarjana dari Universitas Udayana

Profil Bupati Kabupaten Jembrana I Nengah TambaBupati Jembrana, I Nengah Tamba. (instagram.com/nengahtamba)

I Nengah Tamba lahir di Jembrana, 22 Maret 1964. Bersama istrinya, Tamba kini dikaruniai tiga orang anak.

Pada tahun 1971, Tamba menempuh pendidikan di Sekolah Dasar (SD) 2 Kaliakah dan tamat tahun 1977. Setelah itu, lanjut ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Budisastra Manistutu. Masa studi Sekolah Menengah Atas (SMA), ditempuhnya di SMA Negeri 1 Singaraja.

Setelah lulus SMA pada tahun 1983, dua tahun kemudian, Tamba lanjut studi ke Universitas Udayana. Gelar Sarjana resmi diraihnya pada tahun 1990. 

2. Sempat jadi Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Bali

Profil Bupati Kabupaten Jembrana I Nengah TambaBupati Jembrana, I Nengah Tamba. (instagram.com/nengahtamba)

I Nengah Tamba pernah menjabat sebagai Direktur PT Tri Media Sarana pada tahun 2008 sampai 2020. Pada momen itu juga, tepatnya dari tahun 2009 hingga 2014, Tamba menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali.

Lima tahun berikutnya, dari tahun 2014 sampai 2019, Tamba menduduki posisi Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali.

3. Sampai saat ini menjadi penasihat Bali Golf

Profil Bupati Kabupaten Jembrana I Nengah TambaBupati Jembrana, I Nengah Tamba. (instagram.com/nengahtamba)

I Nengah Tamba juga aktif dalam sejumlah organisasi. Pada tahun 2017, ia menjadi penasihat Palang Merah Indonesia (PMI) Bali, hingga tahun 2020.

Ia juga dipercaya menjadi Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Bali dari tahun 2015 hingga 2020. Tak hanya itu, Tamba pernah menjadi penasihat Bali Golf sejak 2017 sampai saat ini.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya