Comscore Tracker

Kamu Pasti Bisa! 6 Tips Biar Persahabatan Jadi Langgeng 

Jaga sahabat kamu dengan baik ya 

Menemukan dan memiliki seorang sahabat yang setia merupakan sebuah anugerah. Persahabatan yang telah terjalin itu pun seyogyanya dijaga dan dirawat dengan sebaik-sebaiknya. Jangan sampai retak di tengah jalan, apalagi ternyata hanya karena hal yang sepele. 

Menjaga hubungan memang tidak mudah. Perlu pengertian dari kedua belah pihak. Tidak hanya satu orang yang berusaha keras untuk menjaga, melainkan semuanya perlu saling mengerti dan memahami. Lalu bagaimana caranya? Berikut tips biar persahabatan kamu langgeng ya:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Bersikap lebih terbuka 

Kamu Pasti Bisa! 6 Tips Biar Persahabatan Jadi Langgeng ilustrasi ngobrol di kafe (unsplash.com/linkedinsalesnavigator)

Ketika sudah memutuskan bahwa seseorang akan menjadi sahabat kamu, sebaiknya mulailah untuk terbuka. Ingatlah bahwa sahabat adalah seseorang yang senantiasa berada di sisi kamu. Dengan demikian, kamu seharusnya tidak perlu khawatir untuk bersikap lebih jujur padanya.

Lebih banyak bercerita kepada sahabat akan meningkatkan rasa percaya satu dengan yang lain. Dengan demikian, antar sahabat akan saling menghargai dengan lebih baik lagi.

2. Jangan biarkan kesalahpahaman berlarut-larut 

Kamu Pasti Bisa! 6 Tips Biar Persahabatan Jadi Langgeng ilustrasi memperhatikan saat orang lain bicara (unsplash.com/wocintechchat)

Dalam persahabatan yang erat sekalipun, tidak jarang ditemui adanya argumen yang menuntun ke masalah baru. Kalau hal ini sudah terjadi, jangan tunda lebih lama. Ajak sahabat untuk bicara dan segera luruskan pokok masalah dan cari solusinya bersama.

Masalah yang dibiarkan begitu saja malah berisiko menghancurkan persahabatan yang sudah dibangun selama ini. Selain itu, hal ini bisa memicu seseorang untuk berasumsi tanpa adanya fakta, yang cenderung salah dan merugikan kedua belah pihak.

3. Berikan dukungan, baik saat senang maupun sedih 

Kamu Pasti Bisa! 6 Tips Biar Persahabatan Jadi Langgeng ilustrasi mengobrol berdua (unsplash.com/bewakoofofficial)

Betapa mudahnya untuk memberi dukungan pada saat hal-hal baik senantiasa berdatangan. Namun akan berbeda apabila ketidakberuntungan mulai datang dan menimbulkan gesekan-gesekan dalam hubungan persahabatan itu.

Menjadi seorang sahabat yang baik berarti kamu akan mendukung apapun keadaan yang tengah dialami, baik dalam kondisi bahagia maupun sedih. Pada akhirnya, sahabat tidak hanya merangkul hal yang baik saja, namun juga kekurangannya. 

4. Sampaikan pendapat dan masukan dengan jujur

Kamu Pasti Bisa! 6 Tips Biar Persahabatan Jadi Langgeng ilustrasi dua orang mengobrol (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Meski sudah sangat dekat sebagai sahabat, hal tersebut bukan berarti bahwa kita harus berusaha untuk selalu menyenangkannya. Hanya demi menjaga perasaan lantas kita kemudian berbohong. Jelas ini bukan tindakan yang tepat bagi seorang sahabat.

Agar persahabatan lebih langgeng, beranikan diri untuk menyampaikan masukan yang jujur. Seorang sahabat tidak perlu kata-kata yang manis, melainkan yang jujur. Lebih baik pahit sekarang namun bisa diperbaiki, daripada manis namun malah menghancurkan diri sendiri.

5. Jaga rahasia yang sudah diceritakan 

Kamu Pasti Bisa! 6 Tips Biar Persahabatan Jadi Langgeng ilustrasi pergi bersama sahabat (unsplash.com/aliciasteels)

Memutuskan untuk menjadikan seseorang sebagai sahabat terkadang membuat kita lebih percaya padanya untuk bercerita tentang hal-hal pribadi. Apabila kita dipercaya untuk mengetahui hal-hal yang bersifat pribadi atau rahasia, kita wajib menjaga hal tersebut apabila tidak ingin persahabatan menjadi rusak.

Kepercayaan tentu sangat mahal dan susah untuk didapat. Oleh karena itu, apabila kamu diberikan kepercayaan, wajib untuk merawatnya dengan sungguh-sungguh. Simpan semua cerita yang ia ceritakan hanya untuk diri kamu dan sahabat tersebut.

6. Hindari bicara keburukan di belakang sahabat 

Kamu Pasti Bisa! 6 Tips Biar Persahabatan Jadi Langgeng ilustrasi ngobrol asyik di kantor (unsplash.com/Brooke Cagle)

Tiap orang pastinya punya keburukan masing-masing. Sebagai seorang sahabat, kurang tepat bila kita membicarakan hal tersebut di belakang dia. Ini menunjukkan bahwa kita kurang percaya dan menghargai persahabatan itu.

Apabila memang ada hal buruk yang dialami oleh sahabat, bicarakan saja langsung dengannya. Membahasnya dengan orang lain malah akan menimbulkan masalah baru dan tidak menyelesaikan persoalan yang ada.

Menjaga persahabatan agar tetap langgeng juga ternyata tidak sesusah yang dibayangkan. Tetaplah berusaha sebaik mungkin dalam menjaga komunikasi dan memberi dukungan satu sama lain.

Khariton Tjahjadi Photo Community Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya