Comscore Tracker

5 Bentuk Bahasa Cinta ke Pasangan

Setiap orang caranya berbeda-beda lho

Bentuk kasih sayang atau bahasa cinta adalah cara seseorang menerima dan mengekspresikan suatu hubungan asmara. Bahasa cinta dapat membuat pasangan merasa dicintai dan dihargai, sebagaimana disebutkan dalam laman Verywell Mind. Setiap orang tentu ingin menunjukkan kepada pasangannya bahwa mereka peduli.

Menurut Dr Gary Chapman, penggagas teori bahasa cinta pertama pada tahun 1992, lewat bukunya The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate, setiap orang memiliki bahasa cinta yang dominan di dalam dirinya. Nah berikut lima bentuk bahasa cinta ke pasangan sebagaimana dijelaskan  Dr Gary Chapman:

Baca Juga: 5 Alasan Mantan Masih Sering Chat Kamu, Coba Tetap Jaga Jarak

1. Words of affirmation 

5 Bentuk Bahasa Cinta ke Pasanganilustrasi menulis (pexels.com/cottonbro)

Tipe bahasa cinta ini merujuk kepada orang-orang yang suka menunjukkan dan menerima rasa cinta melalui kata-kata. Entah secara verbal maupun tulisan. Mereka lebih dominan menunjukkan bahasa cintanya dalam bentuk apresiasi atau pujian.

Orang dengan tipe ini memaknai ucapan lebih dalam dan punya kepekaan yang tinggi terhadap kata-kata yang diterima dan dilontarkannya. Jadi, apabila pasanganmu punya tipe bahasa cinta seperti ini, lebih baik ucapkan perasaan sayangmu kepadanya, seperti 'I love you.' Pasti dia akan merasa senang.

2. Acts of service 

5 Bentuk Bahasa Cinta ke Pasanganilustrasi kerja sama (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Orang yang jarang menunjukkan bahasa cintanya lewat kata-kata, tapi lebih sering melalui tindakan, berarti ia adalah tipe acts of service. Mereka mungkin tidak sering mengungkapkan perasaannya melalui ucapan, tapi lebih cenderung mengungkapkannya lewat aksi atau tindakan.

Orang yang memiliki tipe ini akan sepenuh hati membantu dan menolong pasangannya. Apalagi jika ia menerima perlakuan yang setimpal. Ia sangat menghargai atas pelayanan yang dilakukan oleh pasangannya.

3. Receiving gifts 

5 Bentuk Bahasa Cinta ke Pasanganilustrasi kejutan hadiah (pexels.com/Katerina Holmes)

Receiving gifts adalah seseorang yang mengungkapkan bahasa cintanya dengan bentuk hadiah. Setiap hadiah yang diberikan tentu memiliki arti kasih sayang yang sesungguhnya.

Bukan dari nilai barangnya, tetapi ia meluangkan waktunya untuk memikirkan dan mempersiapkan hadiahnya. Ia juga senantiasa mengingat setiap hadiah yang diberikannya.

Apabila kamu memiliki pasangan dengan tipe ini, pilihlah hadiah untuknya sebagai bentuk bahwa kamu memahaminya dan tulus mencintainya. Tapi, kamu mesti hati-hati juga dengan bahasa cinta ini karena bisa jadi disalahartikan sebagai perilaku materialistis.

4. Quality time 

5 Bentuk Bahasa Cinta ke PasanganIlustrasi Kencan (IDN Times/Mardya Shakti)

Orang yang selalu meluangkan waktu dengan pasangan meski sibuk sekalipun, ia berarti tipe orang yang memiliki bahasa cinta quality time. Orang tipe ini akan merasakan dan menunjukkan rasa cintanya dengan menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Ia merasa dicintai ketika pertemuannya diisi dengan komunikasi yang berkualitas, seperti bertukar pikiran hingga curhat. Orang dengan tipe ini benar-benar menghabiskan waktu dengan pasangan tanpa ada gangguan satu pun. Ponsel dimatikan agar waktu bersamanya lebih intim.

5. Physical touch 

5 Bentuk Bahasa Cinta ke Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Physical touch berarti orang yang suka menerima dan menunjukkan kasih sayangnya melalui sentuhan fisik, seperti menggenggam tangan, membelai, memeluk, atau mencium. Apabila kamu panik, dia akan memegang tanganmu untuk menenangkanmu.

Jika kamu sedang merasa down, dia akan memupuk punggungmu agar kamu jadi semangat lagi. Orang makin bahagia jika berdekatan dengan pasangan yang selalu mendukungnya dalam suka maupun duka. Apalagi diperlakukan dengan setimpal, tentu akan merasa menjadi orang yang paling dicintai.

Apabila ingin membangun hubungan yang sehat, seseorang harus mengusahakannya. Ajak pasangan untuk lebih banyak berkomunikasi agar bisa saling mengerti satu sama lain. Nah itu beberapa bentuk rasa kasih sayang ke pasangan. Bagaimana dengan kamu?

Gebialya R. Photo Community Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya