Comscore Tracker

5 Hal yang Kamu Alami Jika Terlalu Sering Mengeluh

Emang gak capek ya kalau mengeluh terus?

Setiap orang pernah mengeluhkan tentang sesuatu hal yang dianggap mengganggu. Gak ada yang salah sih mengeluh ketika mengalami kejadian buruk. Namun ada juga orang yang selalu mengeluhkan terhadap setiap hal yang dilakukannya. 

Tentu saja ini bukan hal yang baik untuk dipertahankan. Berikut ini lima hal yang kamu alami jika terlalu sering mengeluh, yuk simak lebih lanjut!

Baca Juga: 5 Mencegah Jadi Bahan Gosip, Hindari Hubungan Penuh Drama

Baca Juga: 5 Ciri Seseorang Sedang Meremehkanmu, Banyaklah Bersabar

1. Emosi yang sulit dikendalikan

5 Hal yang Kamu Alami Jika Terlalu Sering MengeluhIlustrasi sedang bekerja (pexels.com/George-milton)

Mengeluh sering terjadi ketika kamu dihadapkan pada situasi di luar ekspektasi. Misalnya menerima pekerjaan tambahan secara tiba-tiba, terjebak macet, harus membersihkan rumah ketika pulang kerja, hingga berbagai situasi lainnya. Mengeluh justru akan menambah mood kamu menjadi berantakan.

Karena mood yang kurang baik, kamu jadinya tidak fokus untuk mengerjakan hal lainnya. Kamu jadi sulit mengendalikan emosi. Suasana hatimu juga akan semakin buruk jika diikuti terus.

2. Kamu dikucilkan dalam lingkungan

5 Hal yang Kamu Alami Jika Terlalu Sering MengeluhIlustrasi sedang bicara (pexels.com/Jdgromov)

Ada kalanya kamu merasa sendirian di kantor, bertemu teman-teman, dan berkumpul dengan keluarga. Mungkin saja mereka terlalu sering mendengar keluhanmu, dan membuatnya tidak nyaman.

Cobalah untuk memahami lingkungan sekitarmu. Tidak semua orang berada dalam kondisi psikis yang stabil. Orang-orang bisa saja sedang mengalami kondisi yang kurang baik.

3. Merasa tidak dapat mengubah situasi

5 Hal yang Kamu Alami Jika Terlalu Sering MengeluhIlustrasi sedang lelah (pexels.com/Olly)

Terkadang kamu belum menerima situasi yang kurang menyenangkan dalam hidupmu. Hal inilah yang membuatmu menjadi sering mengeluh. Saking tidak terimanya dan terlalu fokus menyalahkan keadaan, kamu sampai lupa mencari cara untuk mengubah situasi.

Percayalah, bahwa tidak semua hal berjalan sesuai harapan dan kamu tidak dapat mengendalikannya. Namanya saja proses hidup. Dalam beberapa situasi memang sulit di awalnya. Kamu harus legowo menerima itu, dan fokus menemukan jalan keluar ketika berhasil melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

4. Berpikir negatif setiap hari

5 Hal yang Kamu Alami Jika Terlalu Sering MengeluhIlustrasi sedang berpikir (pexels.com/Cottonbro)

Mengeluh akan memunculkan banyak pikiran negatif. Hal ini akan memengaruhi kegiatanmu setiap hari. Bukan hanya itu, kamu juga akan membuat orang-orang di sekitar kurang nyaman mendengar keluhanmu. Apalagi jika yang keluhkan isinya tetap sama.

Kondisi ini tidak boleh dibiasakan. Kamu akan terkekang oleh pemikiran negatif yang tentu saja merugikan diri sendiri.

5. Hari-hari terasa membosankan

5 Hal yang Kamu Alami Jika Terlalu Sering MengeluhIlustrasi sedang bosan (pexels.com/Mikoto)

Hari-harimu akan terasa membosankan jika terlalu sering mengeluh. Mengeluhkan banyak hal, bahkan terhadap sesuatu yang kecil sekalipun, akan membuat suasana hatimu menjadi tidak baik. Kamu jadinya merasa tidak ada yang menyenangkan selama menjalani kehidupan sehari-hari. Jadi cobalah kamu perlahan-lahan mengurangi diri untuk mengeluh ya.

Tidak ada yang salah kok jika kamu mengeluh. Namun jangan biarkan hal itu menghantui seluruh waktumu. Gimana menurut kamu? Share di kolom komentar.

Suandewi Oka Photo Community Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya