Comscore Tracker

Bedanya Wayan, Made, Nyoman dan Ketut di Bali

Biar kamu paham dikit kalau lagi liburan ke Bali

Kamu pasti menemukan banyak orang di Bali yang memiliki nama panggilan serupa seperti Wayan, Made, Ketut, Nyoman dan lainnya.

Jadi kalau bertanya "Bapak namanya siapa?" dan bapak itu menjawab "Panggil saya pak Made", maka kamu harus menanyakan lagi nama lengkapnya ya "Pak Made siapa ya?"

Sebab hampir semua orang Bali menggunakan nama tersebut lho. Seandainya kamu ada di ruang bioskop berisi 50 orang pria, bisa saja 50 persen di antaranya memiliki nama awalan Made.

Sebenarnya nama-nama tersebut dipakai oleh orang Bali untuk menyebutkan nomor urutan kelahiran di keluarganya. Berikut ini bedanya nama Wayan, Made, Nyoman, dan Ketut:

Baca Juga: 4 Doa Hindu Memohon Kesembuhan, Menjenguk Orang Sakit Hingga Melayat

1. Wayan

Bedanya Wayan, Made, Nyoman dan Ketut di BaliPexels.com/Artem Bali

Baca Juga: Keren Nih, Rumah Sakit di Bali Bakal Buka Praktik Dukun

Anak pertama akan diberi nama depan Wayan. Wayan berasal dari kata ‘‘Wayahan‘‘ yang berarti paling tua. Makanya anak pertama yang paling tua diberi nama depan Wayan.

Selain Wayan, anak pertama juga bisa diberi nama depan Putu, dan spesial untuk anak laki-laki pertama bisa juga menggunakan Gede.

2. Made

Bedanya Wayan, Made, Nyoman dan Ketut di BaliDok. Pribadi/Arya W.

Made adalah nama depan untuk anak kedua dalam keluarga orang Bali. Made berasal dari kata ‘’Madya’’ yang artinya tengah. Made akan menjadi penengah antara Wayan dan Nyoman.

Tak hanya Made, nama depan lainnya yang bisa digunakan untuk anak kedua, baik itu anak laki-laki atau perempuan, adalah Kadek atau Nengah.

3. Nyoman

Bedanya Wayan, Made, Nyoman dan Ketut di BaliPexels.com/Artem Bali

Nyoman atau Komang merupakan nama depan untuk anak nomor ketiga. Nama depan tersebut bisa dipilih untuk anak laki-laki atau perempuan yang lahir di urutan ketiga dalam keluarganya.

4. Ketut

Bedanya Wayan, Made, Nyoman dan Ketut di BaliPexels.com/Artem Bali

Nama ini dipakai untuk anak nomor empat dalam keluarganya. Tidak ada sebutan lain untuk nama depan anak keempat selain Ketut. Baik laki maupun perempuan sama-sama menggunakan Ketut.

Tapi, bagaimana jika dalam satu keluarga itu jumlah anaknya lebih dari empat orang?

Jika anaknya lebih dari empat orang, nama depannya akan diulang lagi dari Wayan. Maka anak yang lahir kelima diberi nama depan Wayan, anak keenam diberi nama depan Made, dan begitupun seterusnya.

Anak yang diberi pengulangan nama depan dalam keluarga, biasanya orang Bali menyebutnya sebagai Wayan balik, Made balik dan seterusnya.

Biar mudah membedakan mana nama untuk anak laki-laki atau perempuan, orang Bali akan menggunakan awalan nama "I" untuk laki-laki, dan "Ni" untuk anak perempuannya.

Jadi, jangan heran kalau di Bali banyak orang memiliki nama panggilan Wayan, Made, Nyoman atau Ketut.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna Suci

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Sastry di IDN Times Community dengan judul Kamu Wayan, Made, Nyoman atau Ketut? Ini Perbedaannya

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya