Comscore Tracker

Arti Om Swastiastu dan Nama Gede di Film Ticket To Paradise

Pasti banyak yang nungguin penampilan #MaximeBouttier

Trailer Ticket To Paradise mendapatkan 12,5 juta views sejak diluncurkan pada 29 Juni 2022 di YouTube Universal Pictures. Ini adalah film terbaru George Clooney dan Julia Roberts, yang juga menghadirkan aktor berkebangsaan Indonesia bernama Maxime Bouttier. Maxime memerankan tokoh sebagai Gede. Banyak yang mengira film dibuat di Bali. Namun setelah ditelusuri, lokasi syutingnya lebih banyak dilakukan di Kepulauan Whitsunday, Australia.

Trailer tersebut lebih banyak menampilkan scene Pulau Bali. Mulai dari ornamen yang khas, panggilan nama Gede, udeng, pakaian adat, kain poleng di restoran pinggir pantai, pelinggih, pendada atau sulinggih, adegan dialog Julia Robert yang mengatakan "Om swastiastu", restoran hingga hotel ala Bali.

Nama Gede diambil dari sistem penamaan di Bali. Selain nama, ada juga penyebutan kalimat "Om swastiastu" di film ini. Lalu apa sebenarnya arti nama Gede dan Om Swastyastu ini?

Baca Juga: Menguak Lokasi Syuting Ticket to Paradise, Benarkah di Bali?

1. Debut pertama Maxime Bouttier di Hollywood

Arti Om Swastiastu dan Nama Gede di Film Ticket To ParadiseMaxime Bouttier di film Ticket To Paradise. (YouTube.com/Universal Pictures)

Film Ticket To Paradise adalah debut pertama Maxime Andre Selam Bouttier atau yang lebih dikenal dengan nama Maxime Bouttier. Lama tak terlihat di kancah perfilman, tiba-tiba ia muncul sebagai aktor dalam film hollywood.

Ia berperan sebagai Gede, yang merupakan pacar Lily yang diperankan oleh Kaitlyn Dever. Hubungan ini ditentang oleh orangtua Lily, yang diperankan oleh George Clooney dan Julia Roberts.

Baca Juga: Mengenal 6 Bangunan di Pekarangan Rumah Tradisional Bali

2. Arti nama Gede dalam sistem penamaan orang Bali

Arti Om Swastiastu dan Nama Gede di Film Ticket To ParadiseIlustrasi anak-anak di Bali. (unsplash.com/Charlein Gracia)

Gede adalah nama yang digunakan sebagai penanda urutan kelahiran dalam sistem penamaan orang Bali. Dikutip dari E-journal Humanika Vil. 24 No. 2 (2017) tentang Sistem Penamaan Orang Bali karya I Gede Bagus Wisnu Bayu Temaja, Gede merupakan nama yang digunakan untuk anak tertua, atau yang lahir pertama kali. Gede sendiri memiliki makna 'besar' dalam Bahasa Bali.

Variasi lain dari nama Gede adalah Putu dan Wayan. Putu memiliki arti cucu, dan Wayan adalah wayah atau tua dalam Bahasa Bali.

Baca Juga: 7 Ucapan Ulang Tahun untuk Pasangan dalam Bahasa Bali

3. Gede bisa digunakan untuk laki-laki maupun perempuan

Arti Om Swastiastu dan Nama Gede di Film Ticket To ParadiseIlustrasi anak-anak di Bali. (unsplash.com/Tbel Abuseridze)

Umumnya, Gede lebih sering digunakan sebagai nama untuk laki-laki. Misalnya, I Gede Wirya Natha. Nama pada dasarnya Gede bisa digunakan untuk laki-laki maupun perempuan.

Kalau digunakan untuk perempuan, maka nama Gede harus didahului oleh Luh, sehingga menjadi Luh Gede. Contohnya, Ni Luh Gede Tirtawati.

4. Nama orang Bali diambil dari berbagai aspek

Arti Om Swastiastu dan Nama Gede di Film Ticket To ParadiseIlustrasi orang Bali. (unsplash.com/I Made Krisna Udiana)

Dalam sistem penamaan orang Bali, terdapat beberapa aspek yang digunakan yaitu:

  • Berdasarkan jenis kelamin. Untuk membedakan jenis kelamin dalam nama menggunakan 'I' untuk laki-laki, dan 'Ni' untuk perempuan yang diletakkan di awal nama.
  • Berdasarkan urutan kelahiran. Dalam sistem penamaan di Bali, menggunakan nama-nama khusus untuk memberikan urutan kelahiran dalam suatu keluarga. Yaitu Wayan, Gede, Made, Kadek, Nyoman, Komang, dan Ketut
  • Berdasarkan empat sistem kasta. Aspek ini yang paling rumit, karena harus melihat kasta atau wangsa seseorang. Wangsa atau kasta di Bali terdiri dari brahmana, kesatrian, waisya, dan sudra. Masing-masing wangsa memiliki aturan nama tersendiri seperti Ida Bagus, Cokorda, Ngakan, dan sebagainya.

5. Makna dari kalimat Om Swastyastu

https://www.youtube.com/embed/hkP4tVTdsz8

Trailer Ticket To Paradise memperlihatkan adegan perkenalan Gede dengan orangtua Lily (menit 1:23). Lalu Ibu Lily (Julia Roberts) mengucapkan kalimat "Om swastiastu Gede". Tahukah kamu makna dari kalimat Om swastiastu?

Om Swastiastu adalah ucapan salam bagi umat Hindu. Dikutip dari laman situs Phdi.or.id, Swastiastu berasal dari gabungan kata su yang berarti baik, asti yang berarti ada, dan astu berarti semoga.

Om Swastiastu memiliki makna untuk mendoakan orang yang kita beri salam agar hidupnya selalu berada dalam keadaan baik, damai, sejahtera, dan rahayu (selalu mendapatkan perlindungan dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa). Orang yang mengucapkan salam ini biasanya akan mencangkupkan kedua telapak tangannya di dada.

Nama Bali memang selalu menjadi magnet tidak hanya bagi masyarakat Indonesia sendiri, tetapi juga dunia. Hal ini dapat dilihat dari kemunculan trailer film Ticket To Paradise yang menimbulkan rasa penasaran. Tunggu saja rilis film ini pada bulan Oktober 2022 mendatang ya.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya