Sopir Bus Jadi Tersangka Kecelakaan Beruntun di Baturiti

Bus pariwisata ini menabrak 8 kendaraan

Tabanan, IDN Times - Kepolisian Resor (Polres) Tabanan menetapkan sopir bus pariwisata sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan lalu lintas beruntun di Jalur Denpasar-Singaraja, Banjar Pacung, Desa Baruti, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Sementara itu bangkai bus pariwisata yang terjun ke lahan perkebunan milik warga sedalam lima meter dari jalan, berhasil dievakuasi, Minggu (19/6/2022).

Baca Juga: Tabrakan Beruntun di Baturiti Tabanan, Rem Bus Wisata Blong

1. Sopir bus langsung ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka

Sopir Bus Jadi Tersangka Kecelakaan Beruntun di BaturitiOlah TKP kecelakaan beruntun yang melibatkan bus wisata di Banjar Pacung, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Sabtu (18/6/2022). (Dok.IDN Times/Humas Polres Tabanan)

Kapolres Tabanan, AKBP Ranefli Dian Candra, ketika dikonfirmasi mengatakan sopir bus pariwisata berinisial AS (38) langsung ditahan, hari ini (19/6/2022).

Pemeriksaan sopir dan kernet bus telah dilakukan sejak Minggu dini hari. Ada tujuh orang lagi yang diperiksa dalam perkara ini. Penetapan tersangka dilakukan setelah penyidik melakukan gelar perkara.

“Sopir bus kami tetapkan tersangka, tujuh lainnya saksi,” ujar Ranefli, Minggu (19/6/2022).

Pihaknya juga akan segera memanggil  perusahaan dan manajemen dari bus pariwisata tersebut.

Baca Juga: Kronologi Tabrakan Beruntun di Baturiti Tabanan, Bus Bawa Pelajar SMP

2. Bus pariwisata telah dievakuasi

Sopir Bus Jadi Tersangka Kecelakaan Beruntun di BaturitiProses evakuasi bus pariwisata yang mengalami kecelakaan di Baturiti (Dok.IDN Times/HumasPolresTabanan)

Sementara itu Kasatlantas Polres Tabanan, AKP Kanisius Franata, mengatakan pihaknya telah berusaha melakukan evakuasi bus, sejak Sabtu (18/6/2022) malam. Hanya saja mereka mengalami kendala lantaran bodi busnya sedikit tersangkut.

"Jadi membuat jalannya evakuasi ditunda dan dilanjutkan pada Minggu pagi ini. Badan bus berhasil dibawa ke atas atau tempat lebih datar, sekitar pukul 10.00 wita," ujarnya.

Rencananya bus akan dipindahkan ke areal parkir pabrik es wilayah Pacung, Kecamatan Baturiti, bersama kendaraan lain yang ringsek akibat kecelakaan tersebut.

Total ada tujuh kendaraan roda empat dan satu kendaraan roda dua yang mengalami kerusakan parah.

“Iya rencananya bus akan dipindahkan ke sana hanya masih kesusahan membawanya," jelasnya.

3. Korban meninggal akan dikubur, Senin (20/6/2022)

Sopir Bus Jadi Tersangka Kecelakaan Beruntun di BaturitiIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara korban yang meninggal dunia, Ni Wayan Wandani, rencananya akan diupacarai dengan prosesi dikubur di setra Desa Adat Pacung, Senin (20/6/2022).

Korban meninggal di lokasi karena mengalami luka parah di bagian pinggang ke bawah. Ibu tiga anak ini ditabrak ketika berjalan kaki hendak ‘ngelungsur’ banten di rumahnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya