Comscore Tracker

264 Orang Melamar PPK Tabanan, Ini Hasilnya

Hanya 169 orang yang mengikuti seleksi tes CAT

Tabanan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan telah menyeleksi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Tabanan. Penerimaan dan pendaftarannya dimulai sejak 20-29 November 2022 lalu.

Sebanyak 264 orang melamar untuk posisi ini. Namun dari jumlah tersebut, 94 orang gugur lantaran berbagai faktor, terbanyak karena tak lolos seleksi administrasi. Pelamar yang lolos sebanyak 169 orang kemudian mengikuti seleksi lanjutan di laboratorium Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tabanan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Baca Juga: Polisi Imbau Pasang CCTV Pascapencurian Pratima di Tabanan

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi Booster Kedua Lansia di Tabanan

1. Tes dengan sistem CAT untuk mengedepankan transparansi

264 Orang Melamar PPK Tabanan, Ini HasilnyaPelaksanaan tes CAT untuk seleksi PPT di Tabanan. (Dok.IDN Times/KPU Tabanan)

Ketua KPU Tabanan, I Putu Gede Weda Subawa, menjelaskan tes dengan sistem CAT ini bertujuan untuk mengedepankan transparansi. Jadi para pelamar yang mengikuti tes akan mengetahui hasilnya secara langsung.

Begitu hasil tes CAT keluar, maka akan dilakukan perankingan nilai untuk menentukan 15 besar di masing-masing kecamatan. Namun perankingan ini baru dilakukan jika pelamarnya lebih dari 15 orang. Jika kurang dari 15 orang, maka langsung dilakukan tes wawancara.

"KPU Tabanan selaku penyelenggara akan meranking nilai peserta sesuai jumlah dua kali kebutuhan pelamar PPK di masing-masing kecamatan," ujarnya, Selasa (6/12/2022).

2. Tes CAT diumumkan, Kamis (8/12/2022)

264 Orang Melamar PPK Tabanan, Ini HasilnyaPelaksanaan tes CAT untuk seleksi PPT di Tabanan. (Dok.IDN Times/KPU Tabanan)

KPU Tabanan saat ini masih menunggu petunjuk dari KPU Bali mengenai adanya pelamar yang nilai tes CAT sama.

"Rapat untuk nilai peserta yang sama dilakukan Selasa (6/12/2022) dan pengumuman dinyatakan lolos seleksi tes CAT akan dilakukan hari Kamis (8/12/2022),” lanjut Weda.

Nantinya dalam rangkaian proses seleksi akan dijaring 5 orang kandidat terpilih per kecamatan. Sehingga dari ratusan pelamar, hanya akan dilantik 50 orang PPK untuk mengisi 10 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tabanan.

3. Proses seleksi PPS digelar mulai 18 Desember 2022 mendatang

264 Orang Melamar PPK Tabanan, Ini HasilnyaPelaksanaan tes CAT untuk seleksi PPT di Tabanan. (Dok.IDN Times/KPU Tabanan)

Selain seleksi PPK, KPU Tabanan juga akan melakukan seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS ). Pendaftarannya akan dibuka tanggal 18 sampai 27 Desember 2022. Pendaftaran ini sama dengan PPK, yakni melalui aplikasi SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc).

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya