91 Persen Pemilih di Bali Coblos Jokowi-Ma'ruf Versi Indikator

#Pemilu2019 Ini quick count sementara dari lembaga survei ya

Denpasar, IDN Times - Proses penghitungan suara riil (Real count) dari hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 serentak di Indonesia dan luar negeri masih terus dilakukan, hari ini (17/4). Situs Kpu.go.id bahkan merilis hasil real count baru 0,01266 persen dari 813.350 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hasil ini terakhir dilihat pukul 22.00 WIB.

Dari data itu, pasangan calon (Paslon) nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh persentase suara sebesar 54,37 persen. Sementara Jokowi-Ma'ruf Amin sebesar 45,63 persen.

Sambil menunggu hasil real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat, yuk kita lihat hasil quick count IDN Times yang telah bekerja sama dengan Indikator Politik Indonesia, Charta Politika Indonesia, Lembaga Survei Kedai Kopi, dan Centre Strategic and International Studies (CSIS. Ini masih hasil sementara ya, belum final.

1. Indikator Politik Indonesia: Jokowi Ma'ruf unggul hingga 54 persen

91 Persen Pemilih di Bali Coblos Jokowi-Ma'ruf Versi Indikatormillennialsmemilih.idntimes.com

Dilihat dari data pukul 23.35 Wita, paslon nomor urut 01 lebih unggul 54 persen dibandingkan paslon nomor urut 02 sebesar 46 persen. Data ini masih belum final selesai dan terus berlangsung.

Khusus di wilayah Bali, Jokowi-Ma'ruf menang telak mencapai 91 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi hanya mengantongi 9 persen suara. Hasil ini masih lebih tinggi dari suara Prabowo-Sandi di Aceh. Meski menang telak di Aceh, Prabowo-Sandi mengantongi 86 persen suara. Sedangkan Jokowi-Ma'ruf hanya 14 persen.

Baca Juga: Kebingungan, Pasien RSJ Bangli Hanya Mengenali Wajah Capres-Cawapres

2. Charta Politika: tak jauh berbeda, Prabowo-Sandi masih berada di angka 46 persen

91 Persen Pemilih di Bali Coblos Jokowi-Ma'ruf Versi Indikatormillennialsmemilih.idntimes.com

Meski total data perolehan suara sementara 46 persen, namun Prabowo-Sandi tetap unggul 85 persen di Aceh.

Lain halnya dengan Jokowi-Ma'ruf. Mereka unggul di dua Provinsi sekaligus. Pertama, 86 persen unggul di Provinsi Bali. Kedua, 82 persen unggul di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

3. Kedai Kopi: Prabowo-Sandi menang telak di Aceh dan Sumatera Barat, sedangkan Jokowi-Ma'ruf menang telak di Sulawesi Utara, NTT, dan Bali

91 Persen Pemilih di Bali Coblos Jokowi-Ma'ruf Versi Indikatormillennialsmemilih.idntimes.com

Quick count Kedai Kopi ini justru berbeda. Paslon nomor urut 01 justru menang paling besar di Sulawesi Utara, NTT, dan Bali. Masing-masing mencapai 87 persen, 85 persen dan 80 persen.

Sementara paslon nomor urut 02 masih kuat di Aceh hingga mencapai 89 persen dan 85 persen di Sumatera Barat.

4. Wow! Hasil quick count sementara dari CSIS mengejutkan!

91 Persen Pemilih di Bali Coblos Jokowi-Ma'ruf Versi Indikatormillennialsmemilih.idntimes.com

Ada 92 persen pemilih di Provinsi Bali dan NTT lebih memilih paslon nomor urut 01. Jauh lebih mendominasi daripada paslon nomor urut 02.

Kalau di Sumatera Barat, hampir 85 persen pemilih justru lebih memilih Prabowo-Sandi. Namun pemilih paslon nomor urut 02 di Jawa Timur juga kecil. Hanya mengantongi 34 persen.

Untuk lebih detailnya, kamu bisa akses sendiri kok di millennialsmemilih.idntimes.com. Kalau mau data yang riil dan valid, kamu pantau saja terus di Kpu.go.id.

5. Prabowo-Sandi unggul di real count situs resmi KPU

91 Persen Pemilih di Bali Coblos Jokowi-Ma'ruf Versi IndikatorDok.IDN Times/Istimewa

Sekadar diketahui, situs Kpu.go.id telah merilis hasil real count. Namun penghitungan ini baru 0.01266 persen dari 813.350 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hasil ini terakhir dilihat pukul 22.00 WIB.

Dari data itu, pasangan calon (Paslon) nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh persentase suara sebesar 54,37 persen. Sementara itu, Jokowi-Maruf Amin sebesar 45,63 persen.

Berdasarkan data itu juga, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dari calon presiden nomor urut 01, Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin di dua wilayah.

Perolehan suara yang baru dirilis KPU berasal dari sejumlah TPS yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, Gorontalo, Papua, termasuk luar negeri.

Namun belum termasuk total TPS yang berada di daerah itu dan keseluruhan TPS luar negeri.

Persentase itu juga masih dapat berubah karena masih banyak laporan suara dari TPS-TPS di daerah-daerah maupun luar negeri yang belum masuk seluruhnya.

Berikut hasil sementara perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden & Wakil Presiden RI 2019 tingkat nasional di laman portal resmi KPU:

1. Sumatera Selatan

  • Jokowi-Maruf Amin: 612
  • Prabowo-Sandiaga: 2.191

2. Gorontalo

  • Jokowi-Maruf Amin: 6.607
  • Prabowo-Sandiaga: 7.844

3. Papua

  • Jokowi-Ma'ruf Amin: 1.192
  • Prabowo-Sandiaga: 38

4. Luar Negeri

  • Jokowi-Ma'ruf Amin: 49
  • Prabowo-Sandiaga: 9.

Baca Juga: Meski Lemah, Pasien Kanker di RSUP Sanglah Denpasar Tetap Nyoblos

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya