62 Kali Gempa Susulan Karangasem Tak Pengaruhi Gunung Agung

BPBD Bali mendirikan 2 tenda pengungsi di RSUD Karangasem

Denpasar, IDN Times – Gempa skala Magnitudo 4,8 mengguncang di Kabupaten Provinsi Bali, Selasa (13/12/2022) sekitar pukul 17.56 Wita. Pusat gempanya terjadi 20 kilometer di Timur Laut Karangasem.

Setelah kejadian itu, gempa susulan juga terjadi hingga pukul 11.00 Wita, Rabu (14/12/2022). Sehingga data gempa susulan tercatat sebanyak 62 kali dengan magnitudo terbesar 4,6 dan terkecil 1,9. Apakah gempa ini akan berdampak pada aktivitas Gunung Agung yang berada di wilayah Kabupaten Karangasem?

Baca Juga: RSUD Karangasem Jaga Psikologis Pasien Pascagempa

1. Gempa tidak memengaruhi aktivitas Gunung Agung

62 Kali Gempa Susulan Karangasem Tak Pengaruhi Gunung AgungGunung Agung. (IDN Times/Irma Yudistirani)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, Made Rentin, menyampaikan berdasarkan catatan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops PB) BPBD Kabupaten Karangasem, rentetan gempa di Kabupaten Karangasem tidak meningkatkan aktivitas Gunung Agung. Sehingga masyarakat diharapkan tetap tenang, dan tidak terpengaruh informasi yang bukan berasal dari instansi pemerintahan.

“Telah kami lakukan koordinasi dengan Pos Pengamat Gunung Api Agung bahwa rentetan gempa tektonik yang terjadi di Kabupaten Karangasem tanggal 13–14 Desember 2022 tidak berdampak langsung pada aktivitas Gunung Agung,” jelasnya, Rabu (14/12/2022).

Kondisi ini diungkap setelah berkoordinasi dengan PVMBG Pos Pantau di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Saat ini Gunung Agung dinyatakan masih pada level 1 atau normal.

2. BPBD Karangasem mendirikan 2 unit tenda untuk pengungsi

62 Kali Gempa Susulan Karangasem Tak Pengaruhi Gunung AgungKerusakan yang diakibatkan gempa di Kabupaten Karangasem, Selasa (13/12/2022). (Dok.IDN Times/istimewa)

Tidak ada laporan kerusakan fasilitas umum di wilayah Kabupaten Karangasem selama gempa terjadi. Namun untuk berjaga-jaga, BPBD Karangasem mendirikan 2 unit tenda pengungsi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karangasem untuk mengantisipasi gempa susulan.

Gempa yang terjadi Selasa, berdampak di 6 kecamatan wilayah Kabupaten Karangasem di antaranya Kecamatan Kubu, Kecamatan Manggis, Kecamatan Karangasem, Kecamatan Abang, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Bebandem.

Beberapa kerusakan umum adalah pelinggih pura, angkul-angkul, atap rumah yang roboh, tembok retak hingga jebol.

3. Ada korban luka-luka akibat gempabumi di Karangasem

62 Kali Gempa Susulan Karangasem Tak Pengaruhi Gunung AgungIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Dari catatan BPBD Provinsi Bali, dampak gempa menyebabkan beberapa korban mengalami luka. Yaitu luka ringan yang dialami oleh warga di lingkungan Jasri Kaler, Kelurahan Subagan bernama I Nengah Dawan. Korban telah mendapatkan perawatan di RSUD Karangasem.

Berikutnya korban atas nama Ni Kadek Mintari Apriyanti (29), yang mengalami luka bakar terkena air panas karena panik pada saat gempa terjadi. Ia masih dirawat di RSUD Karangasem.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya