Pemkot Denpasar Luncurkan 3 Aplikasi Untuk Publik di Hari Ulang Tahun

Wah, usia Kota Denpasar kini 232 tahun lho

Denpasar, IDN Times – Kota Denpasar merayakan hari jadinya yang ke-232, pada Kamis (27/2) kemarin. Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar meluncurkan tiga inovasi baru pelayanan publik dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Menurut Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, inovasi ini untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat Kota Denpasar. Apa saja inovasi tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

1. Launching Aplikasi Denpasar’s Integrated Virtual Office System (DIVOS), khusus untuk pegawai Pemkot Denpasar

Pemkot Denpasar Luncurkan 3 Aplikasi Untuk Publik di Hari Ulang TahunInstagram.com/denpasarkota

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo dan Statistik Kota Denpasar, I Dewa Made Agung, menyampaikan Divos merupakan aplikasi ruang kerja di dunia maya. Pegawai hingga pimpinan di lingkungan Pemkot Denpasar dapat bekerja darimana saja menggunakan teknologi seperti PC, laptop, ponsel dan akses internet.

2. E-Sewaka Dharma berbasis mobile, diluncurkan untuk pelayanan desa dan kelurahan di Denpasar

Pemkot Denpasar Luncurkan 3 Aplikasi Untuk Publik di Hari Ulang TahunPexels.com/pixabay

Sedangkan E-Sewaka Dharma Mobile, disebutnya merupakan inovasi pelayanan desa atau kelurahan di Kota Denpasar. Inovasi ini mengoptimalkan peran kepala lingkungan atau kepala dusun dalam melayani masyarakatnya.

3. Sicantik PKK, memudahkan dalam pendataan administrasi keluarga. Bisa diakses melalui smartphone lho

Pemkot Denpasar Luncurkan 3 Aplikasi Untuk Publik di Hari Ulang Tahununsplash/Daria Nepriakhina

Sementara itu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Denpasar, Selly Dharmawijaya Mantra, menjelaskan Sicantik PKK merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh PKK Kota Denpasar sebagai upaya mendukung peranan PKK dalam menciptakan kesejahteraan keluarga.

Sicantik sendiri merupakan singkatan dari Aplikasi Sistem Informasi Catatan Administrasi Keluarga yang bisa diakses melalui smartphone. Aplikasi ini memudahkan dalam pendataan administrasi, dan pendataan keluarga dalam kelompok dasawisma di dalam administrasi PKK dusun atau lingkungan.

“Adanya aplikasi ini diharapkan mampu mendukung peningkatan peran PKK sebagai sektor penting peningkatan kesejahteraan keluarga,” terangnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya