Comscore Tracker

5 Kesan Pertama yang Dilihat Orang Lain dari Kamu

Penampilan emang termasuk sih, tapi bukan yang utama

Kesan pertama sering kali kita dapatkan setelah bertemu dengan orang baru. Terkadang kita bisa mendapat kesan yang baik, namun terkadang juga tidak terlalu menyenangkan. Sebenarnya hal apa sih yang orang lain lihat tentang kita? Berikut ini kesan pertama yang dilihat orang lain dari kamu

Baca Juga: 5 Bukti Kebaikanmu Gak Akan Sia-sia,  Ikuti Hati Nurani 

1. Bahasa tubuh

5 Kesan Pertama yang Dilihat Orang Lain dari KamuIlustrasi sedang presentasi (Unsplash.com/Thisisengineering)

Bahasa tubuh cukup diperhatikan ketika orang lain berkomunikasi dengan kamu, terutama bertemu dengan orang baru. Gerakan hingga perubahan ekspresi yang kamu perlihatkan, sadar atau tidak bisa memberikan kesan pertama.

Jadi sebaiknya kamu menampilkan gerak tubuh atau ekspresi apa adanya, namun tidak berlebihan ketika berbincang dengan orang lain. Bukan hanya untuk membuat kesan baik, kamu juga dapat membuat orang lain yang berbicara merasa dihargai.

Baca Juga: 5 Etika Jadi Tamu Undangan, Ingat Jaga Sikap Ya!

2. Cara bicara

5 Kesan Pertama yang Dilihat Orang Lain dari KamuIlustrasi sedang bicara dengan orang lain (Unsplash.com/Mimithian)

Sejak kecil selalu diajarkan untuk berbicara sopan kepada orang lain, tentu saja ini juga akan memberikan kesan pertama seseorang yang menilaimu. Bukan hanya sopan berbicara pada orang yang lebih tua, namun juga seumuran, atau lebih muda dari kamu.

Kita tidak tahu bagaimana kondisi seseorang, latar belakang, bahkan hal yang mungkin tabu bagi mereka. Jangan sampai orang lain memiliki kesan kurang baik terhadap kamu, karena cara bicara yang kurang sopan bahkan bersifat menyinggung.

3. Pakaian

5 Kesan Pertama yang Dilihat Orang Lain dari KamuIlustrasi pakaian (Unsplash.com/Pao_note)

Orang lain juga akan memperhatikan pakaian ketika bertemu kamu. Namun kesan pertama yang dilihat orang lain bukan tentang pakaian kamu mahal atau tidak, melainkan kerapiannya.

Sering kali mengenakan pakaian yang rapi dan bersih, memberikan kesan baik terhadap orang yang baru kita temui. Gaya hidup kamu juga bisa terlihat dari bagaimana cara kamu berpakaian. Meskipun tidak mahal maupun tidak bermerek, tapi kalau memakainya dengan rapi, orang lain jadi nyaman melihatmu. 

4. Ketepatan waktu

5 Kesan Pertama yang Dilihat Orang Lain dari KamuIlustrasi jam (Unsplash.com/Goumbik)

Tidak menutup kemungkinan kamu akan bertemu orang baru, dan menepati waktu pertemuan yang sudah disepakati. Tepat waktu bisa menjadi langkah pertama untuk menciptakan kesan yang baik.

Kamu memang tidak tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan. Meskipun begitu, kamu bisa mencegahnya dengan berangkat beberapa menit lebih awal dari waktu yang disepakati. Datang lebih awal juga tidak terlalu buruk, daripada merasa canggung karena datang terlambat.

5. Nada bicara

5 Kesan Pertama yang Dilihat Orang Lain dari KamuIlustrasi sedang bicara dengan orang lain (Unsplash.com/Priscilladupreez)

Pernah gak kamu menilai seseorang dari nada bicaranya? Sebagian orang mungkin memang memiliki nada bicara yang tinggi. Namun jika itu tidak bisa dikontrol ketika bertemu dengan orang baru, tentuk akan memberi kesan pertama yang kurang baik.

Kamu tidak tahu orang yang kamu ajak berkomunikasi terbiasa mendengar nada bicara yang tinggi atau tidak. Bisa saja mereka terkejut bahkan tersinggung dengan hal tersebut. Ada baiknya untuk berusaha mengontrol nada bicara ketika bertemu dengan orang baru.

Memang gak tahu sih bagaimana atau kapan orang lain memberi kesan pertamanya terhadap kamu. Tetapi tidak ada salahnya juga kamu berusaha memberikan mereka kesan baik seperti yang sudah disebutkan di atas.

Suandewi Oka Photo Community Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya