Comscore Tracker

7 Tips Self-Love untuk Lebih Menghargai Diri Sendiri

Gali potensi dan terima kekurangan diri sendiri

Self-love sangat penting ditanamkan dalam diri setiap orang. Seseorang perlu mencintai dirinya sendiri untuk memperoleh kebahagiaan dan kedamaian hati. Banyak orang yang belum bisa mempraktikkan self-love dalam kehidupan mereka. Sebagai dampaknya, mereka jadi lebih keras kepada diri sendiri dan tak jarang bahkan sampai melukai diri sendiri.

Usaha untuk menumbuhkan self-love memang tidaklah mudah. Self-love tidak diperoleh dalam semalam. Tetapi tentu bisa dipupuk secara perlahan. Bagaimana caranya? Nah berikut tips self-love untuk lebih menghargai diri sendiri:

Baca Juga: 5 Bentuk Self Love di Kantor, Bukan Mengajarkan Ego Ya!

1. Jangan menuntut diri bahwa kamu harus sempurna

7 Tips Self-Love untuk Lebih Menghargai Diri Sendiriilustrasi seorang obesitas (istockphoto.com/Inside Creative House)

Setiap orang pasti ingin menjadi sempurna. Perasaan itu kadang membuat kamu jadi memaksakan diri untuk mencapai kesempurnaan itu. Kamu pun terus menginginkan tubuh yang ideal, kecerdasan, kekayaan, ketenaran, dan semuanya. Perlu diketahui bahwa kesempurnaan pribadi itu hanyalah mitos.

Ya, kesempurnaan itu tidak akan hadir pada satu orang. Kesempurnaan hanya hadir ketika beberapa orang saling melengkapi. Kamu tidak akan menjadi sepenuhnya sempurna. Tapi kamu bisa menjadi bagian dari kesempurnaan itu.

2. Belajar terus menerus untuk menggali bakat terpendammu

7 Tips Self-Love untuk Lebih Menghargai Diri Sendiriilustrasi seorang gadis yang sedang menyusuri danau (pixabay.com/thatsphotography)

Cobalah mengisi waktu luangmu dengan belajar. Belajar, membaca, dan praktikkan apa yang kamu dapat sehingga kamu bisa menentukan hal apa yang cocok dengan passion-mu.

Jangan paksakan dirimu untuk mengikuti passion orang lain. Cobalah hal-hal baru untuk memperbanyak bakat sehingga kamu pun akan bangga dengan dirimu sendiri.

3. Jangan terlalu keras pada diri sendiri 

7 Tips Self-Love untuk Lebih Menghargai Diri Sendiriilustrasi pendakian di tebing terjal (pixabay.com/Userbot)

Kamu harus meluangkan waktu untuk berhenti melakukan pengejaran tanpa akhir terhadap hal-hal yang kurang realistis. Tubuhmu, tangan, kaki, telinga, akal, wajah, dan semuanya sangatlah berharga. Jangan dirusak.

Cobalah berpikir tentang semua hal yang sudah tubuhmu berikan untukmu. Berhenti bersikap keras terhadap diri sendiri dan tunjukkan rasa syukur dan hargai setiap hal kecil yang sudah kamu capai selama ini.

4. Cari support system yang dapat mendukung semua langkahmu 

7 Tips Self-Love untuk Lebih Menghargai Diri Sendiriilustrasi seseorang yang menolong temannya (pixabay.com/sasint)

Support system adalah hal penting yang perlu kamu miliki. Mereka akan menunjukkan kepadamu betapa menakjubkannya kamu. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang mencintai dan mendukung langkahmu. Ceritakan apa yang menjadi masalahmu dan minta tolong kepada mereka agar membantumu untuk mencapai tujuan.

Sebaliknya, jauhilah diri dari orang-orang yang membuatmu menderita. Tidak perlu mendengarkan mereka yang selalu menekankan standar hidup yang mustahil bagimu. Tanyakan pada dirimu sendiri, "Apakah standar mereka benar? Apakah mereka membuatku terbantu? Apakah standar itu bermanfaat untukku? Atau apakah itu hanya membuatku menderita?".

Jika hal itu hanya membuatmu semakin menderita, maka buatlah standar hidupmu sendiri.

5. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain 

7 Tips Self-Love untuk Lebih Menghargai Diri Sendiriilustrasi kesetaraan (pixabay.com/sweetlouise)

Apa yang kamu punya saat ini adalah limited edition, yakni hanya ada pada dirimu. Kamu tidak bisa membandingkan dirimu dengan orang lain karena dirimu dengan orang lain tentu saja berbeda. Pandanglah itu sebagai sesuatu yang istimewa.

Kamu perlu bangga dengan dirimu sendiri. Meski hal-hal kecil sekalipun, seperti merayakan hari di mana kamu mampu memasak sendiri, kamu mendapatkan gaji pertamamu, dan lain sebagainya.

6. Beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman

7 Tips Self-Love untuk Lebih Menghargai Diri Sendiriilustrasi hidup bebas (pixabay.com/Pexels)

Mulailah menjadi reseacher terhadap kegiatan-kegiatan baru. Jika kamu adalah orang yang kesehariannya hanya menjadi kutu buku, ayolah ke luar dengan ikut mendaki gunung bersama tim!

Nikmati segarnya udara gunung, panorama sun set, dan pergerakan awan yang menenangkan. Lama kelamaan kamu akan menyukai kegiatan baru itu dan menambah potensi munculnya bakat terpendammu.

7. Lupakan kesalahan, trauma, dan luka masa lalumu 

7 Tips Self-Love untuk Lebih Menghargai Diri Sendiriilustrasi wanita yang sedang yoga (pixabay.com/Leninsccape)

Kamu mungkin benci dengan dirimu karena pernah melakukan kesalahan di masa lalu. Kejadian itu membuatmu trauma, malu, terluka, dan enggan melakukan aktivitas bersama orang banyak. Sekarang waktunya untuk membuang semua itu.

Mungkin akan sulit seperti ketika kamu harus mengangkat beban berat di atas pundakmu. Tapi itu bukanlah hal yang mustahil. Kamu memang tidak bisa mengubah hal yang sudah terjadi. Maka dari itu, jadikanlah hal tersebut sebagai pengalaman belajar dan berubahlah!

Ketika mau belajar untuk menumbuhkan self-love, kamu dapat mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan diri sendiri. Hal ini juga merupakan langkah awal untuk menumbuhkan relasi yang sehat dengan orang lain. Semoga beberapa tips di atas bermanfaat untuk kamu ya. 

Zein F Photo Community Writer Zein F

Suka typo kalau nulis. Menjengkelkan, huhu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya