Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buku Self Love yang Wajib Kamu Baca

Terkadang kita merasa capek sebagai manusia

Self love atau mencintai diri sendiri suatu hal yang mengharuskan kita untuk memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik. Meskipun terkesan sederhana, namun masih ada beberapa orang yang sulit untuk melakukannya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang tidak bisa self love, satu diantaranya kurang bersyukur.

Self love sangat membantu kita untuk menghargai diri sendiri karena dapat mengurangi stres, lebih percaya diri, punya tujuan hidup, dan tentunya mengurangi risiko terkena gangguan mental.

Ada beberapa buku self love yang wajib kamu baca.

1. Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah - Geul Bae Woo

5 Rekomendasi Buku Self Love yang Wajib Kamu BacaInstagram.com/riizukiii

Buku “Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah” ini membahas tentang bagaimana membentuk kepedulian terhadap diri sendiri. Terkadang kita merasa lelah dan bersalah atas suatu keadaan. Kita sering merasa belum melakukan yang terbaik dan kecewa terhadap diri sendiri.

Tetapi kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Mungkin saja kita bisa melakukan yang terbaik sesuai dengan keinginan.

2. Every Word You Cannot Say - Iain S. Thomas

5 Rekomendasi Buku Self Love yang Wajib Kamu Bacarenebook.com

Buku yang satu ini merupakan panduan terbaik untuk memanfaatkan serta mencintai diri sendiri. Cocok dibaca di saat kamu sedang butuh motivasi, mencari jati diri, overthinking, insecure, ragu atau bahkan sedang bingung.

“Every Words You Cannot Say memberikan efek healing alias menyembuhkan karena seperti dapat validasi atas pikiran-pikiran yang berseliweran di kepala yang tidak bisa aku ucapkan secara lantang.” — Kanaya Sophia, Bookstagram.

3. Mengapa Aku Mengalami Burnout? - Ahn Juyeon

5 Rekomendasi Buku Self Love yang Wajib Kamu Bacarenebook.com

Burnout merupakan kondisi yang muncul kerena seseorang merasa lelah dan letih. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja dan penyebabnya ada beberapa hal. Satu di antaranya pekerjaan. Mulai dari bangun pagi sampai waktunya tidur lagi, pikiran kita seolah-olah tidak bisa berpaling dari pekerjaan, dan tidak jarang bahkan mengganggu tidur.

Dalam buku "Mengapa Aku Mengalami Burnout?" ini, Ahn Juyeon menyampaikan penjelasan mengenai gejala-gejala burnout. Nah, buat kamu yang mungkin sedang mengalami burnout, bisa banget membaca buku ini.

4. HYGGE: Seni Hidup Bahagia Orang Denmark - Marie Tourell Søderberg

5 Rekomendasi Buku Self Love yang Wajib Kamu Bacarenebook.com

Hygge dalam Bahasa Denmark artinya menemukan kebahagiaan dari hal-hal kecil. Nah, buku ini membahas bahwa hygge bisa ditemui di dalam rumah, misalnya mengatur perabotan rumah tangga yang membuat suasana lebih nyaman dan tenang.

Bahagia itu bukan ditunggu, tapi diciptakan. Kamu bisa menciptakan kebahagiaan melalui hygge. Buku ini juga menjelaskan ide dan langkah-langkah praktis dalam menemukan hygge. So, kalau sedang berada di fase kurang bahagia atas diri sendiri, kamu bisa memilih buku ini untuk dibaca.

5. Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life - Héctor García and Francesc Miralles

5 Rekomendasi Buku Self Love yang Wajib Kamu BacaMedium

Masyarakat Jepang mengartikan Ikigai secara sederhana sebagai "Suatu alasan mengapa kita bangun di pagi hari" atau "Suatu alasan untuk hidup". Nah, terkadang manusia selalu bertanya-tanya apa makna dan tujuan hidup dari hidup kita sendiri. Peran ikigai adalah untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Buku Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life menjelaskan beberapa kebiasan yang dilakukan orang Jepang supaya hidup bahagia dan berumur panjang. Seperti bagaimana mereka makan, bagaimana mereka beraktivitas, bahkan bagaimana mereka membina kolaborasi komunitas. Buku ini sangat cocok untuk kamu baca ketika kamu sedang merasakan keresahan hidup.

Itulah beberapa rekomendasi buku self love yang wajib kamu baca agar lebih mengerti bagaimana cara mencintai diri sendiri dan hidup bahagia.

Eka Rahmawati Photo Community Writer Eka Rahmawati

From nothing to be something

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya