Comscore Tracker

Pas untuk Dekorasi Ruangan! 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Gold

Beri sentuhan mewah nan elegan

Tertarik untuk menggunakan warna gold atau emas sebagai sentuhan aksen dekorasi dalam rumah? Warna ini memang bisa terkesan tricky. Pasalnya, warna gold bisa terlalu berlebihan, memberi dampak sangat besar ketika diterapkan ke dalam dekorasi hunian. Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, perlu ada tips cara menerapkannya.

Apabila kamu hanya ingin menjadikan warna gold sebagai aksen dekoratif yang memberi sentuhan mewah, maka ide yang bisa kamu coba adalah memadukannya dengan warna-warna lain. Cukup membingungkan memang, memadukan warna yang bertipe berani ini dengan warna lain. Karena itu, coba cek ya beberapa saran dari ahli desain ini tentang cara memilih warna yang tepat untuk paduan dengan gold:

Baca Juga: 5 Dekorasi Arbor Estetik yang Cocok untuk Hunian Minimalis

1. Hijau

Pas  untuk Dekorasi Ruangan! 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Goldide warna yang cocok dipadukan dengan warna gold (audenza.com)

Tidak semua warna hijau yang dimaksudkan di sini cocok dipadukan dengan warna gold. Menurut saran desainer interior ahli, jenis hijau yang cocok adalah hijau tua. Skema perpaduan antara warna hijau dan gold disebut akan memancarkan nuansa klasik. Ada beberapa warna hijau yang bisa dipertimbangkan untuk dipilih. Patrick O'Donnell, konsultan warna di Farrow & Ball menyebut calke green dan emerald green.

Warna-warna seperti hijau hutan hingga zaitun yang memberikan sentuhan kontemporer sangatlah cocok. Warna pistachio atau warna hijau kekuningan yang lebih muda juga bisa dipadukan dengan gold untuk menampilkan nuansa modern serta memberikan sentuhan warna yang lebih hangat. Sementara untuk warna hijau yang dihindari dengan paduan gold adalah hijau biru.

2. Putih

Pas  untuk Dekorasi Ruangan! 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Goldide warna yang cocok dipadukan dengan warna gold (instagram.com/bocadolobo)

Perpaduan warna lainnya yang cocok dengan emas adalah warna putih. Terlihat simpel namun elegan dan mencerminkan kemewahan. Cocok dalam rumah dengan skema modern, untuk eksekusi yang lebih sempurna, kamu bisa menerapkan warna gold ini pada furniture di rumah yang berbahan alami.

Apabila kamu khawatir perpaduan warna putih dan gold ini akan terlihat terlalu mencolok, maka kamu bisa coba menggunakan ide padu-padan warna ini pada kain dekoratif di dalam rumah.

3. Hitam

Pas  untuk Dekorasi Ruangan! 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Goldide warna yang cocok dipadukan dengan warna gold (livingetc.com)

Memadukan warna gold dengan hitam sebenarnya agak sulit. Namun, asalkan kamu tahu cara mengeksekusi perpaduan warna ini dengan tepat, maka hasilnya akan sepadan. Guna menghindari kesan yang terlalu strong, saat kamu ingin memberikan dekorasi dari perpaduan dua warna ini, maka coba berikan perpaduan dari aksen warna lain juga yang lebih lembut.

Contohnya pada gambar ruang tamu di atas. Warna gold dan hitam pesonanya menjadi lebih selaras, dengan latar warna karamel dan cokelat di belakangnya. Guna mengurangi kesan glamor yang terlalu menonjol, memadukan gold dan hitam bersama warna yang lebih hangat juga bisa menghasilkan penampilan dekorasi desain yang lebih indah.

4. Netral

Pas  untuk Dekorasi Ruangan! 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Goldide warna yang cocok dipadukan dengan warna gold (instagram.com/bocadolobo)

Selain warna putih, banyak warna netral lain yang juga cocok dipadukan bersama dengan warna gold. Warna-warna seperti abu-abu, taupes, greiges, dan tonal netral lainnya saat dipadukan bersama gold, memberikan kesan glamor, namun tetap tidak berlebihan. Kamu bisa pilih jenis warna abu-abu yang lebih hangat.

Kuncinya sebenarnya memberikan sedikit percikan penyempurna padupadan warna ini dengan warna lebih hangat. Warna gold juga disebut cocok dipadukan bersama semburat warna-warna krem yang kalem.

5. Pink dan ungu

Pas  untuk Dekorasi Ruangan! 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Goldide warna yang cocok dipadukan dengan warna gold (livingetc.com)

Mungkin ide ini terdengar baru dan berani bagi sebagian orang. Namun, ternyata warna pink telah menjadi perpaduan warna yang klasik bersama dengan gold untuk waktu yang lama. Perpaduan warna gold dengan pink dan ungu ini memberikan kesan glamor yang lebih anggun. Kamu akan terkejut, hasil eksekusi perpaduan warna ini akan terlihat lebih memesona saat penerapannya.

Tips yang perlu diperhatikan, hindari perpaduan warna gold bersama warna ungu yang terlalu tua yang justru akan memancarkan kesan lebih kuno. Sebagai gantinya, kamu bisa pilih jenis warna ungu seperti du jour, lavender, dan juga lilac. Sementara untuk pemilhan tone warna pink yang cocok bersama gold adalah seperti warna merah jambu, pink pada blush on, hingga warna pink yang sedikit lebih gelap.

6. Merah tua

Pas  untuk Dekorasi Ruangan! 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Goldide warna yang cocok dipadukan dengan warna gold (livingetc.com)

Jika kamu ingin memberikan hasil dekorasi yang lebih maksimal, kamu bisa padukan warna gold ini bersama warna merah tua. Menurut ahli desain perpaduan warna gold bagus jika digunakan bersama warna lain yang juga berani. Memadukan gold bersama merah tua, akan memberikan kesan kedalaman warna, menciptakan palet yang lebih kaya dan mewah.

Ketika memilih warna merah tua untuk padu padan warna gold, maka pertahankan lapisan gold antik. Jangan ragu juga memberi sentuhan warna lain untuk nuansa lebih kontemporer.

7. Terakota

Pas  untuk Dekorasi Ruangan! 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Goldide warna yang cocok dipadukan dengan warna gold (livingetc.com)

Memadukan warna gold dengan terakota juga ciamik. Daripada lebih banyak memberikan kesan glamor, perpaduan gold dengan terakota justru lebih banyak memancarkan kesederhanaan yang menenangkan di dalam rumah. Di lain sisi, tetap terlihat artsy. Saat ini ada warna terakota paprika yang sedang menjadi tren. Versi warna terakota yang lebih berani ini akan lebih cocok bersama dengan warna metalik yang hangat.

Selain itu warna terakota cinnamon juga cocok untuk dipadukan bersama gold. Kamu bisa pertimbangkan perpaduan warna-warna terakota ini bersama gold dengan melapisi bersama kayu hangat seperti jati dengan aksen palet warna dengan sedikit biru-hijau atau batu giok. 

Semua ide yang disarankan ahli desain Tom Rutt ini disebut bisa membuat perpaduan warna bersama gold menjadi lebih terpancar. Sebaiknya, hindari perpaduan warna monokromatik.

Memilih warna gold sebagai aksen dekoratif warna di dalam rumah diperkirakan semakin menjadi tren di waktu yang akan datang. Seperti yang sudah kamu lihat, ternyata memang tidak semua warna dapat sesuai ketika digabungkan dengan warna gold. Namun, ketika perpaduannya pas, maka bisa menghasilkan suasana dan pesona baru dari dalam hunian menjadi lebih berkarakter.

Nadhifa Salsabila Kurnia Photo Community Writer Nadhifa Salsabila Kurnia

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya