Comscore Tracker

5 Tips Membuat Energi Rumah Jadi Lebih Positif

Rumah adalah tempat istirahat kamu

Rumah menjadi tempat kita melepas segala lelah saat pulang dari seharian menjalankan beraktivitas. Namun, kadang kala suasana rumah justru terasa lebih penat dari pada di luar sana. Apakah kamu pernah merasakannya?

Nah, itu mungkin karena energi yang mengalir dalam rumahmu kurang baik. Lalu adakah solusi untuk itu? Berikut 5 tips yang bisa kamu coba untuk membuat energi di rumahmu menjadi lebih positif:

Baca Juga: 15 Dekorasi Natal DIY yang Mudah Kamu Bikin di Rumah

1. Decluttering secara berkala

5 Tips Membuat Energi Rumah Jadi Lebih Positifilustrasi membersihkan rumah (pexels.com/cottonbro)

Setiap sebulan sekali atau tiga bulan sekali kamu perlu melihat kembali seisi tempat tinggalmu. Cari apa saja barang-barang yang sekiranya sudah tidak kamu butuhkan sekarang atau beberapa bulan lagi. Jangan menyimpan barang hanya karena khawatir suatu saat akan membutuhkannya.

Jika kamu tidak bisa menjawab dengan pasti kapan waktu itu akan tiba, sebaiknya kamu menyingkirkan barang tersebut. Barang yang sudah tidak kamu perlukan tapi masih dalam kondisi bagus,  bisa didonasikan atau dijual. 

2. Bersih-bersih besar

5 Tips Membuat Energi Rumah Jadi Lebih PositifIlustrasi pasangan sedang bersih-bersih (pexels.com/Annushka Ahuja)

Apabila biasanya kamu membersihkan rumah hanya menyapu dan mengepel, tidak ada salahnya setiap 6 bulan sekali, kamu membersihkan secara total. Turunkan semua hiasan dan lap, bersihkan semua lemari, jemur karpet, bersihkan kamar mandi dengan sitrun sampai ke sudut terpencil.

Rumah yang bersih dan harum sampai ke tiap sudutnya akan memberikan sensasi menyenangkan saat kita memasukinya. Betul kan? Apabila rumah penuh kotoran, tentunya itu juga akan memengaruhi pikiran dan kedamaian kamu. 

3. Mulai menanam tumbuhan

5 Tips Membuat Energi Rumah Jadi Lebih Positifpexels/Pixabay

Meski tempat tinggal kita sempit atau bahkan mungkin hanya seukuran 1 kamar kos kecil, kita tetap bisa menanam, lho. Gunakan pot kecil untuk menanam bunga atau tanaman lainnya yang kita suka dan menurut kita mudah untuk diurus.

Bertanam termasuk cara stress relief yang baik sekaligus bisa jadi momen relaksasi bagi kita. Selain itu menanam sumber makanan bisa jadi bentuk ketahanan pangan personal karena akan mengurangi konsumsi belanja.

4. Aktif beraktivitas di dapurmu

5 Tips Membuat Energi Rumah Jadi Lebih Positifilustrasi menumis bumbu terlebih dulu (vecteezy.com/Ika Dapurhangus)

Jika kamu memiliki dapur sendiri, usahakanlah memasak. Setidaknya seminggu sekali jika kamu sangat sibuk. Memasak bukan hanya sekadar membuat makanan, tapi juga memberikan jiwa pada setiap prosesnya.

Mulai dari mencuci bahan, memotong, memasak, makan, sampai membersihkan dapurnya. Pastikan kamu bukan dalam keadaan terpaksa saat memasak ya.

5. Penuhi dengan aroma positif

5 Tips Membuat Energi Rumah Jadi Lebih PositifAroma Parfum Unik (Instagram.com/demeterfragranceukraine)

Suara tawa bahagia, suara dari lagu-lagu yang menyenangkan, bahkan suaramu yang sedang menyanyi dengan senang, adalah sumber energi positif yang akan memenuhi tempat tinggalmu.

Suara air mengalir, suara burung, wind chimes atau lonceng angin dari bambu atau aluminium akan membawa ketenangan. Ditambah aroma dari daun dan tanah basah sehabis hujan atau aroma roti dari oven, hmmmm damai dan membahagiakan sekali ya! Itulah beberapa cara membuat energi runah kamu menjadi lebih positif!

Mia Olivia Photo Community Writer Mia Olivia

Bekerja sebagai freelancer untuk isu gender dan inklusi sosial sekaligus senang menulis tentang gaya hidup dan kehidupan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya