Comscore Tracker

Jadi Diri Sendiri Aja! 5 Sikap Positif yang Penting Ditanamkan

Memang tidak mudah, tapi bisa kamu latih ya

Dalam menjalani hidup ini dan menjalin hubungan dengan seseorang, kita sering kali melupakan hal-hal yang sederhana, namun sesungguhnya sangat penting. Seiring dengan semakin dinamisnya persoalan yang kita hadapi, seseorang cenderung hanya fokus pada diri sendiri. 

Hal sesederhana menghargai orang lain pun kita kerap luput. Apalagi dalam dunia pekerjaan. Akibatnya justru kita tidak bisa membangun hubungan yang sehat. Berikut beberapa sikap positif yang penting untuk ditanamkan:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Menghormati dan menghargai orang lain

Jadi Diri Sendiri Aja! 5 Sikap Positif yang Penting Ditanamkanilustrasi sikap saling menghormati (pexels.com/RF._.studio)

Jadilah sosok yang selalu bersikap menghormati dan menghargai orang lain. Pribadi yang seperti ini, pasti juga akan dihormati orang lain. Biasakan dirimu untuk menerapkan sikap positif ini.

Kamu bisa menerapkannya, entah kepada orang yang lebih dewasa maupun masih muda. Memang sudah semestinya kamu hormati dan hargai mereka. Teruslah latih diri untuk tidak membeda-bedakan orang lain. Apalagi hanya karena latar sosial ekonomi mereka.

2. Tidak suka langsung menghakimi

Jadi Diri Sendiri Aja! 5 Sikap Positif yang Penting Ditanamkanilustrasi menghakimi orang lain (pexels.com/cottonbro)

Jangan bersikap semena-mena kepada siapa saja. Apalagi hingga langsung menghakiminya. Sekalipun dia bersalah, tidak pantas jika kamu menyudutkannya, terlebih di depan umum. Bersikaplah bijaksana dengan memberinya kesempatan untuk menjelaskan.

Ketika kamu memiliki sikap kebijaksanaan itu, entah dia bersalah padamu atau tidak, maka orang-orang sekitar pasti merasa segan dengan keberadaanmu. Kehadiranmu dinilai mampu menebarkan kedamaian.

3. Tak segan memberikan apresiasi

Jadi Diri Sendiri Aja! 5 Sikap Positif yang Penting Ditanamkanilustrasi memberikan apresiasi kepada karyawan (pexels.com/Jonathan Borba)

Hampir semua orang senang apabila diapresiasi. Maka pada momen yang tepat, jangan merasa gengsi untuk mengapresiasi. Ada berbagai pencapaian orang lain yang bisa hargai.

Tak selalu ketika orang tersebut berhasil mencetak prestasi. Bahkan, saat kalian sedang mengobrol biasapun, ada hal-hal kecil lainnya yang bisa kamu apresiasi. Misalnya, dari caranya berbicara maupun kepribadiannya yang juga menyenangkan.

4. Bersikap pengertian kepada orang lain

Jadi Diri Sendiri Aja! 5 Sikap Positif yang Penting Ditanamkanilustrasi mendengarkan pendapat orang lain (pexels.com/olia danilevich)

Setiap orang pasti ingin dimengerti. Namun, tidak semua orang bisa bersikap pengertian. Padahal karakter ini sangat membuat orang merasa nyaman. Cobalah latih diri untuk juga bisa mengerti orang lain.

Dalam melatih sikap itu, tingkatkan lagi kesabaran diri dan bersedia mendengarkan orang lain. Tumbuhkan rasa empati, maka tanpa perlu dipaksa, kamu akan bisa mengerti.

5. Ramah dan bersahabat

Jadi Diri Sendiri Aja! 5 Sikap Positif yang Penting Ditanamkanilustrasi bersikap ramah (pexels.com/Sora Shimazaki)

Sikap ramah dan bersahabat juga menjadi faktor yang bisa membuat orang lain nyaman. Sapalah orang yang kamu temui dengan memberikan senyuman. Jika ada kesempatan, ajaklah mereka untuk berbicara.

Semakin ramah dan pandai menjalin persahabatan, maka siapa pun yang ada di sekitarmu pasti suka bergaul denganmu. Kembangkan sikap ini karena akan bermanfaat bagi dirimu. 

Dengan menanamkan sikap-sikap positif di atas bukan bearti kamu tidak bisa menjadi diri sendiri. Apa adanya tetaplah penting. Namun lima hal di atas patut menjadi pondasi mendasar dalam menjalani kehidupan sehari-hari ya!

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya