Comscore Tracker

Jangan Sampai Kewalahan! 5 Cara Melawan Rasa Malas

Selesaikan pekerjaan satu per satu ya biar gak menumpuk

Saat sudah punya rencana, segeralah menyelesaikan target yang telah dibuat. Sebaiknya segera lawan kebiasaan selalu menunda sesuatu. Apabila dibiarkan, semua pekerjaan bisa menumpuk hingga membuatmu kewalahan. Apalagi jika tenggat waktu penyelesaian sudah mepet.

Lalu bagaimana solusinya? Nah berikut beberapa cara untuk melawan rasa malas:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Kuatkan niatmu untuk menyelesaikan tugas

Jangan Sampai Kewalahan! 5 Cara Melawan Rasa Malasilustrasi bercermin sambil menguatkan niat (pexels.com/Andres Ayrton)

Pertama, tentu kamu harus punya niat yang kuat untuk meraih sesuatu. Niat menjadi hal yang akan sangat mendorongmu segera bertindak sesuai dengan rencana yang telah kamu siapkan. Niat yang benar bisa menghindarkanmu dari kebiasaan menunda pekerjaan atau kegiatan yang sebenarnya bisa segera dilakukan.

Proses meraih keberhasilan tak semudah yang kamu bayangkan. Rintangannya pun datangnya bertahap. Jika niat sudah kuat, rasa malas bisa kamu atasi. Tumbuhkan motivasi untuk menggerakkan hati, pikiran, dan tindakan.

2. Tuliskan jadwal secara lengkap dan jelas

Jangan Sampai Kewalahan! 5 Cara Melawan Rasa Malasilustrasi orang menulis (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Membangun kesegeraan dalam bertindak, bisa kamu upayakan dengan menuliskan jadwal kegiatan secara lengkap dan jelas. Terkesan sederhana, tapi jika kamu rutin menulisnya dan detail isinya, maka menunda pekerjaan tak akan lagi menjadi kebiasaan.

Tuliskan jenis kegiatan atau pekerjaan yang harus diselesaikan dalam satu hari. Kemudian, sertakan juga batas waktunya agar kamu semakin terpacu untuk segera mengerjakan dan menyelesaikannya. Letakkan tulisan tersebut di tempat yang mudah terlihat sehingga bisa menjadi pengingat diri.

3. Hindari segala jenis distraksi 

Jangan Sampai Kewalahan! 5 Cara Melawan Rasa Malasilustrasi memegang ponsel (pexels.com/Vlada Karpovich)

Sebaiknya hindari hal-hal yang selalu mengalihkan fokus perhatianmu. Sering kali, seseorang menunda pekerjaan karena terlalu asyik dengan sesuatu yang mendistraksinya. Misalnya, bermain media sosial di tengah-tengah proses bekerja.

Jauhkan sejenak ponselmu agar kamu gak mudah tergoda untuk membukanya. Sekali saja kamu membuka ponsel, kamu bisa lupa dengan hal-hal yang sedang dikerjakan. Pada akhirnya, waktu pun terasa cepat berlalu tanpa satu pun pekerjaan terselesaikan dengan tuntas.

4. Biasakan bekerja dalam target 

Jangan Sampai Kewalahan! 5 Cara Melawan Rasa Malasilustrasi perempuan sedang menetapkan target yang akan diraihnya (pexels.com/Mikhail Nilov)

Memiliki target dalam setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu, bisa memicu diri untuk segera bertindak menyelesaikannya. Apalagi bagi kamu yang selama ini terbiasa mengerjakan sesuatu hanya jika sudah mendekati batas waktu. Cara ini ampuh mengubah kebiasaan burukmu itu.

Biasakan dirimu bekerja dalam target. Memang awalnya terasa menekan, tapi jika sudah mencoba dan menjadi kebiasaan, justru ini dapat meningkatkan semangat bekerja dan tak lagi  menunda sesuatu. 

5. Tetapkan prioritas secara bijaksana 

Jangan Sampai Kewalahan! 5 Cara Melawan Rasa Malasilustrasi orang yang memiliki prioritas dalam hidup (pexels.com/Mikhail Nilov)

Penyebab seseorang tak segera bertindak walaupun dia sudah tahu tentang hal-hal yang harus dilakukan adalah karena tidak menetapkan prioritas secara bijaksana. Mulailah bekerja dari yang paling dekat batas waktunya. Selesaikan satu per satu, jangan dibiasakan mengerjakan tugas berbeda dalam waktu bersamaan.

Selain mengurangi tingkatan fokus, itu juga dapat menyebabkanmu malas untuk segera bertindak secara tepat. Akhirnya, semua serba tertunda karena tak ada prioritas yang bijaksana. Fokuslah menyelesaikan pekerjaan yang paling mendesak. Setelah tuntas, jangan lupa beristirahat sebelum kamu melanjutkan pekerjaan lainnya.

Jika bisa segera bertindak, mengapa kamu menundanya? Jangan buang waktu secara percuma. erat atau ringan pekerjaannya, jangan pernah meremehkan sebab itu juga bisa menjadi sumber kemalasan yang mengakibatkanmu tak segera bertindak.

Apabila seseorang sudah kewalahan, segala hal yang dilakukan akan terburu-buru, kurang teliti, hingga salah dalam memahami gambaran tugas yang harus dilakukan. Dampaknya pun bisa sangat merugikan dirimu sendiri. Sekarang sudah tahu kan apa saja yang bisa dilakukan untuk melawan rasa malas?

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya