Comscore Tracker

6 Doa Hindu Tuntunan Berumah Tangga, Biar Semakin Harmonis

Semoga kehidupan rumah tangganya penuh keberkahan

Doa adalah kekuatan utama setiap manusia dalam menjalani kehidupannya. Termasuk ketika membangun bahtera rumah tangga. Awalnya sendiri, kini hidup berdua bersama pasangan. Bahkan nantinya hidup bertiga, berempat, berbanyak dengan anak-anak serta cucu.

Setiap suami istri perlu menciptakan suasana harmonis dalam keluarga kecilnya, agar bisa terus bahagia dan langgeng selamanya. Jangan lupa selain berupaya, libatkanlah doa di dalamnya. Sebab keharmonisan rumah tangga tidak akan terjadi tanpa campur tangan Tuhan. Berikut enam doa Agama Hindu tuntunan hidup berumah tangga.

Baca Juga: 6 Doa Memulai Aktivitas Menurut Agama Hindu Bali

1. Diawali dengan mendoakan keselamatan pengantin

6 Doa Hindu Tuntunan Berumah Tangga, Biar Semakin HarmonisIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Apapun yang akan diputuskan, sejak awal libatkanlah doa di dalamnya. Termasuk ketika memutuskan untuk melangkah ke pelaminan. Berikut ini doa untuk keselamatan sepasang pengantin dengan harapan agar bahagia dan langgeng.

Om iha iva stam ma vi yaus tam

 Wiswam ayur vyasnutam

 Kridantau putrair naptrbhih

 Modamanau swe grhe

Artinya:

Ya Tuhan, anugerahkanlah kepada pasangan pengantin ini kebahagiaan, keduanya tiada terpisahkan dan panjang umur. Semoga penganten ini dianugerahkan putra dan cucu yang memberikan penghiburan, tinggal di rumah yang penuh kegembiraan.

2. Doa untuk memohon ketenangan rumah tangga

6 Doa Hindu Tuntunan Berumah Tangga, Biar Semakin HarmonisIlustrasi Menikah Muda (IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar)

Setelah menikah, pengantin akan memasuki bahtera rumah tangga. Suka duka akan dijalani bersama. Penting sekali bagi suami istri untuk menciptakan suasana harmonis bersama-sama. Selain berupaya menjaga keharmonisan rumah tangga, ada baiknya juga dibarengi dengan doa. Berikut ini doa yang bisa dipanjatkan untuk memohon ketenangan rumah tangga:

Om visovisovo atithim

Vajayantah purupriyam

Agnim vo duryam vacah

Stuse sasasya manmabhih

Artinya:

Ya Tuhan, engkau adalah tamu yang datang pada setiap rumah. Engkau amat mencintai umatmu. Engkau adalah sahabat yang maha pemurah. Perkenankanlah hamba memuja-Mu dengan penuh kekuatan, dalam ucapan maupun tenaga dan dalam lagu pujian.

3. Doa memohon cinta kasih-Nya

6 Doa Hindu Tuntunan Berumah Tangga, Biar Semakin HarmonisIDN Times/Irma Yudistirani

Ini merupakan doa yang umum. Tidak saja pasangan suami istri, tetapi siapa saja pasti ingin mendapatkan cinta kasih dari Tuhan Yang Maha Esa. Bagi pasangan suami istri, memohon cinta kasih-Nya termasuk bagian penting dalam meningkatkan rasa syukur atas kekuatan cinta yang mereka diterima sampai sekarang. Berikut ini doanya:

Om vicakrame prthivim esa etam

Ksetraya visnur manuse dasasyan

Kruvaso asya kiraya janasa

Uruksitim sujanima cakara

Artinya:

Om Sang Hyang Widhy Wasa, Engkau Hyang Wisnu yang membentang di bumi ini, menjadikan tempat tinggal bagi manusia. Kaum yang hina aman sentosa di bawah lindungan-Mu. Yang mulia telah menjadikan bumi tempat yang lega bagi mereka.

4. Doa melakukan hubungan suami istri (seks)

6 Doa Hindu Tuntunan Berumah Tangga, Biar Semakin HarmonisIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Seksual adalah kebutuhan biologis setiap manusia. Hubungan seks dalam agama Hindu disebut tindakan suci karena bertujuan untuk melahirkan keturunan. Hubungan seksual yang disebut tindakan suci ini adalah hubungan seksual yang sehat dan dilandasi oleh cinta kasih. Bukan didasari hawa nafsu semata, pemaksaan, bahkan sadistis.

Harap dicatat ya, hubungan seks ini hanya untuk pasangan suami istri yang telah terikat pernikahan. Seks di luar nikah sangat dilarang. Berikut doa sebelum melakukan hubungan seks suami istri. Semoga nantinya melahirkan anak yang suputra dan berbakti ya.

Om Krung Kama Supurna Dewata Manggala Ya Namah Swaha

Artinya:

Ya Tuhan, Dewa Asmara yang amat suci, yang terutama kami hormati.

Baca Juga: 12 Pepatah Bahasa Bali Tentang Kehidupan, Jangan Dilupakan Ya

5. Doa kelahiran bayi

6 Doa Hindu Tuntunan Berumah Tangga, Biar Semakin Harmonispexels.com/Andreas Wohlfahrt

Memiliki keturunan biasanya jadi tujuan utama pernikahan. Ada yang langsung bisa memperoleh keturunan, ada juga yang harus menunggu selama bertahun-tahun untuk mendapatkan buah hati. Selama manusia hidup harus terus berusaha. Tetapi juga dibarengi oleh doa ya. Berikut doa jika buah hati baru lahir ke dunia:

Om brhatsumnah prasavita pivesano

 Jagatah sthaturub hayasya yo vasi

Sa no devah Savita sarma yaccha

Tvasme Ksayaya trivarutham amhasah

Artinya:

Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada alam dan menegakkannya. Ia mengatur yang bergerak maupun yang tidak bergerak. Semoga Ia memberi rahmat-Nya kepada kami untuk ketentraman hidup dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan yang jahat.

Setelah bayi dimandikan, ayah bayi atau orang yang dituakan diminta membisikkan Gayatri Mantra (bait pertama Puja Tri Sandya) masing-masing tiga kali pada lubang telinga kanan dan kiri.

6. Doa untuk memohon panjang umur

6 Doa Hindu Tuntunan Berumah Tangga, Biar Semakin HarmonisIDN Times/Irma Yudistirani

Umur memang ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Namun sebagai manusia yang memiliki keterbatasan, memohon umur panjang adalah suatu keinginan yang manusiawi. Bagi pasangan, mereka ingin melihat istri, suami, keluarga, kerabat dan teman-temannya lebih lama, sebelum akhirnya kembali pada Sang Pencipta. Berikut doa memohon untuk umur panjang:

Om taccaksur devahitam sukram uccarat

Pasyema saradah satam

Jiwema saradah satam

Artinya:

Ya Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga seratus tahun hamba selalu melihat mata yang bersinar ciptaan-Nya. Semoga hamba hidup seratus tahun lamanya.

Itulah kumpulan doa Agama Hindu tuntunan hidup berumah tangga.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya