Comscore Tracker

15 Lagu JKT48 Tentang Cinta dalam Diam, Ceria Padahal Sedih

Bentar lagi #JKT48 mau rilis single nih

Jatuh cinta merupakan perasaan wajar yang dimiliki oleh setiap orang. Bisa menjalin hubungan dengan orang yang kita cintai tentunya akan menjadi suatu kebahagiaan. Namun tidak semua orang mudah mengekspresikan dan mengungkapkan perasaannya kepada orang yang disukainya. Adakalanya seseorang memilih untuk menyimpan perasaannya sendiri, dan menjadikannya cinta dalam diam. 

Ada banyak alasan mengapa orang cenderung menyimpan cintanya daripada langsung mengungkapkannya.

JKT48 sebagai grup idola memiliki cukup banyak lagu yang mengisahkan tentang cinta dalam diam. Ada yang sedih, dan banyak pula yang ceria. Berikut 15 lagu JKT48 yang mengisahkan tentang cinta dalam diam.

Baca Juga: Pulang Kampung, 10 Momen Reuni Lisa BLACKPINK Bareng Sahabat

1. Karena Kusuka Dirimu

https://www.youtube.com/embed/M85_iPP5_qw

Lagu pertama adalah 'Karena Kusuka Dirimu' atau dalam Bahasa Jepang disebut 'Kimi no Koto ga Suki Dakara'. Lagu ini merupakan cukup sering dibawakan oleh JKT48 di saat off-air.

Lagu ini bercerita tentang mencintai seseorang namun dianya tidak menyadari perasaan itu. Tokoh utama dalam lagu ini selalu berusaha untuk berbuat baik kepada orang yang dia suka. Karena dia yakin, lambat laut orang tersebut akan menyadari perasaannya.

2. Ponytail to Shushu

https://www.youtube.com/embed/EhLngOjQFmo

Lagu 'Ponytail to Shushu'  menceritakan tentang remaja laki-laki yang memendam perasaan kepada teman perempuannya. Sambil melihat rambut ponytail si perempuan, di lagu ini laki-lakinya membayangkan mereka berdua sedang bermain dan menghabiskan libur musim panas berdua di pantai. Meskipun begitu, perasaan si laki-laki hanya bisa disimpan dalam diam.

3. Bersepeda Berdua (Futari Nori no Jitensha)

https://www.youtube.com/embed/jD-8OBBowv8

Lagu 'Bersepeda Berdua' menceritakan tentang remaja laki-laki yang menyukai teman sekelasnya. Keduanya sering pulang bersama naik sepeda karena rumah mereka searah. Meski sering pulang bersama, perempuan tersebut tidak tahu bahwa si laki-laki menyukainya.

4. Gingham Check

https://www.youtube.com/embed/q-yVxhT-320

Gingham merupakan jenis kain yang memiliki pola kotak-kotak dan terdiri atas dua warna. Kata "check" pada judul 'Gingham Check' ini mengacu pada pola kotak-kotak tersebut.

Lagu JKT48 ini menceritakan tentang perasaan seseorang yang berpola-pola di saat jatuh cinta. Antara dipendam atau diungkapkan, mana yang akan kamu pilih?

Baca Juga: Dinantikan Comeback, 10 Momen Chika JKT48 saat Mengenakan Kostum JKT48

5. Alasanku, Maybe (Iiwake, Maybe)

https://www.youtube.com/embed/lZ0ewDsruV4

Perasaan suka kepada seseorang itu memang tidak bisa ditebak kapan dan kenapa bisa terjadi. Bahkan di saat mulai menyadari cinta itu tumbuh di hati, kamu dengan mudahnya mengatakan "mungkin aku suka kepadanya."

Kata "mungkin" seringkali dijadikan alasan untuk berpura-pura tidak menyadari, bahwa cinta itu sudah dipastikan tumbuh bersemi. Begitulah makna dari lagu 'Alasanku Maybe' ini, membohongi diri sendiri dengan kata "mungkin."

6. Cinta Pertama, Butterfly

https://www.youtube.com/embed/b3-Jt-a6Mtg

Ketika menyukai seseorang namun hanya bisa melihatnya dari jauh, mungkin yang pertama kamu lakukan adalah menyimpan perasaanmu sementara dalam diam.

Seperti lagu 'Cinta Pertama, Butterfly' ini. <enceritakan tentang anak laki-laki yang mengagumi teman sekelasnya dari kejauhan. Ketika dia melihat seekor kupu-kupu bisa mudahnya hinggap dan mendekati perempuan yang disukai, dia mengkhayal dirinya menjadi kupu-kupu tersebut. Bisa bebas mendekati pujaan hatinya tanpa perlu merasa canggung.

7. Everyday, Kachuusha

https://www.youtube.com/embed/6J6OuO7UT5k

Terjebak dalam friendzone merupakan satu alasan mengapa seseorang memilih untuk memendam rasa cinta di lubuk hatinya. Lagu 'Everyday, Kachuusha' menceritakan tentang laki-laki yang jatuh cinta kepada seorang teman lama.

Daripada merusak persahabatan mereka, lebih baik menyimpan perasaan tersebut. Asalkan tetap bersama, menjadi teman saja tak apa. Hal ini tergambar pada lirik "Tidak ada kepastian yang kuinginkan dari dirimu, asal tahun depan ku bisa pergi ke laut denganmu yang polos."

8. Ku Tak Pantas Jadi Seorang Pujangga Cinta

https://www.youtube.com/embed/kNC0I5M4A-s

Jika seorang pujangga bisa mudahnya menghias kata untuk mengungkapkan cinta, maka laki-laki dalam lagu ini merasa lebih baik jika menjadi diri sendiri dan memilih menyimpan cintanya dalam diam.

Lagu 'Ku Tak Pantas Menjadi Seorang Pujangga Cinta' ini meski terlihat ceria ternyata menyimpan makna yang cukup sedih.

"Biarlah perih terus terasa perih, cukuplah jadi bunga yang kusuka."

9. Doubt!

https://www.youtube.com/embed/dX7FB4gws2g

Lagi-lagi, friendzone menjadi alasan seseorang memilih cinta dalam diam. Lagu 'Doubt!' menceritakan tentang seseorang yang sok kuat dan gengsi ketika teman masa kecilnya berpamitan untuk pergi ke suatu tempat.

Dia merasa sok tidak peduli yang tergambar pada lirik, "makannya aku ledek, pergi saja dari sini."

Padahal sebenarnya dia memiliki perasaan yang lebih dari sekadar teman, dan berharap temannya bisa menyadari kebohongannya selama ini.

10. Tentang Suratku

https://www.youtube.com/embed/P8zzs_88S9A

Ketika tidak bisa bicara langsung dengan orang yang disuka, cara lain yang bisa dilakukan adalah mengungkapkannya lewat surat.

Meskipun sudah berniat untuk mengirimkan surat, namun jika mendengarkan lagu ini sampai terakhir akan terlihat bahwa cintanya tetap tak tersampaikan.

11. Petak Umpet Romansa

https://www.youtube.com/embed/hbq78Oy_2Rw

Dari judulnya saja, mungkin kita bisa menebak bahwa lagu ini bercerita tentang cinta dalam diam. Seperti permainan petak umpet, perempuan yang menjadi sudut pandang pada lagu ini terus menyembunyikan perasaannya dalam hati.

Bahkan pada buku diary, nama orang yang dia suka hanya tertulis inisialnya saja agar perasaannya tetap menjadi rahasia.

12. Sampai Musim Semi Tiba

https://www.youtube.com/embed/lyPFQz3a4W4

Menyukai seseorang dalam diam seringkali menjadi beban untuk diri sendiri. Lagu 'Sampai Musim Semi Tiba' menggambarkan betapa tersiksanya seorang perempuan yang terus menyimpan perasaannya dalam hati, seperti timbunan salju yang semakin menumpuk setiap harinya.

Perempuan tersebut hanya berharap musim semi segera tiba, dan salju dalam hatinya segera mencair, agar perasaannya bisa disadari oleh orang yang dia suka.

13. Sedikit Saja, I Love You!

https://www.youtube.com/embed/b5kf7iUnfOI

Mengagumi seseorang dalam diam tidak selamanya menjadi beban dalam hati. Lagu 'Sedikit Saja, I Love You!' menceritakan tentang seorang perempuan yang diam-diam mengagumi seorang laki-laki dari kejauhan.

Daripada harus mengganggu kegiatan orang yang dia suka, lebih baik menyemangati dan mendukungnya. Baginya, bisa bertemu dan diingat pun sudah cukup.

14. Kesimpulan yang Sedikit Membuatku Malu Setelah Beberapa Hari Berpikir Akan Berubah Seperti Apakah Hubungan Kita Jika di Jalan yang Penuh Pohon Rindang Kukatakan Indahnya Senyum Manismu Dalam Mimpiku

https://www.youtube.com/embed/RH_2pLlHN8Y

Sebagaimana judulnya yang sangat panjang, lagu yang sering disebut 'Indahnya Senyum Manismu dst' ini menggambarkan perasaan yang begitu rumit dan sulit untuk disimpulkan.

Lagu ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang jatuh cinta kepada perempuan yang sudah dianggap seperti adiknya sendiri. Sama seperti lagu sebelumnya, alasan utama untuk memendam perasaan pada lagu ini adalah demi kebaikan orang yang dia suka.

15. Cinta Higurashi (Higurashi no Koi)

https://www.youtube.com/embed/_0ZTiO9vZTU

Jika dibandingkan sebelumnya, lagu ini cukup sedih dari segi maknanya. Seperti jangkrik pada musim panas (higurashi), yang suaranya terdengar meskipun keberadaannya entah di mana. Begitu pun tentang perasaan seorang gadis, yang meskipun perasaannya tersimpan dalam diam, namun selalu menunjukkan tanda-tandanya kepada orang yang dia suka, seperti suara jangkrik musim panas. Walau akhirnya orang yang dia suka tidak pernah peka dan tetap tidak menyadari perasaannya tersebut.

Desta Ahmad Maulana Photo Community Writer Desta Ahmad Maulana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya