Comscore Tracker

6 Cara Cuci Tangan yang Benar Pakai Sabun Atau Alkohol

Cara ini dianjurkan oleh WHO

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah satu langkah utama untuk mencegah infeksi penyakit, tidak hanya virus corona, tetapi juga infeksi penyakit lain karena kuman seperti diare, muntaber, flu dan lainnya. Tetapi tidak semua masyarakat tahu, jika cuci tangan tidak hanya sekadar membasuh tangan dengan air dan sabun.

Perawat Pencegah dan Pengendali Infeksi (IPCN) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan, Ni Wayan Yasmiati, mengatakan ada enam langkah dalam cuci tangan yang sudah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).

Selain sabun dan air mengalir, langkah ini juga bisa diterapkan dengan alkohol atau antiseptik yang lain. Berikut ini cara mencuci tangan yang benar:

1. Gosok kedua telapak tangan dengan sabun atau alkohol

6 Cara Cuci Tangan yang Benar Pakai Sabun Atau AlkoholIDN Times/Wira Sanjiwani

Ini adalah langkah pertama. Basuh dulu tangan dengan air, kemudian ambil sabun secukupnya. Gosok perlahan kedua telapak tangan. Tujuannya, untuk membasmi kuman yang ada di telapak tangan. Ingat, telapak tangan ya.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja Menurut WHO

2. Langkah berikutnya adalah menggosok punggung hingga jari-jari bagian atas dengan telapak tangan

6 Cara Cuci Tangan yang Benar Pakai Sabun Atau AlkoholIDN Times/Wira Sanjiwani

Langkah kedua adalah menggosok punggung dan jari-jari bagian atas dengan telapak tangan. Posisi jari harus saling bertautan, seperti gambar di atas. Gosok perlahan dan lakukan secara bergantian dengan tangan yang lain.

Fungsi gerakan ini adalah untuk membunuh kuman yang menempel di punggung jari tangan, serta disela-selanya.

3. Gosok kedua telapak jari-jari tangan, sama seperti langkah nomor dua

6 Cara Cuci Tangan yang Benar Pakai Sabun Atau AlkoholIDN Times/Wira Sanjiwani

Jika punggung jari bagian atas sudah dibersihkan, maka langkah ketiga adalah gerakan menggosok telapak jari-jari, seperti contoh di atas. Fungsinya selain membunuh kuman di antara sela-sela jari, juga sampai ke pangkal sela jari.

Baca Juga: 7 Reaksi Tubuh Saat Terinfeksi Virus Corona

4. Gosok ujung jari-jari dengan mengaitkan kedua tangan

6 Cara Cuci Tangan yang Benar Pakai Sabun Atau AlkoholIDN Times/Wira Sanjiwani

Langkah keempat adalah menggosok ujung jari-jari tangan menggunakan telapak tangan. Lakukan secara bergantian. Gerakan ini untuk membasmi kuman di ujung jari, termasuk telapak tangan yang terlewat.

5. Jangan lupa untuk menggosok kedua ibu jari tangan

6 Cara Cuci Tangan yang Benar Pakai Sabun Atau AlkoholIDN Times/Wira Sanjiwani

Langkah kelima adalah menggosok kedua ibu jari tangan secara bergantian. Lakukan dengan gerakan berputar seperti memutar gas sepeda motor. Ingat, ibu jari harus lurus agar bisa dijangkau oleh telapak tangan.

Fungsi gerakan ini adalah membasmi kuman yang menempel di bagian ibu jari secara keseluruhan, baik permukaan maupun di sela-selanya.

6. Keenam adalah menggosok ujung jari dan bawah kuku dengan gerakan memutar di atas telapak tangan

6 Cara Cuci Tangan yang Benar Pakai Sabun Atau AlkoholIDN Times/Wira Sanjiwani

Langkah terakhir atau keenam adalah menggosok kelima ujung jari dan bawah kuku, dengan gerakan memutar-mutar di atas telapak tangan. Lakukan secara bergantian. Fungsi gerakan ini adalah membasmi kuman yang berada di ujung dan kuku jari.

Setelah keenam langkah ini selesai dilakukan, lanjutkan lagi dengan menggosok pergelangan tangan dengan cara memutar. Karena di bagian samping telapak tangan pasti belum tersentuh oleh sabun.

Berikutnya adalah bilas tangan dengan air yang mengalir, sambil melakukan gerakan mengulang gerakan satu hingga enam. Keringkan tangan dengan tisu atau handuk bersih dan kering. Tutup keran air menggunakan tisu atau handuk bersih yang sudah kamu pakai tersebut. Mudah, kan?

Gerakan ini ternyata tidak membutuhkan waktu lama dan kurang dari satu menit. Kalau mencuci tangannya benar, maka kamu akan terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh kuman. Selamat mencoba. Ajak juga adik-adik atau buah hati untuk melakukannya di rumah.

Baca Juga: Mengintip Kesiapan RSUD Tabanan Hadapi Virus Corona

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya