Comscore Tracker

4 Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Online, Kamu Harus Siap!

Kunci utamanya terletak pada kreativitas dan kecerdasan

Jakarta, IDN Times - Pesatnya perkembangan bisnis online di Indonesia melahirkan persaingan ketat antara penjual satu dengan lainnya. Keadaan ini sangat lumrah terjadi dalam dunia bisnis. Melihat fakta tersebut, apakah kamu sudah siap untuk menghadapinya?

Berbagai macam strategi sudah banyak diterapkan oleh para penjual di luar sana dalam menghadapi persaingan bisnis! Namun, apakah strategi tersebut bisa dikatakan tepat untuk mempertahankan bisnis online yang berlangsung saat ini?

Inovasi dan kreativitas yang belum pernah terpikirkan oleh kompetitor menjadi kunci utama dalam menghadapi persaingan bisnis. Strategi ini dapat kamu terapkan sekarang juga agar keluar dari zona nyaman.

Mengeksplor hal-hal baru dan membuat perubahan dalam dunia bisnis online ini disebut sebagai blue ocean strategy.

Penerapan blue ocean strategy perlu perhatian khusus bagi pebisnis Indonesia. Ada 4 tips tindakan khusus yang harus dilaksanakan oleh pebisnis, di antaranya sebagai berikut:

Baca Juga: Jawab 6 Pertanyaan ini Jika Punya Mimpi Membangun Startup

1. Eliminate (Menghapus)

4 Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Online, Kamu Harus Siap!Pexels.com/Pixabay

Perjalanan bisnis online memiliki penilaian baik dan buruk dalam pandangan masyarakat. Ketika menghadapi pesatnya persaingan bisnis, ada baiknya kamu menghapuskan nilai-nilai tidak penting dalam produk yang ditawarkan ke target pasar.  

Dengan adanya tindakan ini, kamu mampu memaksimalkan feature untuk bisnis yang dijalankan sekarang. Tonjolkan karakteristik produk kamu dan tidak perlu takut kehilangan sesuatu, yang sebenarnya tidak penting dalam bisnis.

Baca Juga: 5 Barang Gak Berguna yang Justru Diekspor, Auto Cuan!

2. Reduce (Mengurangi)

4 Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Online, Kamu Harus Siap!unsplash.com/rawpixel

Mengurangi berbeda dengan mengeliminasi. Ranah dari reduce adalah mengurangi unsur yang sebenarnya bernilai kurang tetapi kondisinya ini diperlukan. Mengurangi feature sesuai dengan standar yang telah ditetapkan merupakan tindakan yang tepat. 

Dengan kondisi pengurangan, tentu menghemat biaya pengeluaran bisnis. Bisnis akan berjalan dengan baik dan terarah. Dapatkan keuntungan tersendiri setelah melakukan tindakan ini!

3. Raise (Meningkatkan)

4 Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Online, Kamu Harus Siap!Pexels/Fauxels

Setelah melakukan tindakan pengurangan, kamu bisa melanjutkan tindakan dengan meningkatkan manfaat dan standar dari feature sebelumnya. Fitur yang kamu miliki di dalam bisnis bisa menjadi pembeda di antara kompetitor bisnis online.

4. Create (Menciptakan)

4 Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Online, Kamu Harus Siap!Pexels.com/Kaboompics.com

Tindakan terakhir yang dapat diterapkan adalah menciptakan inovasi baru dengan mengeksplorasi keadaan sekitar. Bisa dikatakan inovasi ini belum pernah ditemukan atau dipikirkan oleh kompetitor bisnis online kamu.

Bahkan dengan menciptakan inovasi baru, kamu dapat menggaet hati para konsumen di luar sana. Menciptakan inovasi terbaru dapat meningkatkan nilai positif bagi bisnis online yang tengah berjalan. Dengan kondisi ini, bisnis kamu lebih mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

Penerapan blue ocean strategy bisnis yang sedang kamu bangun dan kembangkan akan lebih mudah menguasai pasar. Tidak hanya itu, bisnis dapat menghasilkan banyak profit dibandingkan sebelumnya. Selamat mencoba 4 tips tindakan di atas!

“For me, the most fun is change or growth. There are definitely elements of both that I like. Launching a business is kind of like a motorboat: You can go very quickly and turn fast.” – Tony Hsieh

Aisyah achrijna Photo Community Writer Aisyah achrijna

Freelance content writer, content creator, and seo specialist. Let's grow up together, i'll share you about business here. You can follow me on IG (@aisyahachrijna) and LinkedIn (@aisyahachrijna). Thank you!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya