Comscore Tracker

5 Aplikasi AI Canggih untuk Membantu Pekerjaan, Ada ChatGPT

Bisa bikin puisi pula. Takjub sih, sekaligus was-was

Sudah kenal AI, kan? AI merupakan singkatan dari Artificial Intelligence atau juga disebut dengan kecerdasan buatan. AI merupakan simulasi kecerdasan manusia yang diadaptasi ke dalam sistem atau mesin yang diprogram, sehingga ia dapat berpikir layaknya seorang manusia.

Sebelumnya, penggunaan AI ini hanya sebatas pada perangkat elektronik seperti AC, mecin cuci, oven, dan lainnya. Tapi sekarang, AI telah dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Berikut ini deretan aplikasi AI yang membantu pekerjaan.

Baca Juga: 5 Produk Elektronik Daur Ulang, Ada yang Pakai Jaring Ikan

Baca Juga: 5 Robot AI yang Bisa Kamu Miliki, Bukan M3GAN ya

1. ChatGPT

5 Aplikasi AI Canggih untuk Membantu Pekerjaan, Ada ChatGPTTampilan ChatGPT. (Chat.openai.com)

ChatGPT adalah aplikasi AI yang sempat ramai dibicarakan dan mendapatkan apresiasi karena kepintarannya menjawab pertanyaan secara otomatis. ChatGPT dikembangkan oleh perusahaan startup milik Elon Musk bernama OpenAI.

ChatGPT berbasis teks. Jadi kamu bisa mengetikkan pertanyaan lewat aplikasi ini. Uniknya, ChatGPT sudah mengenali pertanyaan Bahasa Indonesia.

Kecanggihan teknologi AI milik ChatGPT ini mampu membantu seseorang untuk membuat tugas atau artikel lho. Kamu cukup meminta aplikasi untuk membuat topik artikel, maka programnya langsung bekerja untuk mencarinya. Artikel ini bukan hasil copy paste dari suatu situs, melainkan memang dibuat berdasarkan teknologi AI. Kira-kira bakalan ganti tugas seorang penulis gak ya? Untuk mengaksesnya bisa melalui https://chat.openai.com/.

2. Glass AI

5 Aplikasi AI Canggih untuk Membantu Pekerjaan, Ada ChatGPTTampilan Glass AI. (Glass.health)

Glass AI adalah bagian dari platform Glass yang menggunakan kecerdasan buatan dalam bidang medis. Glass AI masih dalam tahap pengembangan atau versi beta.

Satu hal yang perlu diketahui, Glass AI bukan ditujukan untuk masyarakat umum. Aplikasi ini khusus untuk tenaga kesehatan seperti dokter dan pelatih dokter. Glass AI akan memberikan pertimbangan medis sesuai dengan masalah yang dimasukkan dalam bentuk teks.

Namun pengguna Glass AI juga harus tetap menggunakan pertimbangan dari seorang ahli ya dalam mengambil keputusan medisnya. Kamu bisa mengaksesnya di https://glass.health/ai.

3. Durable

5 Aplikasi AI Canggih untuk Membantu Pekerjaan, Ada ChatGPTTampilan dari Durable. (Durable.co)

Kamu seorang pelaku usaha atau UMKM dan ingin membuat situs? Kamu bisa memakai Durable. Aplikasi ini akan membantu seseorang untuk membuat situs secara otomatis.

Kamu cukup memasukkan jenis atau kategori dan nama, maka Durable akan langsung bekerja membuat situs dalam waktu tidak lebih dari 30 detik. Layout dari siutsnya bisa kamu edit dan atur lagi lho. Kamu bisa mencobanya gratis selama 30 hari. Untuk mengaksesnya bisa di link https://durable.co/.

4. DALL.E2

5 Aplikasi AI Canggih untuk Membantu Pekerjaan, Ada ChatGPTTampilan aplikasi DALL.E2. (Openai.com/dall-e-2)

Kamu seorang desain grafis, wajib banget sih nyobain DALL.E2. Pengembang aplikasi ini sama dengan ChatGPT yaitu OpenAI.

DALL.E2 akan menciptakan sebuah gambar berdasarkan perintah yang diberikan oleh pengguna. Pengguna cukup memerintahkan melalui teks dengan bahasa natural. Sama dengan ChatGPT, DALL.E2 sudah mengenali perintah Bahasa Indonesia. Untuk mengaksesnya bisa di https://openai.com/dall-e-2/.

5. Brandmark.io

5 Aplikasi AI Canggih untuk Membantu Pekerjaan, Ada ChatGPTTampilan Brandmark. (brandmark.io)

Kamu bingung merancang logo bisnis sendiri atau orang lain? Kamu bisa coba menggunakan aplikasi AI, Brandmark. Aplikasi ini akan membantu membuatkan logo, baik untuk inspirasi maupun langsung digunakan.

Cara membuatnya sangat sederhana. Kamu cukup masukkan nama usaha, slogan, keyword atau kata kunci yang menggambarkan bisnis, pilih kombinasi warna, kemudian tinggal create logo. Logo yang dihasilkan bisa langsung digunakan atau bisa diedit lagi.

Untuk menggunakan fitur secara penuh, kamu akan dikenakan biaya. Basic sebesar USD $25, Designer USD $65, dan Enterprise USD $175. Pembayarannya memakai sistem satu kali bayar. Untuk mengakses Brandmark bisa melalui https://brandmark.io/.

Hmm, gak kebayang juga ya perkembangan AI sudah mirip seperti yang ada di film. Apakah nantinya beberapa pekerjaan akan digantikan oleh AI? Tidak ada yang tahu secara pasti jawabannya.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya