Perjalanan Karier Elias Dolah, Center Bek Baru Bali United

Andalan lini belakang Timnas Thailand

Ada yang istimewa pada pertandingan antara Bali United vs PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (6/6/2023). Sebelum play-off leg 1 berlangsung, Bali United memperkenalkan pemain asing barunya, Elias Dolah. Pemain berstatus pemain Timnas Thailand ini berkeliling lapangan untuk menyapa Semeton Dewata, sebutan fan Bali United.

Rumor mengenai kedatangan Elias Dolah sudah santer di beberapa akun-akun media sosial (medsos). Siapakah pemain pemilik tinggi 1,96 meter ini? Langsung disimak ya, guys.

1. Pemain kelahiran Swedia

Perjalanan Karier Elias Dolah, Center Bek Baru Bali UnitedElias Dolah saat diperkenalkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta. (Instagram.com/eliasdolah4)

Elias Dolah lahir di Lund Swedia, 24 April 1993. Narathiwat, ayah Elias Dolah, memiliki darah Thailand Melayu. Sang ayah juga memiliki garis keturunan Malaysia, sehingga Elias Dolah bisa memilih untuk bergabung ke timnas Malaysia maupun Thailand.

Dalam perjalanan karier sepak bolanya, ia memilih untuk membela atimnas Thailand. Tahun 2019 adalah debut pertamanya di Timnas Thailand. Sejak itu, ia rutin mengisi skuad bertahan Timnas Thailand.

2. Elias Dolah menjadi andalan Port FC

Perjalanan Karier Elias Dolah, Center Bek Baru Bali UnitedElias Dolah saat berkostum Port FC Thailand. (Instagram/eliasdolah4)

Elias Dolah memulai karier sepak bolanya di negara tempat kelahirannya, Swedia. Ia bergabung bersama klub Lunds BK pada tahun 2013 setelah sebelumnya memperkuat Lunds BK U19. Tahun 2014, ia pindah bermain untuk FC Rosengard.

Setahun kemudian, ia memutuskan untuk melanjutkan kariernya ke Thailand, bergabung bersama klub Songkhla United. Selama dua tahun bersama Songkhla United, Elias Dolah memutuskan untuk bergabung bersama klub papan atas Thailand, Port FC. Ia menjadi andalan lini belakang klub berjuluk Port Lions ini.

Ia didapuk menjadi center bek alias bek tengah, dan telah membela Port FC selama 6 tahun sebelum memutuskan pindah ke Bali United. Selama membela Port FC, ia telah melalui 158 pertandingan di beberapa kompetisi seperti Thai League, Thai FA Cup, AFC Champions League, AFC CL Qualification, Ettan Sodra, dan Thailand Champions Cup. Walaupun sebagai pemain belakang, ia berhasil mengoleksi 11 gol bagi Port FC.

3. Menjadi andalan atimnas Thailand di Piala AFF 2020

Perjalanan Karier Elias Dolah, Center Bek Baru Bali UnitedElias Dolah saat membela timnas Thailand. (Instagram/eliasdolah4)

Bermain apik di Port FC, membuatnya terpilih untuk memperkuat Timnas Thailand. Ia menjalani debut di Timnas Thailand pada tahun 2019 pada usia 26 tahun. Saat itu, Pelatih Timnas Thailand adalah Akira Nishino dari Jepang.

Dalam perhelatan Piala AFF 2020 yang diadakan pada akhir tahun 2021, Elias Dolah menjadi andalan lini belakang Thailand. Di ajang sepak bola Asia Tenggara ini, ia berhasil mencetak 1 gol saat Thailand menghadapi Singapura. Namun ketika melawan Indonesia di babak final leg kedua, ia mengalami cedera lutut sehingga tidak bisa dimainkan.

Selama di ajang Piala AFF ini, ia merasakan juara bersama Timnas Thailand setelah mengalahkan Indonesia dengan agregat gol 6-2. Selain merasakan juara Piala AFF, Elias Dolah juga pernah merasakan juara Thai Cup musim 2018/2019 bersama Prot FC.

Elias Dolah memiliki tinggi yang hampir sama dengan Willian Pacheco, hanya saja tubuhnya lebih berisi. Tentunya dengan tinggi badan yang dimiliki Elias Dolah, menjadikannya pemain ideal untuk mengawal lini belakang Bali United, terutama untuk memenangkan duel bola atas.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya