Bersiaplah, Karangasem Bakal Buka Lowongan Guru dan Nakes

Jumlahnya diproyeksikan sekitar 1.200 orang

Karangasem, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem tahun ini berencana membuka rekrutmen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jumlahnya diproyeksikan sekitar 1.283 orang, yang diprioritaskan untuk rekrutmen tenaga pendidikan (guru) dan tenaga kesehatan (nakes).

Belum dipastikan pada bulan apa proses rekrutmen ini dimulai. Namun saat ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karangasem masih melakukan pemetaan untuk memastikan formasi pasti yang akan nanti akan diisi oleh PPPK.

Baca Juga: Mantan Bendahara BUMDes di Karangasem Tilep Uang Rp458 Juta

1. PPPK untuk guru mencapai lebih dari 700 orang

Bersiaplah, Karangasem Bakal Buka Lowongan Guru dan NakesIlustrasi Profesi (Guru) (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala BKPSDM Karangasem, I Komang Agus Sukasena, menjelaskan rekrutmen PPPK pada tahun ini diprioritaskan untuk tenaga guru dan kesehatan.

Rinciannya formasi guru yang dibutuhkan mencapai 727 orang. Sementara untuk tenaga kesehatan sekitar 556 orang.

“Formasi ini untuk kondisi saat ini. Misalnya di mana ada sekolah yang gurunya belum lengkap, atau ada fasilitas kesehatan yang ada tenaganya belum lengkap,” ujar Agus, Selasa (28/2/2023) lalu.

2. Pemetaan bertahap kembali dilakukan sebelum pengusulan formasi

Bersiaplah, Karangasem Bakal Buka Lowongan Guru dan NakesIlustrasi PNS. (IDN Times/Irwan Idris)

Agus menjelaskan, saat ini pihaknya kembali melakukan pemetaan formasi untuk memastikan posisi yang nanti akan diisi oleh PPPK. Setelah pemetaan ini rampung, barulah usulannya akan disampaikan kepada Pemerintah Pusat.

“Kemungkian usulan dan formasi PPPK ini akan disampaikan Maret atau April,” ujarnya.

Tidak menutup kemungkinan, jumlah usulan bisa lebih sedikit dari estimasi awal. Terutama dari hasil jumlah pemetaan yang diperoleh lebih sedikit dari estimasi.

"Bisa saja nanti jumlah usulan berkurang dari estimasi. Nanti tergantung pemetaan lagi,” jelasnya.

3. Pemkab Karangasem terakhir kali melakukan perekrutan CPNS pada 2021

Bersiaplah, Karangasem Bakal Buka Lowongan Guru dan Nakeslogo KORPRI (korpri.dpr.go.id)

Pemkab Karangasaem terakhir melakukan rekrutmen CPNS pada tahun 2021 lalu. Formasi yang direkrut pada waktu itu adalah tenaga kesehatan, pendidikan, dan teknis. Namun hal ini belum menutupi kekurangan pegawai di Karangasem.

Jumlah rekrutmen itu belum sebanding dengan jumlah pegawai di Pemkab Karangasem yang pensiun sejak tahun 2018 sampai 2022, di mana jumlahnya mencapai 1.179 orang.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya