Cuaca Ekstrem, Distribusi Air Bersih Tabanan Terganggu

Warga diminta menampung air selama masih mengalir

Tabanan, IDN Times - Hujan dengan intensitas tinggi pada Senin (17/10/2022) membuat sumber air baku Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Amertha Buana (TAB) Kabupaten Tabanan keruh setelah diterjang air lumpur serta sampah kiriman.

Kondisi ini masih terjadi, hingga Selasa (18/10/2022). Hal itu membuat distribusi air bersih kepada pelanggan di sejumlah wilayah Kabupaten Tabanan terganggu.

Baca Juga: Siswa Kelas VI SD Jadi Korban Longsor di Tabanan

1. Air baku keruh dan berlumpur, hingga pipa distribusi putus

Cuaca Ekstrem, Distribusi Air Bersih Tabanan TergangguSalah satu Pipa distribusi Perumda TAB Tabanan yang terputus (Dok.IDN Times/Humas TAB Tabanan)

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Masyarakat (Humas) Perumda TAB Tabanan, Wayan Agus Suanjaya, mengatakan cuaca ekstrem yang terjadi Senin (17/10/2022) menimbulkan air bah yang  menyebabkan intake-intake Perumda TAB menjadi berpasir dan tersumbat, pompa-pompa tidak dapat beroperasi secara maksimal, air baku keruh serta berlumpur.

Selain itu, pipa distribusi dan transmisi terputus akibat tanah longsor serta jalan ambles di beberapa lokasi Kabupaten Tabanan.

"Kondisi ini menyebabkan terjadi gangguan distribusi air di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten  Tabanan," ujarnya, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: 3 Kecamatan di Tabanan Rawan Longsor dan Banjir Bandang

2. Titik gangguan layanan air bersih di Tabanan

Cuaca Ekstrem, Distribusi Air Bersih Tabanan TergangguSalah satu pipa distribus Perumda TAB Tabanan yang putus akibat longsor (Dok.IDN Times/Humas TAB Tabanan)

Perumda TAB Tabanan kemudian melakukan pendataan titik gangguan layanan air bersih di Kabupaten Tabanan, pada Senin (17/10/2022). Berikut ini titik lokasinya:

  • Pompa di IPA (Instalasi Pengolahan Air) Nyanyi dihentikan sementara akibat air baku keruh. Sehingga menyebabkan gangguan di wilayah Kecamatan Kediri antara lain Desa Pandak Gede, Pandak Bandung, Nyitdah, Beraban, Pejaten, Belalang, Pangkung Tibah, Bengkel, Nyambu, Kaba-kaba, Cepaka, Buwit  dan sekitarnya. Saat ini, Selasa (18/10/2022), IPA Nyanyi dalam tahap normalisasi dan sudah mulai beroperasi
  • Pompa di IPA Telaga Tunjung juga dihentikan akibat air baku keruh. Wilayah yang terdampak ada di Kecamatan Selemadeg meliputi Desa Bantas, Serampingan, dan Selemadeg. Termasuk juga Kecamatan Selemadeg Timur yang meliputi Desa Mambang dan Megati
  • Pompa di MA Dedari juga tidak dapat beroperasi karena volume air meluap. Hal ini menyebabkan gangguan di wilayah Kecamatan Kediri yang meliputi Desa Banjar Anyar, Kediri, Senapahan, Abiantuwung dan sekitarnya. MA Dedari kini dalam dalam proses normalisasi. Sehingga Selasa (18/10/2022) malam, sudah bisa beroperasi kembali
  • Pompa IPA Antap tidak dapat beroperasi karena air baku keruh dan berdampak pada pelanggan di Kecamatan Selemadeg antara lain Desa Bajera, Berembeng, Antap, dan sekitarnya. Pelanggan di wilayah Desa Bonian, Desa Antap, Desa Lalanglinggah (Kecamatan Selemadeg Barat), dan sekitarnya juga terdampak gangguan karena air baku keruh. IPA Antap pada Selasa (18/10/2022), sudah beroperasi kembali dan dalam tahap proses normalisasi
  • Pelanggan wilayah Kecamatan Marga antara lain Banjar Cau, Desa Tua, dan sekitarnya juga terdampak akibat jalan putus, longsor, dan putusnya pipa distribusi 3 di Banjar Cau, Desa Tua. Kerusakan ini sedang diperbaiki, pada Selasa (18/10/2022)
  • Pipa transmisi 6 di MA Kelepud, Dalang, juga terkena longsor sehingga terdampak pada pelanggan di Kecamatan Selemadeg Timur yang meliputi Desa Dalang, Desa Gadungan, dan sekitarnya. Perbaikan di MA Kelepud masih terus diupayakan karena medan yang sulit
  • Pipa transmisi 6 di Gangsang juga putus sehingga berdampak pada pelanggan di wilayah Kecamatan Marga antara lain Banjar Batannyuh, Umadiwang, Umabian, Desa Kukuh, Banjar Pemenang, dan sekitarnya. Saat ini Selasa (18/10/2022), sudah tertangani dan dalam tahap normalisasi.

3. Warga diimbau menghubungi Perumda TAB jika mengalami gangguan layanan air bersih

Cuaca Ekstrem, Distribusi Air Bersih Tabanan TergangguIlustrasi Telepon. (IDN Times/Aditya Pratama)

Perumda TAB Tabanan kini mendistribusikan truk tangki ke daerah yang tidak bisa terlayani. Masing-masing satu truk tangki yang telah didistribusikan sejak Senin (17/10/2022) di antaranya wilayah Ganter, wilayah perumahan BSI, dan Banjar Panti di Kecamatan Kediri.

"Pada Selasa (18/10/2022) terjadi gangguan di wilayah Jalan Majapahit, Jalan Diponegoro, dan Puskopad 3 BSI, karena pipa 14 di jembatan DAM Denbantas putus," jelas Agus.

Atas kondisi ini, pelanggan diimbau untuk menampungnya selama air masih mengalir. Namun pendistribusian air akan diupayakan segera normal kembali setelah pekerjaan atau perbaikan selesai.

Warga juga bisa melaporkan gangguan layanan air bersih melalui nomor-nomor berikut:

  • Nomor WhatsApp (WA): 081999961400
  • Kantor pusat: (0361) 9311213/9311706
  • Unit Pelayanan Selemadeg: 085953933156
  • Unit Pelayanan Kerambitan:  081236125359 atau 085237311123
  • Unit Pelayanan Baturiti: 087862256296
  • Unit Pelayanan Penebel: 08311720115
  • Juga bisa melalui aplikasi Simple Tab.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya