Comscore Tracker

2 Turis Asing yang Lecehkan Tempat Suci Ubud Minta Maaf di Pura

Mereka mengikuti proses sembahyang

Gianyar, IDN Times - Dua Warga Negara Asing (WNA) atau turis asing asal Ceko, Sabina Dolezalova (22) dan Idenek Slova (25), hadir dalam pelaksanaan upacara di areal Pura Monkey Forest, Ubud, Kabupaten Gianyar, Kamis (15/8).

Mereka akhirnya mengikuti upacara permohonan maaf setelah melakukan hal yang tidak sopan di kawasan tersebut. Mereka menggunakan air suci dari pelinggih untuk membasuh pantat.

1. Masalah sudah clear, keduanya meminta maaf melalui upacara Guru Piduka

2 Turis Asing yang Lecehkan Tempat Suci Ubud Minta Maaf di PuraDok.IDN Times/Istimewa

Dua turis asing ini mengikuti upacara Guru Piduka atau permohonan maaf, serta penyucian Pura yang dilakukan bersama warga adat setempat. Mereka ikut bersembahyang untuk meminta maaf atas perbuatannya.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Ubud, Kompol Nyoman Nuriana, saat dikonfirmasi membenarkan dua turis asing tersebut mengikuti upacara Guru Piduka.

"Iya sudah selesai dan sudah damai dan clear, tidak ada apa-apa lagi," kata Kompol Nuriana, Kamis (15/8).

Kompol Nuriana menegaskan kalau mereka sudah memohon maaf atas kelakuannya.

"Istilahnya kalau orang Bali sudah buat banten (Sarana upacara), mohon maaf dia dan sudah selesai," ujarnya.

Baca Juga: Dinilai Tak Beretika, Regulasi Khusus Turis Asing di Bali Akan Dibuat

2. Turis asing yang berulah di Bali belum tentu berkaitan dengan kebijakan bebas visa

2 Turis Asing yang Lecehkan Tempat Suci Ubud Minta Maaf di PuraUnsplash/Francesca Tirico

Sementara itu Gubernur Bali, I Wayan Koster, turut menanggapi peristiwa tersebut. Ia menginginkan pariwisata di Bali harus ditata kembali secara menyeluruh.

"Itu menunjukkan pariwisata kita di Bali harus ditata secara menyeluruh. Harus mulai tertib keseluruhannya menyangkut penyelenggaraan di destinasi, menyangkut juga perilaku para wisatawan etika dan estetikanya di Bali. Itu juga kita berikan pedoman sesuai standar," kata Koster saat ditemui di Denpasar, Selasa (13/8) lalu.

Ia menegaskan, turis asing yang berulah di Bali itu belum tentu berkaitan dengan kebijakan bebas visa. Sebab menurutnya, negara lain juga banyak menerapkan kebijakan yang sama.

"Belum tentu juga, banyak negara yang menerapkan visa bebas. Tapi menurut saya ini lebih kepada pengaturan, bagaimana para wisatawan itu tertib, Itu perlu dilakukan," ujarnya.

3. Instastory mereka pernah mendapat kecaman dari netizen Bali

2 Turis Asing yang Lecehkan Tempat Suci Ubud Minta Maaf di PuraDok.IDN Times/Istimewa

Seperti diketahui, video mereka beredar di media sosial dan menjadi viral setelah melakukan tindakan tak etis. Mereka menggunakan air suci dari pelinggih di kawasan Monkey Forest, Ubud, untuk membasuh pantatnya. Video itu awalnya diunggah di instastory Instagram milik Sabina Dolezalova dengan nama akun @sabina_dolezalova_ifbb.

Sontak video tersebut viral dan banyak mendapat kecaman karena melecehkan tempat suci umat Hindu. Kejadian itu terjadi pada Sabtu (10/8) lalu.

Baca Juga: Fenomena Turis Asing Kehabisan Uang di Bali, Siapa Bertanggung Jawab?

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Muhammad Khadafi

Just For You