Kontroversial, Inilah Maksud Analogi Ekonomi & Game of Thrones Jokowi

Pernyataan Jokowi ini memang unik

Badung, IDN Times - Beberapa waktu lalu, Indonesia dikejutkan oleh pernyataan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), sampai mendapat pujian juga oleh dunia. Yakni analoginya terkait kondisi ekonomi seperti film Game of Thrones dan Avengers: Infinity Wars.

Gimana ceritanya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Di tengah perang dagang, ada ancaman dari utara (White Walkers)

Kontroversial, Inilah Maksud Analogi Ekonomi & Game of Thrones Jokowidok. HBO

Baca Juga: Jokowi Ingin Tiru Bill Clinton Terkait Perkembangan Teknologi

Analogi itu diungkapkan Jokowi saat sidang pleno pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank Annual Meeting tahun 2018 (IMF-WB AM 2018), di Nusa Dua, Badung, Jumat (12/10) lalu.

Ia mengingatkan para pimpinan ekonomi dari 189 Negara supaya tak seperti skenario film Game of Thrones. Artinya, Jokowi mengajak para pemimpin ekonomi dunia untuk lebih mengedepankan kerjasama dari pada perang dagang. Menurutnya, kerja sama lebih penting daripada berkompetisi.

Hubungan antara negara-negara maju saat ini terlihat seperti Game of Thrones. Yakni terjadi kompetisi antar kekuatan negara dengan ekonomi besar. Padahal ada ancaman global yang mestinya dihadapi secara bersama-sama.

"Dalam film Game of Thrones ada house-house yang saling bertarung. Mereka tak sadar padahal ada ancaman yang lebih besar yang datang dari Utara (White Walkers) yang ingin mengubah dunia jadi es semua," katanya diikuti tawa para undangan.

Untuk diketahui, Game of Thrones merupakan film series yang ditayangkan oleh HBO. Film garapan David Benioff dan dan DB Weiss ini menceritakan tentang perebutan kekuasan antar raja-raja di Westeros.

2. Sampah plastik dan pemanasan global jadi musuh bersama

Kontroversial, Inilah Maksud Analogi Ekonomi & Game of Thrones Jokowiuk.businessinsider.com

Jokowi lantas mengajak semua negara agar saling mendukung terkait kebijakan ekonomi. Selain itu, Jokowi juga berharap negara-negara dengan ekonomi kuat membantu negara berkembang.

"Globalisasi dan keterbukaan ekonomi telah banyak membantu negara berkembang," katanya.

Jokowi mengungkap ada ancaman global yang mengintai dunia saat ini. Ia menyebut ancaman tersebut seperti sampah plastik dan pemanasan global.

3. Jokowi juga menyebut film Avengers: Infinity Wars

Kontroversial, Inilah Maksud Analogi Ekonomi & Game of Thrones JokowiScreenrant

Baca Juga: Jokowi Sebut Tokoh Film The Avengers "Thanos" Ancaman Ekonomi Dunia

Jokowi tak hanya sekali ini saja membawa sebuah film dalam pidatonya. Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyebut film Avengers: Infinity Wars dalam pidatonya di World Economic Forum di Vietnam. Saat itu, Jokowi menganalogikan kondisi ekonomi global layaknya infinity wars.

Dikutip dari artikel IDN Times tanggal 13 Sepetember, dijelaskan maksud Jokowi adalah perang dagang antara Amerika Serikat dan hina seperti infinity wars atau perang tak terbatas.

Jokowi lantas menyebut dirinya sebagai tim Avengers yang siap mengalahkan Thanos (Tokoh terkuat dalam film Avengers). Thanos sendiri diibaratkan sebagai ancaman di bidang ekonomi yang tengah dialami oleh dunia.

Bagaimana menurut pendapatmu tentang analogi yang dipakai oleh Presiden RI?

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya