[BREAKING] Gunung Agung Erupsi Selama Empat Menit 30 Detik

Durasinya lebih lama dari biasanya

Karangasem, IDN Times - Gunung Agung di Kabupaten Karangasem kembali mengalami erupsi, Jumat (24/5) pukul 19.23 Wita. Durasinya cukup lama, yakni kurang lebih 4 menit 30 detik. Informasi yang diterima, lontaran batu atau lava pijar nampak terang meluncur ke segala arah.

Dari data Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm.

"Tinggi kolom tak teramati dan terdengar suara gemuruh sedang di pos pengamatan," tulis laporan tersebut.

Untuk diketahui, saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III (Siaga). Meski demikian, masyarakat tetap diimbau dan memerhatikan rekomendasi seperti:

  1. Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru
  2. Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya