Tak Bawa KTP, 7 Bonek Dipulangkan dari Pelabuhan Gilimanuk

Wah, kalau ke mana-mana harus bawa KTP ya

Pendukung tim sepak bola Persebaya yang dikenal dengan sebutan Bondo Nekat (Bonek) mulai berdatangan ke Bali. Seperti yang terjadi di Kabupaten Jembrana, tujuh orang yang mengaku bonek ini justru dipulangkan ke daerah asalnya di Jawa Timur oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jembrana, Selasa (13/11). Kenapa alasannya? Berikut ulasannya.

1. Mereka tidak membawa KTP. Ini identitasnya

Tak Bawa KTP, 7 Bonek Dipulangkan dari Pelabuhan GilimanukIDN Times/Reza Iqbal Ghafari

Baca Juga: Polda Bali Diminta Tak Sentuh Pungutan Desa Pakraman, Asal Ada Syarat

Tujuh orang yang mengaku bonek harus dipulangkan ke Jawa Timur karena kedapatan tidak membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Mereka diamankan di sekitar Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Gilimanuk-Denpasar.

"Ya, benar ada tujuh bonek yang tidak membawa KTP kami amankan di dekat lampu merah. Mereka sudah masuk kota Jembrana," kata Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perundang Undangan Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jembrana, I Made Tarma, didampingi oleh Kabid Ketenteraman dan Ketertiban Masyarakat (Trantibmas) POL PP, Kadek Agus Arianta,  Selasa (13/11) sore.

Tujuh orang sudah dikembalikan lewat pos penyeberangan Gilimanuk dan langsung diseberangkan ke Pelabuhan Ketapang.

"Hal ini menindaklanjuti laporan masyarakat bahwa ada tujuh orang anak jalanan yang mengaku sebagai bonek. Keberadaan mereka ditakutkan mengganggu ketertiban umum," lanjutnya.

Ketujuh bonek tersebut adalah Yang Adam (15) dan Firman Adi Susanto (16). Keduanya berasal dari Beringin Anom, Gresik. Lalu ada Muhamad Ade Ismail (17) asal Tarik Sidoarjo; Juan Yudi Setiawan (17) asal Doplang, Ambon; Hendrik Mariadi (27) asal Krian, Sidoarjo; Moh Bagus Aditya F (17) asal Wonoayu, Sidoarjo; dan Moh Imam Samudra (17) asal Surabaya.

2. Janji akan mengetatkan penjagaan

Tak Bawa KTP, 7 Bonek Dipulangkan dari Pelabuhan GilimanukInstagram.com/upp_gilimanuk

Untuk mengantisipasi kedatangan Bonek yang tak memiliki kartu identitas, Satpol PP bersama Kepolisian, dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) akan mengetatkan penjagaan di Pelabuhan Gilimanuk. Ia melanjutkan, untuk Bonek yang identitasnya lengkap tentu akan dipersilahkan memasuki Bali. 

"Kita akan antisipasi biar diminimalisir terkait kedatangan Bonek yang tak beridentitas ini," katanya.

Ditanya mengapa bisa lolos pos pemeriksaan KTP, Tama mengatakan para Bonek ini mengaku berjalan kaki dengan melewati sebelah patung Siwa.

3. Bali United akan menjamu Persebaya di Stadion Dipta

Tak Bawa KTP, 7 Bonek Dipulangkan dari Pelabuhan GilimanukBaliUtd.com/Ewin Setyo

Baca Juga: Sang Ibu Tak Terima! Bayi 11 Bulan Tewas, Diperkosa Suami Pengasuh

Seperti diketahui, Bali United akan menjamu tamunya, Persebaya dalam lanjutan Pekan ke-31 Liga 1 Indonesia, Minggu (18/11) di Stadion Kapten Dipta, Gianyar. Saat ini Bali United menempati posisi keenam dengan raihan 45 poin. Sementara lawannya Persebaya menempati posisi ke-10 dengan poin 41.

Laga ini diprediksi bakal berjalan sengit. Bali United membutuhkan poin penuh untuk menjaga asa merebut juara Liga 1 Indonesia. Tak hanya itu, di laga sebelumnya melawan Persipura, tim asuhan Widodo C Putro ini harus kalah 0-1 di Jayapura.

Adapun Persebaya sedang dalam kepercayaan diri tinggi setelah melumat tamunya PSM Makassar dengan skor 3-0, Minggu (11/11) lalu.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya