Rumah Anggota Polri di Bali Terbakar, Diduga dari Ledakan Mobil

Kerugian diprediksi mencapai Rp1 miliar

Denpasar, IDN Times - Kebakaran terjadi di sebuah rumah lantai 2, di Jalan Ratna, Gang Tunjung, Banjar Tatasan, Kelurahan Tonja, Kecamatan Denpasar Utara, pada Jumat (15/4/2022) pukul 21.00 Wita. Diduga kebakaran itu terjadi karena ledakan mobil CRV milik korban yang diparkir di garasi rumahnya.

Hal itu disampaikan oleh Kasi Humas Polresta Denpasar, Iptu Ketut Sukadi, pada Sabtu (16/4/2022).

Berikut fakta-fakta kebakaran rumah milik anggota Polri di Bali:

Baca Juga: Kantor Samsat di Denpasar Terbakar, Program Pemutihan Tetap Jalan

1. Saat kejadian kebakaran, korban berada di Masjid Polda Bali

Rumah Anggota Polri di Bali Terbakar, Diduga dari Ledakan MobilKejadian kebakaran di rumah milik salah satu anggota kepolisian daerah Bali. (Dok. IDN Times / Polresta Denpasar)

Menurut Sukadi, korban yang rumahnya terbakar tersebut merupakan keluarga Polri, Kusno, dan istrinya Ifadloh Hidayat (41). Saat kejadian, korban sedang melaksanakan Salat Tarawih di Masjid Polda. Hanya anaknya yang saat itu berada di rumah. Setibanya pulang Tarawih pukul 20.45 Wita, korban melihat rumahnya terbakar.

Sementara itu, anak korban, Danis Arha (16), kepada petugas menyampaikan saat kejadian ia sedang berada sendirian di rumahnya. Ia sedang di lantai 1 untuk melaksanakan salat.

Tak lama kemudian, ia mendengar ada suara ledakan yang diduga dari mobil CRV. Pintu rumahnya lalu digedor tetangga, yang memberitahukan bahwa terjadi kebakaran. Saksi kemudian menghubungi orangtuanya.

"Dugaan sementara kebakaran tersebut diduga berasal dari koersleting mobil CRV yang terparkir di dalam garasi rumah korban," ungkapnya. 

2. Tetangga korban mendengar suara seperti petasan dan melihat api di bawah mobil

Rumah Anggota Polri di Bali Terbakar, Diduga dari Ledakan MobilKejadian kebakaran di rumah milik salah satu anggota kepolisian daerah Bali. (Dok. IDN Times / Polresta Denpasar)

Saksi I Putu Adhi Narbayasa (24) mengungkapkan saat kejadian ia mendengar suara seperti petasan sekitar pukul 20.00 Wita. Ketika itu ia sedang mengobrol bersama keluarganya di teras, namun tidak menghiraukan suara tersebut. Selang 2 menit kemudian, saat keluar dari rumah, saksi melihat cahaya api di lokasi kejadian.

"Saksi langsung mendekat dan kemudian melihat ada api keluar dari bawah kap depan mobil yang sedang terparkir di garasi. Saksi teriak kebakaran," jelasnya.

Saksi lain, Kadek Indrawan (26), yang mendengar teriakan Putu Adhi Narbayasa menyampaikan api yang semula keluar dari kap depan mobil CRV, terus membesar, dan langsung merambat ke lantai 2 rumah korban.

3. Kerugian korban ditaksir mencapai Rp1 miliar

Rumah Anggota Polri di Bali Terbakar, Diduga dari Ledakan MobilKejadian kebakaran di rumah milik salah satu anggota kepolisian daerah Bali. (Dok. IDN Times / Polresta Denpasar)

Sekitar pukul 21.00 Wita, sebanyak 5 unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar tiba di lokasi untuk memadamkan api. Api baru bisa dipadamkan pukul 22.30 Wita.

Selang 30 menit, Tim Identifikasi Polresta Denpasar tiba di lokasi. Namun upaya olah TKP terkendala hujan dan tidak ada penerangan. Sehingga baru dilakukan pada Sabtu pagi.

Pada kebakaran tersebut, tidak ada korban jiwa. Kerugian korban ditaksir mencapai Rp1 miliar. Bagian yang terbakar yakni bangunan lantai 2, satu unit mobil CRV warna hitam, dan harta benda yang belum bisa dirinci.

"Kami menyarankan pihak korban untuk membuat laporan ke pihak kepolisian," terang Sukadi. 

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya