Kapolda dan Wakapolda Bali Dimutasi, Siapa Penggantinya?

Tebak siapa penggantinya?

Denpasar, IDN Times- Jabatan Kepala Kepolisian Daerah Bali akan segera berganti, dari yang sebelumnya dijabat oleh Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra. Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol, Stefanus Satake Bayu Setianto pada Senin (26/6/2023). Bahwa mutasi tersebut telah resmi dikeluarkan dalam Surat Telegram Kepala Kepolisian Republik Indonesia. Selain Irjen Pol Putu Yajan Danu, sejumlah pejabat utama lainnya juga ikut dimutasi.

Baca Juga: Istana Taman Jepun, Wisata ala Taman Jepang di Denpasar

Baca Juga: Liburan Sekolah ke Bali, 5 Tempat Jadi Opsi Wisata Edukasi

1. Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra diganti Brigjen Pol Ida Bagus Kd Putra Narendra

Kapolda dan Wakapolda Bali Dimutasi, Siapa Penggantinya?Kapolda Bali, Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra. (Dok.IDN Times/Humas Polri)

Kombes Pol Satake Bayu mengungkapkan diantara Surat Telegram mutasi tersebut adalah Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra yang dimutasikan sebagai Perwira Tinggi Polri Badan Intelijen dan Keamanan Polri (Pati Baintelkam Polri) yakni persiapan penugasan di luar struktur. Jabatan Kapolda Bali akan digantikan Brigjen Pol Ida Bagus Kd Putra Narendra yang sebelumnya menjabat sebagai Karoada B/J Slog Polri.

“Memang benar Kapolri telah mengeluarkan lima Surat Telegram mutasi yang berisikan 539 personel Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Sebelumnya Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra ditetapkan menjabat sebagai Kapolda Bali pada 16 November 2020 lalu.

2. Waka Polda Bali digantikan Brigjen Pol I Gusti Kade Budhi Harryarsana

Kapolda dan Wakapolda Bali Dimutasi, Siapa Penggantinya?Dok. IDN Times/bt

Selain Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, juga Waka Polda Bali, Brigjen Pol Ketut Suardana serta beberapa pejabat utama mendapatkan promosi jabatan baru baik ke Mabes Polri maupun ke Polda lain.

“Brigjen Pol I Ketut Suardana dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri. Digantikan Brigjen Pol I Gusti Kade Budhi Harryarsana yang sebelumnya menjabat sebagai Dirprogsarjana STIK Lemdiklat Polri,” ungkapnya.

3. Delapan pejabat utama Polda Bali lainnya juga dimutasi

Kapolda dan Wakapolda Bali Dimutasi, Siapa Penggantinya?Kabidhumas Polda Bali, Kombespol Stefanus Satake Bayu Setianto. (IDN Times/Ayu Afria)

Selain Kapolda dan Wakapolda, juga ada 8 orang pejabat utama Polda Bali yang dimutasi, diantaranya:

  1. Karoops Polda Bali, Kombes Pol Nuryanto diangkat sebagai Kabagpakatkerma Rokerma KL Sops Polri. Posisinya digantikan Kombes Pol Soelistijono yang sebelumnya menjabat sebagai Dirpolairud Polda Bali
  2. Jabatan Dirpolairud Polda Bali yang ditinggalkan oleh Kombes Pol Soelistijono digantikan Kombes Pol Ponadi dari Kabagselbangyar Korpolairud Baharkam Polri
  3. Jabatan Karo Log Polda Bali, Kombes Pol Nelsoj Pardamean Purba digantikan oleh Kombes Pol I Gede Mega Suparwitha yang sebelumnya bertugas sebagai Karolog Polda Sumut
  4. Karorena Polda Bali, Kombes Pol Ketut Onik Suirawan digantikan Kombes Pol Daniel Widya Mucharam yang sebelumnya sebagai Akreditor Utama Divpropam Polri
  5. Jabatan Dirreskrimum Polda Bali, Kombes Pol Surawan digantikan Kombes Pol Yanri Paran Simarmata yang sebelumnya bertugas di Bareskrim Polri
  6. Kabidhumas Polda Bali, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setiyanto digantikan Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mantan Kapolresta Denpasar dan juga Kabidhumas Polda Kepri.
  7. Jabatan Irbid Itwasda Polda Bali digantikan AKBP Dewa Ngakan Nyoman Arinata
  8. Jabatan Pamen Polda Bali dijabat oleh Kombes Pol Dody Pribadi yang sebelumnya sebagai Kabidbinsis Diklat Reserse Lemdiklat Polri

“Mutasi merupakan hal yang biasa dan bertujuan untuk menjaga kedinamisan dan penyegaran didalam tubuh Polri, serta memberikan kesempatan kepada anggota Polri untuk mengembangkan kemampuan diri dalam promosi tugas yang baru,” kata Kombes Satake Bayu.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya