Comscore Tracker

Hai Mooi, Unyu Banget! Bayi Hyena Lahir di Bali dan Jadi yang Pertama

Jessica Iskandar menyarankan nama Mooi untuk bayi hyena

Gianyar, IDN Times – Seekor indukan Hyena di Bali Safari and Marine Park bernama Manama telah melahirkan bayi betina, Kamis (8/10/2020) lalu. Namun air susu Manama sempat mengalami masalah, karena tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayinya. Tetapi kini bayi Hyena yang diberi nama Mooi tersebut sudah bisa berjalan. Berikut penjelasan dalam rilis yang diterima oleh IDN Times, Jumat (13/11/2020):

Baca Juga: Kumpulan Potret Lawas Klungkung Tahun 1920 dan Kini, Lebih Bagus Mana?

1. Ada empat ekor Hyena di Bali Safari and Marine Park

Hai Mooi, Unyu Banget! Bayi Hyena Lahir di Bali dan Jadi yang PertamaMooi diberi tambahan susu formula (Dok.IDN Times/Bali Safari Park)

Selama empat tahun ini, Bali Safari and Marine Park memiliki empat ekor striped Hyena, yang terdiri dari dua ekor betina bernama Manama dan Adiiya, beserta dua ekor jantan bernama Hamad dan Riffa.

Manama dan Riffa akhirnya memperoleh keturunan bayi Hyena betina, yang kemudian dipanggil Mooi. Satwa asal Afrika ini lahir sehat dengan bobot awal 860 gram.

Menurut dokter hewan senior Bali Safari and Marine Park, drh Yohana Kusumaningtyas, Mooi dirawat secara intensif oleh tim dokter. Karena sejak enam hari sejak kelahiran, susu induknya tidak mencukupi kebutuhan. Sehingga ia harus mendapatkan asupan susu formula setiap empat jam sekali.

“Takaran susu formula lantas disesuaikan dengan pertumbuhan dan hasil timbangan berat tubuh Moii setiap hari,” jelasnya

Dua minggu sejak lahir, kedua mata Mooi sudah terbuka. Lalu seminggu kemudian, giginya mulai tumbuh dan kini belajar berjalan. Setelah usianya menginjak satu bulan, Mooi baru dikenalkan dengan makanan pendamping susu.

2. Jessica Iskandar memberi nama Mooi, yang diambil dari Bahasa Belanda

Hai Mooi, Unyu Banget! Bayi Hyena Lahir di Bali dan Jadi yang PertamaSalah satu artis Jesicca Iskandar memberikan nama Mooi (Dok.IDN Times/Bali Safari Park)

Sejak lahir, bayi Hyena ini belum memiliki nama. Hingga pada Minggu (8/11/2020), artis Jessica Iskandar mendatangi Bali Safari and Marine Park dan memberinya nama Mooi. Mooi dalam Bahasa Belanda adalah cantik.

Kelahiran Mooi tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bali Safari and Marine Park. Menurut Asisten Kurator Bali Safari and Marine Park, Nyoman Suartawan, kelahiran Mooi merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak di Bali Safari Park, termasuk para keeper (Perawat satwa).

“Ke depannya berharap akan ada lagi kelahiran satwa-satwa di Bali Safari park, baik satwa endemik Indonesia ataupun mancanegara,” ungkap Nyoman Suartawan.

3. Bagi yang ingin melihatnya, dipersilakan datang langsung ke Bali Safari and Marine Park

Hai Mooi, Unyu Banget! Bayi Hyena Lahir di Bali dan Jadi yang Pertamasumber: bekantan.org

Sementara itu General Manager Bali Safari and Marine Park, Thomas Colbert, mengungkapkan kegembiraannya karena berhasil mengembangbiakkan satwa unik ini untuk pertama kalinya di Bali.

“Kegembiraan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sebab, kami sebagai lembaga konservasi telah berhasil mengembangbiakkan satwa unik ini untuk pertama kalinya di Bali atau mungkin bahkan di Indonesia. Terlebih lagi, di saat kondisi pandemik COVID-19 sekarang ini,” ungkapnya.

Bagi yang tertarik ingin melihat bayi Hyena ini, dipersilakan datang langsung. Karena Tim Bali Safari menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

Untuk diketahui, Bali Safari and Marine Park merupakan unit dari Taman Safari Indonesia (TSI) Group yang berdiri sejak tahun 2007. Lokasinya berada di Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Bali Safari and Marine Park dihuni oleh lebih dari 100 spesies satwa nan eskotik dan menawan.

4. Kelahiran Mooi bagus untuk menambah populasi

Hai Mooi, Unyu Banget! Bayi Hyena Lahir di Bali dan Jadi yang PertamaPixabay.com/tonyo_au

Kelahiran Mooi mendapatkan komentar dari beberapa masyarakat. Seperti warga asal Kabupaten Badung, Laili Rizky (29). Ia mengaku suka mendatangi kebun binatang yang dibiarkan bebas di alam. Karena menurutnya, kebun binatang bisa menambah pengetahuan dan pelestarian satwa.

“Wah, bagus banget tuh kalau mereka bisa ngurus Hyena sampai bisa lahiran. Setidaknya menambah populasi Hyena, biar gak punah. Baby Hyena pasti lucu banget,” ungkapnya.

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya