Comscore Tracker

5 Rekomendasi Buku yang Judulnya Makanan, Malah Bikin Baper!

Bukan sembarang makanan tapi ada ceritanya lho

Apa yang kamu pikirkan tentang buku makanan? Kumpulan resep makanan yang bikin ngiler atau kumpulan foto makanan yang lezat? Nah, buku dalam ulasan artikel ini tidak melulu bercerita tentang makanan. Jadi selain dibikin ngiler, kamu bakalan nemu kisah yang seru.

Buat kamu yang suka baca nonfiksi dibumbui kisah tentang makanan, mesti baca lima buku ini deh. Dijamin bikin ngiler dan baper sama kisahnya. Apa saja? Cek di bawah ini, yuk!

Baca Juga: 6 Quotes Populer yang Maknanya Sering Disalahartikan

Baca Juga: 9 Quotes Motivasi Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah

1. 7 Tastes of Love: Toko Koyanaga

5 Rekomendasi Buku yang Judulnya Makanan, Malah Bikin Baper!Buku 7 Taste of Love (dok.Goodreds/7TasteofLove)

"Bagiku, baik masakan kesukaan orang yang kusuka, maupun berbagi makanan bersama orang yang kusuka adalah sesuatu yang sangat spesial."

Buku 7 Tastes of Love merupakan novel terjemahan asal Jepang yang diterbitkan di Indonesia pada tahun 2020 dengan 362 halaman. Novel ini mengambil tema makanan sebagai inti ceritanya. Kamu bakalan disuguhkan oleh berbagai makanan Jepang.

Novel slice of life ini menceritakan tentang Kiriko, seorang perempuan yang menyukai masak dan makanan. Namun setelah menikah, ia harus puas dengan masakan yang telah disediakan.

Maka, Kiriko diam-diam menjadi staf di panti lansia. Ia dipertemukan dengan Izakaya Yabu Hebi, tempat yang menghidangkan sajian yang menghangatkan hati. Sebuah buku dengan kisah yang akan mengingatkanmu pada rumah dan makanan.

2. Arum Manis: Teguh Affandi

5 Rekomendasi Buku yang Judulnya Makanan, Malah Bikin Baper!Buku Arum Manis (dok.Gramedia.com/Arum Manis)

"Orang yang sedang jatuh cinta sulit dinasihati."

Buku ini merupakan karya perdana dari Teguh Affiandi. Terdiri dari kumpulan cerpen yang diterbitkan pada Mei 2022 setebal 168 halaman. Lalu, apakah buku ini akan semanis arum manis?

Buku Arum Manis mengangkat berbagai kisah, seperti seorang pelancong yang ingin menanam biji mawar di bibir perempuan di bawah Jembatan Lempuyangan. Seekor naga yang tersimpan di mulut perempuan, kemudian menjadi saksi akan hubungan toksik dengan kekasihnya. Hingga lelaki yang mencari aroma kekasihnya. Cerita dalam buku ini membaurkan batas antara realis dan surealis, tentang kesetiaan dan gairah cinta.

3. Delicious Lips: Zulfairy

5 Rekomendasi Buku yang Judulnya Makanan, Malah Bikin Baper!Buku Delicious Lips (dok.Gpu.id/Delicious Lip)

"Aku bisa merasakan lapisan lemak licin nan tipis yang menyelimuti daging yang menggelincir di ujung lidah. Tebal dan nikmat."

Novel Delicious Lips menceritakan tentang kehidupan siswi teladan, Zakia, yang hidupnya nyaris tanpa cela tapi barbar. Jadi wakil ketua OSIS, gabung tim basket putri, hingga punya gebetan menawan. Lalu ia bertemu Aro, si cowok cupu yang doyan tawuran tapi jadi koki warung Betawi. Mereka sekelas dan bisakah Zakia memilih antara cinta pertama dan masa depannya?

Novel bergenre TeenLit ini memiliki ketebalan 224 halaman yang terbit pada tahun 2022. Ketika kamu membaca deskripsi makanannya dalam bukunya, dijamin jadi pengen makanan tersebut karena bikin ngiler.

4. Sambal dan Ranjang: Tenni Purwanti

5 Rekomendasi Buku yang Judulnya Makanan, Malah Bikin Baper!Buku Sambal dan Ranjang (dok.Goodreads.com/Sambal dan Ranjang)

"Berita kriminal kayak begini memang suka heboh di awal saja. Nanti akan ada berita-berita kriminal baru dan wartawan fokus meliput kejadian baru. Jarang ada kasus yang benar-benar diikuti sampai tuntas, kecuali melibatkan nama besar."

Sambal dan Ranjang merupakan kumpulan cerpen yang berjumlah 176 halaman dan terbit pada tahun 2020. Cerpen ini lebih banyak bercerita tentang perempuan, dari pelecehan seksual, hubungan toksik, hingga kesetaraan gender. Setiap tokoh membawa karakter dan problematika yang berbeda.

Buku ini juga ada yang mengisahkan tentang seorang suami yang memiliki kebiasaan makan sambal cobek di atas ranjang, lalu istrinya harus menuruti keinginan suaminya. Layaknya sambal yang pedas, kamu bakal ketagihan dengan kisah yang pedas dan unik ini lho.

5. Pasta Kacang Merah: Durian Sukegawa

5 Rekomendasi Buku yang Judulnya Makanan, Malah Bikin Baper!Buku Pasta Kacang Merah (instagram.com/fiksigpu)

"Pasta kacang merah itu soal perasaan." (Halaman 13)

Buku Pasta Kacang Merah merupakan adaptasi dari buku Jepang dengan judul An atau Sweet Bean Paste (English version). Buku yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia ini terbit pada Oktober 2022. Pasta kacang merah sendiri merupakan bahan untuk membuat manisan Jepang. Maka penulisnya menjadikan pasta kacang merah sebagai filosofi makanan dan menjadi bagian penting dari cerita.

Buku ini mengisahkan tentang hubungan tiga orang; pedagang dorayaki, nenek yang jemarinya berbentuk aneh, dan pelajar kesepian. Mereka akan mempertanyakan kehidupan, harapan, dan takdir. Lalu mampukah mereka menghahadapi kehidupan dengan gagah?

Buku yang mengambil kisah tentang makanan memang selalu punya cerita unik dan bikin kamu ngiler. Tapi kelima buku di atas membawa kisah yang bisa kamu ambil hikmahnya lho. Nah, kamu sudah pernah baca buku yang mana nih?

sarah aisyah Photo Community Writer sarah aisyah

Books, Poem, and Blue

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya