Comscore Tracker

Sering Dilupakan, 5 Bentuk Ucapan Terima Kasih pada Diri Sendiri

Sederhana tapi sangat penting ya

Ucapan terima kasih biasanya ditujukan kepada orang lain yang telah membantu atau berjasa dalam kehidupan seseorang. Ucapan itu sebagai bentuk apresiasi, di mana bantuannya dapat mengubah situasi yang awalnya sulit menjadi lebih mudah.

Namun, terlepas dari semua itu, tak jarang justru orang-orang lupa mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri. Padahal tubuh dan raga sudah bekerja keras melewati berbagai macam kesulitan hingga akhirnya bisa sampai di titik seperti saat ini.

Sering kali dilupakan, berikut beberapa bentuk ucapan terima kasih kepada diri sendiri:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Terima kasih untuk tidak menyerah hingga bisa berkembang sampai sejauh ini

Sering Dilupakan, 5 Bentuk Ucapan Terima Kasih pada Diri Sendiriilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kehidupan yang kita jalani saat ini pastinya tidak selalu mudah ya. Ada begitu banyak hambatan yang harus dilalui untuk tetap melangkah maju ke arah yang lebih baik. Nah, sebagai bentuk apresiasi pada apa yang telah dicapai, jangan lupa berterima kasih pada diri sendiri yang sudah terus berjuang dan tidak menyerah sampai saat ini.

Kata menyerah mungkin sering terucap tanpa disadari. Namun itu hanya bagian dari kekecewaan karena kegagalan atau emosi yang ke luar secara spontanitas. Apa yang kamu capai selama ini adalah bagian dari kerja keras yang patut untuk diapresiasi sebaik mungkin, minimal berterima kasih.

2. Terima kasih sudah berjuang meraih mimpi sekalipun belum tercapai

Sering Dilupakan, 5 Bentuk Ucapan Terima Kasih pada Diri Sendiriilustrasi pria diam seorang diri (pexels.com/Yulianto Poitier)

Meraih mimpi adalah jalan bagi setiap orang untuk mencapai apa yang menjadi keinginannya, berusaha dengan keras untuk mewujudkan segala impian.

Nah jangan lupa berterima kasih pada diri sendiri karena sudah mau berjuang meraih segala mimpi, sekalipun belum tercapai. Kita tahu bahwa mengejar mimpi itu bukan hal yang mudah, perlu tekad dan mental yang kuat untuk tetap teguh pada pendirian.

3. Terima kasih sudah menjadi pribadi yang mau berkembang dan lebih baik lagi

Sering Dilupakan, 5 Bentuk Ucapan Terima Kasih pada Diri Sendiriilustrasi perempuan bekerja keras (pexels.com/John Diez)

Melakukan perkembangan dalam hidup butuh usaha yang tidak sedikit. Bahkan tak jarang kamu harus belajar hal baru dan memulainya dari nol. Setiap orang memang butuh perkembangan, bahkan untuk hal kecil sekalipun.

Jangan lupa berterima kasih pada diri sendiri karena mau memperjuangkan hal itu, menjadi pribadi yang mau berkembang dan ke arah yang lebih baik lagi. Rasa lelah pastinya akan sangat terasa, ada begitu banyak hambatan dan gangguan untuk terus bisa melangkah sampai sejauh ini.

4. Terima kasih sudah menjaga diri sendiri dengan sangat baik

Sering Dilupakan, 5 Bentuk Ucapan Terima Kasih pada Diri Sendiriilustrasi menerapkan pola hidup sehat (pexels.com/Micah Boerma)

Berusaha untuk tetap menerapkan pola hidup sehat di tengah perkembangan zaman yang serba instan bukan hal yang mudah. Ada begitu banyak godaan untuk malas berolahraga, tidak mengonsumsi makanan sehat, dan lain sebagainya.

Jika kamu bisa menjaga diri dengan sangat baik, cobalah untuk mengapresiasinya dengan sedikit ucapan Terima kasih. Kamu telah berhasil mengikuti perkembangan tanpa harus terdampak pada sisi negatif.

5. Terima kasih sudah bersabar dan mau memaafkan

Sering Dilupakan, 5 Bentuk Ucapan Terima Kasih pada Diri Sendiriilustrasi memaafkan (pexels.com/Liza Summer)

Kehidupan yang kita jalani pasti gak selamanya baik-baik saja. Selalu ada orang yang menjengkelkan atau bahkan membuat kesalahan fatal yang sebenarnya gak bisa kita maafkan. Namun, dengan kemurahan hati, kamu mampu menilai orang lain dari sudut pandang yang berbeda.

Kamu harus mulai belajar memberi ucapan Terima kasih pada diri sendiri karena mau menahan segala amarah, tingginya rasa sabar, dan juga mau memaafkan atas kesalahan orang lain. Tidak mudah untuk kontrol diri dengan baik, beri apresiasi jika kamu berhasil melakukannya.

Berterima kasih pada diri sendiri mungkin kesannya sangat sepele dan gak punya dampak yang besar. Tapi sesungguhnya sangatlah berharga dan memberi energi positif pada kesehatan mental. Itulah beberapa bentuk rasa terima kasih kepada diri sendiri. 

Andri Yanto Photo Community Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya