Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Menilai Orang dari Berbagai Perspektif

Kan gak enak ya kalau dinilai dari satu sisi aja

Baik melakukannya dengan sengaja atau tidak, kamu mungkin sering menilai orang-orang dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya hal itu memang perlu dilakukan, sebab kamu harus berhati-hati dan gak asal terlibat dengan orang-orang yang berpengaruh buruk.

Sangat penting bagimu untuk menilai seseorang dari berbagai sisi dan perpektif yang berbeda, dan berikut ini adalah beberapa alasannya. Simak ya!

Baca Juga: 5 Kalimat Tak Seharusnya Diucapkan ke Teman yang Bercerai

1. Supaya kamu gak salah dan sembarangan dalam menilai pribadinya

5 Alasan Pentingnya Menilai Orang dari Berbagai PerspektifPexels.com/Fauxels

Siapa pun yang ada di sekitarmu, gak boleh asal menilainya begitu saja tanpa mempertimbangkan berbagai sisi. Sebagaimana kamu yang pastinya gak suka kalau ada orang yang menilai dirimu sembarangan, seperti itu pula orang lain.

Makanya sangat penting untuk melihat dulu berbagai sisinya dan tidak hanya dari satu sudut pandang saja.

Baca Juga: 5 Alasan Doi Umbar Senyum Kepadamu, Jangan Baper Dulu!

2. Sebab setiap orang punya sisi baik dan buruk yang berbeda-beda

5 Alasan Pentingnya Menilai Orang dari Berbagai PerspektifPexels.com/August De Richelieu

Alasan yang kedua ialah karena setiap orang pastinya punya sisi baik dan buruk yang berbeda-beda. Justru gak bijak kalau kamu langsung menilai satu sisi buruknya saja ketika ia melakukan satu kesalahan, padahal mungkin saja ada banyak sisi baik di dirinya. Maka dari itu cobalah lebih mengenalnya pelan-pelan ya.

3. Melihatnya dari berbagai perspektif akan membuat penilaianmu lebih bijak

5 Alasan Pentingnya Menilai Orang dari Berbagai PerspektifPexels.com/Polina Zimmerman

Lalu alasannya yang ketiga ialah jika kamu menilai seseorang dengan perlahan dan melihat berbagai sisi dirinya terlebih dahulu dan tidak terpaku pada satu perspektif saja, maka kamu pun bisa lebih bijak.

Bahwa kamu tidak asal menghakiminya begitu saja, akan tetapi memang berniat mengenal dan memahami pribadinya dengan tepat.

4. Agar kamu tidak melihat dari pandangan matamu saja

5 Alasan Pentingnya Menilai Orang dari Berbagai PerspektifPexels.com/Fauxels

Jangan langsung menilai hanya dari satu perspektif, misalnya cuma dari cara pandangmu saja. Kamu harus mengenalnya dari sisi dan sudut pandang lain untuk bisa benar-benar mengetahui bagaimana pribadinya. Dengan begitu kamu tidak menilai seseorang dengan sebelah mata.

5. Agar kamu tidak asal menghakimi pribadi orang lain

5 Alasan Pentingnya Menilai Orang dari Berbagai PerspektifPexels.com/Cottonbro

Alasan yang terakhir mengapa sangat penting untuk menilai seseorang dari berbagai sisi dirinya ialah agar kamu tidak asal menghakimi pribadi orang lain. Sebenarnya kamu gak punya hak untuk asal judge.

Kamu harus paham, bahwa menyimpulkan tentang pribadi seseorang gak segampang itu, makanya perlu kehati-hatian supaya kamu tidak menilai dengan salah.

Pokoknya, kalau kamu mau menilai pribadi seseorang lihatlah dulu berbagai sisi di dalam dirinya ya. Jangan asal menarik kesimpulan dan hanya memandang dari satu perspektif saja. 

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya