Comscore Tracker

6 Kesalahan yang Membuat Ruangan Tampak Lebih Sempit

Pilihan warna juga bisa memengaruhi lho! 

Bagi yang tinggal di apartemen maupun di rumah, semuanya pasti ingin menata ruangan sebaik mungkin sehingga tampak lebih luas dan besar. Sayangnya, banyak orang justru membuat kesalahan yang menyebabkan ruangan jadi terlihat lebih kecil dan sempit.

Meskipun ruangan yang kecil juga bisa tetap terlihat nyaman dan menawan, tetapi jika kamu tidak cermat, ruangan tersebut malah bisa terlihat kacau dan sumpek.

Lalu bagaimana solusinya? Nah kamu bisa simak dulu di bawah ini ya enam kesalahan yang sering dilakukan dan menyebabkan ruangan jadi tampak lebih sempit:

Baca Juga: 11 Ide Dekorasi Ruangan dengan Gorden Putih, Multifungsi

1. Menggunakan terlalu banyak pola

6 Kesalahan yang Membuat Ruangan Tampak Lebih Sempitilustrasi ruangan berpola (architecturaldigest.com)

Terlalu banyak menggunakan pola di satu ruangan akan membuat ruangan itu terlihat kecil dan sempit. Hal yang sama juga berlaku untuk pola yang besar, keras, dan tebal.

Apabila kamu benar-benar ingin menggunakan pola yang ramai, cukup gunakan hanya pada satu dinding. Bisa juga menggantinya dengan gorden atau karpet berpola. Pastikan pola yang kamu pilih tidak mengalahkan interior yang ada ya.

2. Pencahayaan yang tidak memadai

6 Kesalahan yang Membuat Ruangan Tampak Lebih Sempitilustrasi ruangan kurang cahaya (pexels.com/Andreea Ch)

Kebanyakan orang membuat kesalahan dengan tidak memiliki cukup cahaya di dalam ruangan mereka. Ruang gelap akan terlihat lebih kecil dari yang sebenarnya karena panjang dan luas ruangan tidak terlihat dengan jelas.

Dalam mengatasinya, gunakan cahaya alami yang lewat melalui jendela besar. Namun, jika ruanganmu tidak memiliki jendela, kamu bisa mengatasinya dengan pencahayaan buatan seperti lampu langit-langit atau lampu meja. Saat cahaya mengalir ke ruangan, maka cahaya tersebut dapat membuat ilusi ruangan yang lebih luas.

3. Memilih warna ruangan yang gelap

6 Kesalahan yang Membuat Ruangan Tampak Lebih Sempitilustrasi ruangan berwarna gelap (apartmenttherapy.com)

Memaksimalkan cahaya di dalam ruangan sangatlah penting. Jika kamu menggunakan warna gelap untuk ruanganmu, maka warna tersebut dapat menyerap cahaya dan memiliki efek penutup yang akan membuat ruangan tampak lebih kecil.

Palette warna yang lebih ringan dan netral seperti putih, nude, dan beige adalah pilihan yang lebih baik. Namun, hal ini bukan berarti kamu harus melupakan warna favoritmu. Jika kamu menyukai warna gelap, kamu masih bisa menggunakannya untuk item dekorasi seperti bantal, karpet, atau bahkan dinding aksen.

4. Terlalu banyak dekorasi

6 Kesalahan yang Membuat Ruangan Tampak Lebih Sempitilustrasi memajang foto keluarga di dinding (awesomedecors.us)

Meskipun ini mungkin tampak seperti ide yang unik untuk menghidupkan ruangan, tetapi terlalu banyak dekorasi akan mempersempit tampilan ruang interior. Baik itu terlalu banyak peralatan di dapur maupun pajangan di dinding ruanganmu. 

Kamu perlu mengurangi dekorasi dengan memilih pajangan yang benar-benar layak untuk ditampilkan. Ini akan membantu ruanganmu terlihat lebih besar dan enak dipandang.  

5. Memilih penyimpanan yang kurang tepat

6 Kesalahan yang Membuat Ruangan Tampak Lebih Sempitilustrasi tempat penyimpanan (pexels.com/atbo-66986)

Menempatkan semua barang langsung di lantai atau ditumpuk satu sama lain tentu saja akan memengaruhi ukuran ruangan. Oleh karena itu, elemen kunci dalam menjaga ruang agar tetap terorganisir adalah memanfaatkan penyimpanan yang efektif.

Namun, kamu juga perlu memerhatikan jumlah penyimpanan. Mengapa? Karena terlalu banyak penyimpanan dapat membuat rumah terlihat seperti unit penyimpanan. Sementara itu, terlalu sedikit atau terlalu kecil potongan penyimpanan juga tidak akan memaksimalkan ruang. Nah, untuk menghemat ruang, kamu bisa memilih furnitur multifungsi.

6. Pengaturan furnitur dan ukuran tidak sesuai dengan ruangan

6 Kesalahan yang Membuat Ruangan Tampak Lebih Sempitilustrasi furnitur di ruang tamu (pexels.com/Vecislavas Popa)

Pemilihan dan pengaturan letak furnitur akan memberikan efek pada seberapa besar atau kecil ruanganmu terlihat. Kebanyakan orang cenderung menempatkan furnitur ke dinding untuk menciptakan lebih banyak ruang di tengah. Padahal, hal ini akan menciptakan ilusi ruangan yang kecil.

Sementara furnitur dengan ukuran terlalu besar tidak hanya terlihat aneh, tetapi juga dapat mengurangi ruang untuk furnitur esensial lainnya. Selain itu, furnitur yang berada di depan jendela juga akan mengganggu efek pencahayaan.

Ingatlah untuk mengatur posisi furnitur setidaknya dua hingga tiga inci dari dinding rumah dan furnitur lainnya. Ini akan membantu menciptakan ilusi kedalaman dan membuat ruangan terlihat besar. Berhati-hatilah saat memilih ukuran furnitur dan pastikan itu sesuai dengan ukuran ruangan mu. 

Rumah seharusnya menjadi tempat beristirahat yang nyaman bagi pemiliknya. Dengan memerhatikan dan mengoreksi kesalahan kecil di atas, kamu dapat mewujudkan ruangan yang nyaman dan tampak lebih luas. Selamat mencoba ya. 

Sharma Khan Photo Community Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya