Comscore Tracker

Sempat Diragukan, NCT Sabet Empat Penghargaan di Ajang AAA 2020

Selamat ya. #NCT world domination!

Kesuksesannya sempat diragukan, NCT (Neo City Technology), boyband besutan SM Entertainment ini mulai menunjukkan dominasinya di musik dunia. Setelah empat tahun debut dan mengeluarkan banyak unit, NCT 2020 semakin bersinar dengan title Million Seller, dan menyabet empat penghargaan sekaligus di Asia Artist Awards 2020 (AAA).

Baca Juga: Paket Komplit! 6 Alasan Album Solo Taeyong Paling Ditunggu Penggemar

1. NCT adalah boyband dengan sistem global dan limitless members

Sempat Diragukan, NCT Sabet Empat Penghargaan di Ajang AAA 2020twitter.com/NCTsmtown

Sistem NCT sebenarnya sudah dicetuskan oleh Founder SM Entertainment, Lee So Man, lebih dari satu dekade lalu, namun gagal. Setelah itu berhasil direalisasikan lewat debut unit NCT U pada tahun 2016. Banyak yang berpendapat, bahwa sistem NCT ini akan gagal karena menganut sistem member tanpa batas dan bersifat global.

Lee So Man sendiri mengeluarkan formula NCT dengan maksud untuk meluaskan pengaruh KPop ke seluruh dunia. Member di setiap negara akan direkrut dan ikut promosi di negaranya masing-masing. Sistem yang terbilang unik dan tak lazim ini buktinya mulai diterima oleh publik dengan baik. NCT mulai mengembangkan sayap dan pengaruhnya di dunia musik.

2. Total sudah ada empat unit yang terbentuk

Sempat Diragukan, NCT Sabet Empat Penghargaan di Ajang AAA 2020twitter.com/NCTsmtown

Jika ditotal, NCT kini memiliki empat unit. Yaitu:

  • NCT U (NCT United). Ini merupakan unit NCT yang pertama kali debut dengan title track "7th Sense" dan "Without You". Member NCT U tidak tetap, dan terus berganti sesuai dengan konsep yang sedang diusung 
  • NCT 127. Unit ini merupakan member tetap NCT dan melakukan promosi di Korea serta Jepang. Namun pada perkembangannya, NCT 127 juga melebarkan sayap hingga ke USA dan Asia. Adapun membernya adalah Taeil, Johnny, Taeyong (Leader), Yuta, Doyoung, Jaehyun, WinWin, Jungwoo, Mark, dan Heechan
  • NCT Dream. Ini merupakan unit yang beranggotakan para member termuda di NCT yang berusia di bawah 20 tahun. Awalnya NCT Dream menerapkan sistem graduate. Yaitu membernya bisa dinyatakan lulus dari unit ini apabila usianya sudah di atas 20 tahun. Namun SM Entertainment kemudian mencabut sistem graduate ini. Adapun membernya adalah Mark, Renjun, Jeno, Jaemin, Heechan, Chenle, dan Jisung. Pada perkembangannya, pertambahan member bisa saja terjadi
  • WayV adalah adalah unit NCT yang berbasis di Tiongkok. Tidak heran apabila enam dari tujuh anggotanya adalah member yang berasal dari China. Unit ini terdiri dari Kun, Ten, Winwin,  Lucas, Xiaojun, Hendery, dan Yangyang.

Baca Juga: Macho Abis, 10 Potret Taeyong Berambut Hitam yang Bikin Meleleh TyongF

3. Total member NCT kini beranggotakan 23 orang dan bisa saja semakin bertambah

Sempat Diragukan, NCT Sabet Empat Penghargaan di Ajang AAA 2020mobile.twitter.com/NCTsmtown

Mereka di antaranya Taeil, Johnny, Taeyong (Leader), Yuta, Doyoung, Jaehyun, WinWin, Jungwoo, Mark, Heechan, Renjun, Jeno, Jaemin, Chenle, Jisung, Kun, Ten, Lucas, Xiaojun, Hendery, Yangyang, Shotaro, dan Sungchan yang masuk NCT 2020.

4. Albumnya terjual lebih dari satu juta kopi di tahun 2020

Sempat Diragukan, NCT Sabet Empat Penghargaan di Ajang AAA 2020twitter.com/NCTsmtown_127

Di tengah pandemik COVID-19, NCT mampu mencatat penjualan album lebih dari satu juta kopi. Yaitu NCT 127 dengan album Neo Zone, dan NCT 2020 dengan album Resonance part 1. Secara keluruhan hingga Oktober 2020, NCT berhasil menjual 3,63 juta kopi album:

  • NCT - The 2nd album Resonance Pt.1: 1,21 juta kopi
  • NCT 127 - 2nd album Neo Zone: 1,47 juta kopi
  • NCT Dream - album Reload: 670 ribu kopi
  • WayV  - the regular 1st album: 280 ribu kopi.

5. Menyabet empat penghargaan sekaligus di AAA 2020

Sempat Diragukan, NCT Sabet Empat Penghargaan di Ajang AAA 2020twitter.com/Markeuww

Pada ajang AAA 2020 kemarin, NCT menyabet empat penghargaan sekaligus, yang terdiri dari:

  • NCT: Album of the Year (Daesang)
  • NCT Dream: Best Emotive Award  
  • WayV: Asia Celebrity Award
  • NCT 127: Best Artist.

Selamat ya, dan teruslah berkarya. NCT world domination!

Baca Juga: Keren Abis! 5 Bukti Comeback NCT 2020 Meraih Kesuksesan

Topic:

  • Ni Ketut Wira Sanjiwani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya