Comscore Tracker

Bisa Dicoba Nih! 5 Makanan Sehat untuk Program Diet  

Makanan mana yang jadi favorit kamu?

Memiliki badan yang ideal dan sehat memang menjadi impian semua orang. Segala cara dilakukan untuk mendapatkan bentuk yang ideal dan tentunya tubuh yang sehat, juga segar. Bagaimana caranya? Ya, dengan cara diet.

Diet adalah satu dari beberapa metode untuk menurunkan berat badan. Nah berikut 5 makanan sehat yang bagus dikonsumsi saat diet:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Dada Ayam 

Bisa Dicoba Nih! 5 Makanan Sehat untuk Program Diet  dada ayam (pixabay.com/kakyusei)

Dada ayam merupakan makanan tinggi protein yang baik untuk program diet. Dada ayam sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet karena mengandung 80 persen protein dan 20 persen lemak. Selain itu ayam juga merupakan sumber niasin, vitamin B6, selenium, dan fosfor yang baik.

Untuk mendapatkan manfaat dari dada ayam tersebut, harus diperhatikan cara pengolahannya agar bisa mendapatkan manfaat secara maksimal. Hindari pengolahan dengan cara digoreng.

Dada ayam memiliki manfaat untuk meningkatkan massa otot, memperkuat tulang, membantu menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan metabolisme dalam tubuh, dan membantu menghilangkan stres.

2. Ikan Tuna  

Bisa Dicoba Nih! 5 Makanan Sehat untuk Program Diet  ilustrasi ikan tuna (frozentunafish.com)

Ikan tuna adalah ikan laut yang memiliki segudang manfaat. Ikan tuna ini mengandung omega 3, vitamin B, B12 dan A, selenium, magnesium, kalium, tiamin, dan tembaga.

Ikan tuna dapat membantu penurunan berat badan karena memiliki kandungan protein yang tinggi, menyehatkan organ dalam tubuh, dan meningkatkan kualitas tidur karena mengandung omega 3 dan vitamin D

 3. Brokoli

Bisa Dicoba Nih! 5 Makanan Sehat untuk Program Diet  brokoli (Pexels.com/Pixabay)

Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat, satu di antaranya bagus untuk menurunkan berat badan karena sangat rendah kalori dan kaya akan mineral. Sayuran ini biasa digunakan untuk diolah menjadi hidangan atau masakan keluarga. Adapun beberapa mineral yang akan didapatkan dengan mengonsumsi brokoli antara lain Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, beta karoten, zat besi, asam folat, kalsium, protein, karbohidrat, kalium, dan lain lain.

Brokoli mengandung serat dan mikronutrien lainnya yang mendukung penurunan berat badan. Sedangkan fitokimia dalam brokoli berpotensi untuk memecah lemak. Sayuran ini bisa untuk membantu mencegah depresi, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, meningkatkan fungsi sel, melancarkan saluran pencernaan, dan membakar lemak jenuh dalam tubuh.

4. Kentang  

Bisa Dicoba Nih! 5 Makanan Sehat untuk Program Diet  ilustrasi kentang (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Kentang merupakan makanan umbi-umbian yang memiliki kulit cokelat dan biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Dalam kentang terkandung kalium yang bahkan lebih tinggi dari pisang, vitamin C, vitamin B6, zat besi, kalsium, dan lainnya.

Kentang juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kentang dapat membuat kenyang lebih lama sehingga bisa mengontrol nafsu makan. Proteinase inhibitor dalam kentang dapat menekan nafsu makan. Selain itu, kandungan serat dalam kentang juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Oats  

Bisa Dicoba Nih! 5 Makanan Sehat untuk Program Diet  ilustrasi oat (freepik.com/stockking)

Berikutnya, makanan sehat untuk diet adalah oats. Biasanya oats dikonsumsi dengan cara mentah atau matang dan ditambah beberapa topping buah dan yogurt. Oats (Avena sativa) diklaim sebagai satu di antara biji-bijian tersehat di dunia yang bebas gluten dan memiliki sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang tinggi.

Manfaat oatmeal tak lepas dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Dalam setengah cangkir (78 gram) oat kering, mengandung sekitar 300 kalori dan beragam nutrisi penting.
Selain itu, oats mengandung kalsium, kalium, vitamin B6, dan vitamin B3.

Oats juga diperkaya dengan bahan kimia nabati, seperti fenol, dan antioksidan unik yang hanya ditemukan dalam oat, yaitu avenanthramides dan fitoestrogen. Antioksidan tersebut berfungsi untuk mengurangi efek peradangan dan mencegah risiko berbagai penyakit kronis. Selain untuk menurunkan berat badan, oats juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, mengontrol gula dalam darah, dan menjaga pencernaan.

Khalimatus Sa'diyyah Photo Community Writer Khalimatus Sa'diyyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya