Comscore Tracker

Fakta Menarik Paus Bryde, Pernah Terlihat di Bali

Sudah ada yang pernah melihatnya?

Badung, IDN Times – Belum lama ini masyarakat Bali digegerkan dengan penemuan bangkai Paus Bryde di Pantai Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, tepatnya pada Kamis (19/1/2023), pukul 06.00 Wita.

Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Permana Yudiarso, menyebutkan bahwa dari ukuran tubuhnya, diduga itu adalah bangkai Paus Bryde yang belum dewasa atau usianya masih di bawah 20 tahun.

Diungkapkan bahwa Bali memiliki habitat mamalia laut ini, yakni di selatan Perairan Jembrana hingga Kabupaten Tabanan. Paus ini juga pernah terlihat di perairan utara Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Berikut fakta-fakta menarik Paus Bryde:

Baca Juga: Bangkai Anak Paus Bryde Terdampar di Pantai Munggu Bali

1. Paus Bryde memiliki ukuran tubuh yang cenderung kecil dan suka perairan tropis

Fakta Menarik Paus Bryde, Pernah Terlihat di Baliuk.whales.org

Paus Bryde memiliki ukuran tubuh yang cenderung kecil, dengan berat tidak lebih dari 25 ton. Saat lahir tingginya 3,95-4,15 meter. Warna di bagian punggungnya abu-abu gelap, dan putih di bagian perutnya. Paus ini memiliki sirip punggung berbentuk sabit dengan tinggi mencapai 46,25 meter. Mamalia laut ini menyukai perairan tropis dan hangat.

2. Paus Bryde memiliki masa kehamilan 12 bulan

Fakta Menarik Paus Bryde, Pernah Terlihat di BaliUnsplash.com/Richard Sagredo

Kematangan seksual jantan pada ukuran 11,9 meter, dan betina 12 meter. Mamalia ini berkembangbiak sepanjang tahun, dengan puncak resproduksi pada musim gugur. Masa kehamilannya mencapai 12 bulan. Anak Paus Bryde akan mencapai dewasa pada usia 8 sampai 13 tahun.

3. Paus Bryde tidak memiliki gigi, sering muncul sendiri

Fakta Menarik Paus Bryde, Pernah Terlihat di Balipexels.com/Elianne Dipp

Paus Bryde tidak memiliki gigi tetapi memiliki dua baris pelat balin. Makanannya berupa ikan, planktonic crustaceans, dan cephalopods. Memiliki lubang sembur kembar dengan splashguard rendah ke depan. Paus Bryde kadang meniup atau mengembuskan napas saat berada di bawah air. Puas ini sering muncul secara individu atau berpasangan.

4. Bisa menyelam sampai kedalaman 292 meter

Fakta Menarik Paus Bryde, Pernah Terlihat di BaliUnsplash/Rémi Boudousquié

Paus Bryde mampu mencapai kedalaman hingga 292 meter atau 958 kaki. Paus Bryde biasanya berenang dengan kecepatan 1,6–6,4 kilometer per jam (1–4 mph). Tetapi kecepatannya juga bisa mencapai 19–24 kilometer per jam (12–15 mph).

Paus ini juga bersuara dalam frekuensi rendah yang kuat dan singkat menyerupai erangan manusia. Secara teratur, setelah 4-7 kali melayang, Paus Bryde akan menyelam sekitar 5 hingga 15 menit, dan maksimal 20 menit.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya