Comscore Tracker

[BREAKING] Daftar Nama Tokoh Sementara yang Menemui Presiden Jokowi

Apakah mereka dipastikan jadi Menteri?

Denpasar, IDN Times - Satu hari pascapelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024, Joko Widodo disebut langsung mengumumkan nama-nama Menteri Kabinet Kerja Jilid II, Senin (21/10). Namun dari pantauan IDN Times melalui siaran langsung Kompas TV, sejumlah tokoh atau publik figur datang ke Istana Merdeka di Jakarta. Berikut ini daftar nama sementara para tokoh yang dipanggil dan telah bertemu Jokowi sampai sore. Belum bisa dipastikan secara jelas jika tokoh-tokoh di bawah ini merupakan calon Menteri Kabinet Kerja periode 2019-2024 atau ada posisi lainnya. Karena hampir semua tokoh ketika diwawancara, menjawab secara kompak kalau pengumuman dan posisi menteri adalah hak prerogatif Presiden:

  1. Mahfud MD: Ketua Mahkamah Konsitusi (MK) periode 2008-2013
  2. Nadiem Makarim: Pendiri startup Gojek
  3. Wishnutama Kusubandio: pendiri dan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi, sekaligus mantan Tim Sukses Jokowi-Ma'ruf
  4. Erick Thohir: Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Mantan Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin
  5. Jenderal Tito Karnavian: Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri)
  6. Airlangga Hartarto: Mantan Menteri Perindustrian 2016-2019, Ketua Umum Partai Golkar
  7. Fadjroel Rachman: Komisaris Utama PT Adhi Karya Tbk
  8. Prabowo Subianto: Ketua Umum Partai Gerindra.

Rencananya, Presiden Jokowi akan mengumumkan seluruh menteri-menteri pukul 07.00 Wib, hari Rabu (23/10). Hal ini diungkapkan oleh Mantan Ketua MK, Mahfud MD. Ia diminta untuk kembali datang ke Istana oleh Presiden Jokowi pada pukul 07.00 Wib. "Hari Rabu (23/10) jam 7 diundang ke sini. Diperkenalkan semua. Jam 9 itu penyerahan SK (Surat Keputusan). Sesudah itu pelantikan," ujarnya, dilansir dari siaran langsung Kompas TV, Senin (21/10).

Bupati Minahasa Selatan periode 2010-2015, Christiany Eugenia Paruntu atau akrab disapa Tetty Paruntu, tadinya mendatangi Istana setelah Mahfud MD. Namun ia disebut tidak bertemu Presiden. Ia hanya menemui Airlangga Hartarto. Hal ini diungkapkan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin. Kata Machmudin, tokoh-tokoh yang keluar dari Istana dan memberikan keterangan pers merupakan calon menteri.

Tak hanya Tetty. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2014-2019 Pratikno, dan Ketua Populi Center Nico Haryanto juga datang bersamaan dengan Fadjroel. Namun mereka tidak terlihat memberikan keterangan pers. Begitu pula Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo tidak terlihat memberikan keterangan pers. Ia hanya mendampingi Prabowo yang memberikan pernyataan di hadapan pers.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya