Comscore Tracker

Tangkal Virus Corona, Puskesmas di Nusa Penida Sediakan Masker N95

Semoga virus corona tidak masuk ke Bali ya

Klungkung, IDN Times - Puskesmas di seluruh Nusa Penida mulai disiagakan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona asal Wuhan, Tiongkok. Hal ini karena turis Tiongkok selalu mendominasi kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi di Nusa Penida.

1. Tiga puskesmas diinstruksikan untuk siaga virus corona

Tangkal Virus Corona, Puskesmas di Nusa Penida Sediakan Masker N95Dok.IDN Times/Istimewa

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Klungkung, I Wayan Kariana, menjelaskan pihaknya sudah mengintruksikan tiga puskesmas di Nusa Penida untuk siaga virus corona.

"Nusa Penida selalu didominasi Wisman Tiongkok, maka kami perlu siaga. Walaupun saat ini belum ada kasus positif corona sampai di Indonesia," ungkap Kariana, Senin (27/1).

Ia mengatakan, proteksi terhadap wisatawan yang datang ke Bali juga sudah dilakukan di Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan thermal scanner.

Baca Juga: Antisipasi Corona, Dinkes Bali Sediakan Stok Tamiflu

2. Pengadaan masker N95 yang dinilai efektif untuk menangkal virus corona

Tangkal Virus Corona, Puskesmas di Nusa Penida Sediakan Masker N95honestdocs.id

Kesiagaan dilakukan dengan menyediakan masker N95 yang saat ini dianggap efektif menangkal virus corona. Tenaga medis, protap perawatan, dan skenario rujukan pun telah disiapkan jika ditemukan wisatawan dengan gejala suspect virus corona seperti demam disertai sesak napas.

"Masker N95 stoknya sudak kami stok di seluruh Puskesmas di Nusa Penida, yakni Puskesmas Nusa Penida I, Nusa Penida II, dan Nusa Penida III. Ketersediaannya aman, karena di-backup gudang farmasi," ungkapnya.

3. Virus corona tidak berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan Tiongkok ke Nusa Penida

Tangkal Virus Corona, Puskesmas di Nusa Penida Sediakan Masker N95IDN Times/Wayan Antara

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Klungkung, I Nengah Sukasta, ketika dikonfirmasi mengungkapkan virus corona yang mewabah di Tiongkok belum berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke Nusa Penida. Bahkan dari pengamatannya, wisatawan Tiongkok masih mendominasi.

"Kami sifatnya hanya memantau. Jika ada wisatawan yang sakit, apalagi mengarah ke gejala corona, kami langsung lapor ke Dinas Kesehatan," ungkapnya.

Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, untuk sama-sama mengantisipasi penyebaran virus corona.

Baca Juga: Waspada! Corona Virus Penyebab Pneumonia Berat Ditularkan Lewat Ikan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya