Daftar Puskesmas di Klungkung yang Melayani Vaksinasi Gratis

Tiga SMP negeri di Klungkung juga menggelar vaksinasi

Klungkung, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Klungkung semakin gencar melakukan berbagai aktivitas untuk mencegah penyebaran COVID-19. Mulai dari edukasi protokol kesehatan (Prokes), penyekatan serta rapid test antigen secara acak, hingga melakukan vaksinasi gratis di sejumlah wilayah.

Baca Juga: Daftar Puskesmas di Tabanan yang Membuka Layanan Vaksinasi

1. Penyekatan di Pos Goa Lawah, 12 pelaku perjalanan diminta putar balik

Daftar Puskesmas di Klungkung yang Melayani Vaksinasi GratisDok.IDN Times/Satgas COVID-19 Klungkung

Satgas COVID-19 Klungkung melakukan penyekatan di ruas Jalan Raya Goa Lawah, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, pada Selasa (6/7/2021).

Kapolres Klungkung, AKBP Made Dhanuardana, menjelaskan penyekatan ini bagian dari pendisiplinan masyarakat terhadap prokes selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Beberapa kendaraan yang melintas dihentikan ketika melintasi Pos Goa Lawah. Para pengendara juga diminta menunjukkan bukti vaksinasi. Selain itu, petugas Dinas Kesehatan juga dilibatkan untuk melakukan rapid test antigen secara acak kepada pengendara.

"Ada 38 pelaku perjalanan yang dilakukan tes rapid antigen. Hasilnya, dua di antaranya reaktif. Mereka kami minta untuk putar balik, dan menjalani karantina mandiri di rumah asalnya," ujar Dhanuardana.

Ada 12 pelaku perjalanan yang diminta putar arah. Alasannya karena ada yang reaktif setelah menjalani rapid test antigen secara acak, dan ada pula yang tidak mampu menunjukkan bukti vaksinasi sebagai persyaratan memasuki wilayah Bali. Bahkan ada yang diminta putar balik karena tidak memakai masker.

"Padahal edukasi penerapan prokes sudah sering dilakukan, dan masih saja ada masyarakat yang abai," katanya.

2. Tiga SMP negeri di Klungkung menggelar vaksinasi gratis untuk anak-anak

Daftar Puskesmas di Klungkung yang Melayani Vaksinasi GratisDok.IDN Times/Satgas Covid-19 Klungkung

Vaksinasi tetap dilaksanakan meskipun ada PPKM Darurat di Kabupaten Klungkung. Seperti pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Polres Klungkung, Selasa (6/7/2021).

“Vaksinasi COVID-19 ini digelar bekerja sama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Klungkung dan Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung. Langkah ini merupakan untuk membantu pemerintah sebagai upaya mempercepat vaksinasi COVID-19 di masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Klungkung,” jelas Dhanuardana.

Sementara vaksinasi anak-anak berusia 12 sampai 17 tahun digelar di SMP N 1 Banjarangkan, SMP N 1 Semarapura, dan SMP N 2 Semarapura.

"Bagi siswa informal, untuk vaksinasi anak bisa menghubungi kadus di desanya. Nanti akan difasilitasi untuk mendapatkan vaksin," ujar Ketua Satgas COVID-19 Klungkung, I Nyoman Suwirta.

Sementara bagi masyarakat yang berada di Klungkung dan sekitarnya, dapat menghubungi Call Centre Dinas Kesehatan Klungkung (0366) 21150 untuk mendapatkan akses vaksinasi dan karantina.

Berikut ini daftar puskesmas yang melayani vaksinasi reguler di Kabupaten Klungkung secara gratis:

Kecamatan Klungkung

  • Puskesmas Klungkung 1
  • Puskesmas Klungkung 2

Kecamatan Banjarangkan

  • Pusmesmas Banjarangkan 1
  • Puskesmas Banjarangkan 2

Kecamatan Dawan

  • Puskesmas Banjarangkan 1
  • Puskesmas Banjarangkan 2

Kecamatan Nusa Penida

  • Puskesmas Nusa Penida 1
  • Puskesmas Nusa Penida 2
  • Puskesmas Nusa Penida 3.

3. Jadikan prokes sebagai kebiasaan

Daftar Puskesmas di Klungkung yang Melayani Vaksinasi GratisDok.IDN Times/Satgas COVID-19 Klungkung

Satgas Covid-19 yang terdiri dari unsur pemerintah daerah (Pemda), polisi, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tetap aktif memberikan edukasi prokes agar penerapannya menjadi kebiasaan di tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Satgas COVID-19 dalam operasi yustisi pendisiplinan prokses di Pasar Umum Galiran, Kabupaten Klungkung, Senin (5/7/2021) malam.

Petugas gabungan pada saat itu tidak hanya melakukan sidak ketaatan masyarakat dalam mengenakan masker saja, tetapi juga edukasi prokes lainnya seperti rajin mencuci tangan, dan selalu berupaya untuk mengurangi kerumunan.

Sasarannya yaitu semua pengunjung di Pasar Umum Galiran, yang aktivitasnya selalu ramai dan pemantauan terkait prokes sulit dilakukan.

“Operasi yustisi pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan ini dilakukan agar masyarakat benar-benar disiplin mematuhi protokol kesehatan. Ini terus kami ingatkan ke masyarakat agar menjadi suatu kebiasaan," ungkap Kabag Ren Polres Klungkung, Kompol I Ketut Maret.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya