Ray Misno Mantan Ketua KPU Denpasar Meninggal Dunia

Diduga meninggal karena serangan jantung

Tabanan, IDN Times - Made Gede Ray Misno (53) meninggal dunia pada Hari Raya Kuningan, Sabtu (12/8/2023). Kabar meninggalnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Denpasar dua periode, 2003-2008 dan 2008-2013, ini tentu mengejutkan banyak pihak termasuk keluarga dan kolega. Sebab selama ini, almarhum memiliki kesehatan yang baik dan tidak mengidap penyakit apa pun.

Ditemui di rumah duka, Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, kakak kandung almarhum, Ni Luh Putu Sri Widhiastuty (54), menceritakan bagaimana pertemuan dirinya sebelum Ray Misno menghembuskan napas terakhir.

1. Sempat merasa "nyele ati" atau tidak nyaman di dadanya

Ray Misno Mantan Ketua KPU Denpasar Meninggal DuniaAdik almarhum Made Gede Ray Misno (53) di Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Ray Misno tiba di rumah Banjar Sanggulan dari Kota Denpasar, pada Jumat (11/8/2023) sekitar pukul 19.00 Wita. Tidak ada hal tingkah laku yang memperlihatkan almarhum sakit kala itu. Semua berjalan seperti biasa.

"Datang jam 19.00 Wita dan mengeluh jalanan macet. Setelahnya ia makan malam. Sempat menasihati saya agar jangan makan daging babi sering-sering, karena katanya kita sudah tua. Saat itu menunya ayam garang asam," ujar Sri.

Setelah makan, temannya Ray Misno bertandang ke rumah dan mengobrol sampai pukul 21.00 Wita. Keesokan harinya, ia bangun sekitar pukul 05.30 Wita dan mengambil air hangat beserta kopi yang sudah disiapkan. Ia sempat menyeruput air hangat, lalu kembali ke dalam kamarnya sambil membawa kopi. Namun belum sempat meminum kopinya, dari dalam kamar Ray Misno mengeluh "nyele ati" atau dadanya tidak nyaman.

"Karena dia bilang begitu, istrinya mengajaknya ke dokter dan diiyakan," tutur Sri.

Setelah itu Ray Misno mengeluhkan napasnya sesak, dan memilih rebahan di tempat tidur. Melihat hal ini, seluruh anggota keluarga segera membopongnya ke mobil untuk dilarikan kembali ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan.

2. Sempat mendapatkan tindakan pacu jantung

Ray Misno Mantan Ketua KPU Denpasar Meninggal Duniailustrasi alat pacu jantung (IDN Times/NRF)

Sri pada saat itu tidak ikut ke dalam mobil yang mengantarkan adiknya ke RSUD Tabanan. Ia menyusul naik kendaraan lain. Sesampai di RSUD Tabanan, ia melihat adiknya mendapatkan pertolongan berupa pacu jantung selama sekitar 20 menit. Namun tindakan pertolongan itu tidak bisa menyelamatkannya. Ray Misno dinyatakan meninggal pukul 06.30 Wita.

"Sebenarnya saya sudah merasakan kaki adik saya dingin ketika ikut membopongnya ke dalam mobil. Tetapi dinyatakan meninggal di RSUD Tabanan," kata Sri.

Meninggalnya Ray Misno sontak membuat seluruh keluarga terpukul, karena tidak pernah menyangka hal itu terjadi. Terlebih Ray Misno diketahui tidak memiliki riwayat sakit apa pun.

"Adik saya sehat. Bahkan sewaktu general checkup untuk syarat mendaftar menjadi calon legislatif lewat Partai Gerindra beberapa waktu lalu di RSUD Wangaya, hasilnya baik. Jadi tidak ada yang menyangka bisa seperti ini. Dari pihak RSUD Tabanan, katanya adik saya terkena serangan jantung," jelas Sri.

3. Jenazah sementara disemayamkan di rumah duka sambil menunggu hari baik

Ray Misno Mantan Ketua KPU Denpasar Meninggal DuniaSuasana rumah almarhum Made Gede Ray Misno (53) di Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Ketika IDN Times berkunjung ke rumah duka pada pukul 11.00 Wita, Sabtu (12/8/2023), jenazah Ray Misno masih ada di RSUD Tabanan. Menurut Sri, karena meninggalnya di Hari Raya Kuningan, jenazahnya tidak bisa langsung dibawa pulang.

"Nanti jam 16.00 Wita baru bisa dibawa pulang," sebut Sri.

Pihak keluarga masih menunggu hari baik, yaitu tanggal 18 Agustus 2023 mendatang. Tanggal itu akan dirembuk lagi mengenai runutan upacara yang akan dilaksanakan.

"Sambil menunggu adik saya yang paling bungsu juga. Rencananya Selasa (14/8/2023) datang dari Amerika," terangnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya