Mega Minta Menteri Terbanyak, Puan: Lebih dari 10 Kursi

Ia sebut wajar karena PDIP meraih suara terbanyak

Denpasar, IDN Times - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan kepada Presiden terpilih Joko Widodo agar diberi jumlah kursi menteri terbanyak. Terkait hal tersebut, mantan Ketua DPP PDIP Puan Maharani partainya akan mendapat lebih dari 10 menteri.

1. Dapat lebih dari 10 kursi

Mega Minta Menteri Terbanyak, Puan: Lebih dari 10 KursiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Puan mengatakan, PDIP akan mendapatkan lebih dari 10 menteri dalam kabinet Joko Widodo mendatang. Namun ia enggan membocorkan siapa saja nama-nama calon menteri tersebut. Adapun nama-namanya juga sudah dikantongi oleh Ketua Umum.

"Nama-nama sudah ada dong dan banyak. Nanti saja lihat. Nama sudah ada di kantong Ketum. Kita bahas tertutup tapi Oktober nanti," kata Puan di Inna Bali Beach, Jumat (9/8).

2. Puan sebut jatah menteri bagi PDIP wajar

Mega Minta Menteri Terbanyak, Puan: Lebih dari 10 KursiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Puan juga mengatakan soal banyaknya jatah menteri untuk PDIP merupakan hal yang wajar. Musababnya, PDIP menjadi pemenang dalam Pilihan Legislatif 2019.

"Lebih dari 10 kan kemarin presiden bilang bahwa PDIP akan dapat posisi lebih banyak karena memang suaranya lebih banyak," katanya.

"Ya mau membantu pemerintahan dalam mensejagterakan rakyat. Kita harus masuk dalam kabinetnya. Kita tak bisa di luar teriak-teriak," katanya.

3. Bukan soal bagi-bagi

Mega Minta Menteri Terbanyak, Puan: Lebih dari 10 KursiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Puan melanjutkan, terkait menteri Ini bukan perkara bagi-bagi jatah. Namun, bagian dari reward bahwa PDIP meraih suara terbanyak dalam Pileg 2019.

"Ini maslahnya bukan bagi-bagi atau jatah. Sebagai partai yang ikut dalam konstelasi pemilu tujuan kita bagaimana kita mendapat kepercayaan rakyat untuk bisa dapat kursi dan suara. Kita punya suara dan yang lain tak punya ya sewajarnya yang mempunyai suara lebih diperhatikan dari yang tidak mendapat suara," katanya.

Baca Juga: Pada Jokowi, Megawati Minta Jatah Menteri Terbanyak

4. Mega terang-terangan minta jarah kursi

Mega Minta Menteri Terbanyak, Puan: Lebih dari 10 KursiIDN Times/Margith Juita Damanik

Sebelumnya dalam pidato pembukaan Kongres PDIP, Megawati secara terang-terangan meminta jatah kursi lebih banyak kepada Joko Widodo. 

"Saya meminta dengan hormat bahwa PDIP akan masuk dalam kabjnet dengan jumlah menteri harus terbanyak," kata Mega, Kamis (8/8) siang.

Baca Juga: [BREAKING] Megawati Kembali Dikukuhkan sebagai Ketua Umum PDIP

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You