Comscore Tracker

7 Cara Evaluasi Diri Agar Bangkit dari Kegagalan

Jadikan keadaan sulit sebagai semangat meraih kesuksesan

Mengalami kegagalan sebelum akhirnya mencapai kesuksesan adalah hal yang biasa, karena hampir semua orang pernah mengalaminya. Terpenting adalah bagaimana kamu bisa menyikapi kegagalan tersebut dalam arti yang positif. Jika tidak, maka kamu akan semakin terpuruk karena terus memikirkan kegagalan yang menimpamu. Semakin kamu tidak melihatnya dalam sisi positif, maka kamu semakin jatuh dalam keputusasaan.

Oleh karena itu, jadikan saja kegagalan sebagai pengalaman di dalam hidupmu. Buang pikiran negatif agar kamu bisa terus menyemangati diri untuk bisa bangkit kembali. Memang tidak mudah melakukannya, tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Karena kamulah yang memegang kendali hidupmu. 

Kamu bisa memilih, apakah mau terus terpuruk karena kegagalan yang terjadi atau tidak? Jika kamu ingin bangkit kembali, maka kamu bisa menjadikan kegagalan tersebut sebagai motivasi diri untuk kesuksesan di masa depan.

Maka lakukanlah evaluasi diri agar kamu bisa bangkit lagi setelah jatuh, kamu bisa belajar dari kegagalan yang pernah menimpamu sebelumnya. Nah kamu bisa melakukan evaluasi diri dengan tujuh cara di bawah ini. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Depresi, Jangan Sampai Semakin Parah Ya!

1. Ingatlah kesalahan yang selama ini kamu lakukan

7 Cara Evaluasi Diri Agar Bangkit dari Kegagalanpexels.com/cottonbro

Tidak perlu menyangkal kegagalan yang sudah terjadi. Lebih baik kamu menerimanya dengan lapang dada. Kemudian akuilah kesalahan apa yang akhirnya membuatmu gagal. Dengan begitu kamu bisa bangkit dari keterpurukan dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Karena jika bukan kamu sendiri yang menyelamatkan dirimu, lalu siapa lagi?

Jadi, daripada kamu buang waktumu untuk terus bersedih, lebih baik kamu persiapkan dirimu untuk memulainya lagi. Jangan takut atau berpikir nanti kamu gagal lagi. Justru dari kegagalanmu sebelumnya, kamu bisa belajar agar tidak lagi melakukan hal yang sama. Tidak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan akan semakin membantumu di langkah selanjutnya. 

2. Analisa kekurangan dan kelemahan kamu

7 Cara Evaluasi Diri Agar Bangkit dari Kegagalanpexels.com/William Fortunato

Coba kamu renungkan kembali, apa saja yang kurang sehingga kamu bisa gagal. Selain itu, apa kelemahan kamu sehingga akhirnya kamu gagal. Setelah mengetahuinya, jangan salahkan dirimu sendiri saat mengingat kembali kegagalan tersebut ya.

Namun catat dan ingatlah kekurangan dan kelemahan tersebut agar kamu bisa memperbaikinya. Ubah kekurangan dan kelemahan tersebut menjadi kekuatanmu. Anggap saja itu sebagai upayamu untuk memperbaiki diri. Jadi, dengan melakukan analisa perihal kekurangan dan kelemahan, akan menjadi pembelajaran untuk kamu ke depannya. 

3. Tidak perlu malu karena gagal karena itu hanya akan membuatmu menjadi pribadi yang minder

7 Cara Evaluasi Diri Agar Bangkit dari Kegagalanpexels.com/Keira Burton

Saat kamu berada di posisi paling bawah karena kegagalan, tentu perasaan malu akan mulai muncul. Apalagi saat orang di sekitar membicarakannya dan kamu mendengarnya. Belajarlah untuk tidak peduli akan pandangan negatif orang lain karena jika kamu terus memikirkannya, kamu akan semakin minder.

Langkah yang paling penting untuk bangkit kembali setelah mengalami kegagalan adalah tidak mudah untuk merasa malu. Percayalah, hampir semua orang pasti pernah merasakan jatuh akibat gagal. Jadi, jangan sampai rasa malumu malah menghambatmu, hingga akhirnya kamu sulit untuk survive kembali.

4. Istirahatkan sejenak dirimu dari rutinitas sehari-hari

7 Cara Evaluasi Diri Agar Bangkit dari Kegagalanpexels.com/Andrea Piacquadio

Jangan memaksakan diri untuk langsung mencoba lagi setelah mengalami kegagalan. Istirahatkan sejenak dirimu agar lelah dan stres yang kamu alami akibat kegagalan sebelumnya segera menghilang. Karena kadang rutinitas sehari-hari bisa membuat fisik dan batin justru semakin menjadi lelah.

Jadi, cobalah beristirahat agar kamu bisa membangkitkan kembali perasaanmu yang down akibat kegagalan sebelumnya. Jangan selalu merenung dan melakukan instropeksi diri secara berlebihan. Saat istirahat, kamu bisa mulai memotivasi kembali dirimu. Kemudian bangkitlah kembali untuk dapat melanjutkan hidup dan mencoba lagi meraih kesuksesanmu.

5. Jangan biarkan diri tenggelam dalam ketakutan untuk mencoba lagi

7 Cara Evaluasi Diri Agar Bangkit dari Kegagalanpexels.com/Bran Sodre

Merasa putus asa setelah jatuh akibat kegagalan adalah hal yang wajar. Tapi bukan berarti kamu bisa berlama-lama meratapinya, karena itu tidak akan mengubah keadaanmu menjadi lebih baik. Selalu merenungkan hal tersebut malah bisa membuatmu menjadi malas dan takut mencoba lagi.

Buang pikiran negatifmu yang merasa akan gagal lagi jika memulainya. Bagaimana kamu bisa memulainya lagi jika kamu membiarkan rasa malas dan takut mencoba terus bersarang di pikiranmu? Jadi, agar kamu tidak lama-lama merasa terpuruk, lebih baik kamu segera bangkit dan membuang rasa putus asamu. Jangan biarkan dirimu menjadi orang yang malas dan takut melakukan apa-apa untuk ke depannya.

6. Ikut berkumpul dengan orang-orang yang memberi pengaruh positif

7 Cara Evaluasi Diri Agar Bangkit dari Kegagalanpexels.com/Gustavo Fring

Jangan banyak mengurung diri setelah mengalami kegagalan. Lebih baik kamu ikut berkumpul dengan orang-orang yang memberimu pengaruh positif. Mereka yang mendukungmu akan memotivasimu agar terus maju dan mengingatkan untuk tidak terlalu jatuh dalam kesedihan. Mereka mendukungmu untuk bisa bangkit lagi meraih impianmu.

Jangan ragu untuk bertukar pikiran dengan orang-orang yang positif. Kamu bisa mendapatkan wawasan dan ilmu baru saat saling bertukar pendapat. Berada di sekitar orang yang memiliki pikiran positif akan menularkan energi positif juga kepadamu sehingga kamu terpacu untuk bisa melangkah maju lagi. 

7. Pelan-pelan susunlah rencana untuk melangkah lagi

7 Cara Evaluasi Diri Agar Bangkit dari Kegagalanpexels.com/Mikhail Nilov

Jangan langsung memulai lagi tanpa adanya persiapan ya. Lebih baik sambil menunggu kamu pulih dari kegagalan sebelumnya, kamu bisa membuat rencana dulu, yaitu mengenai langkahmu ke depan. Lakukan secara perlahan, jangan memaksakan diri sehingga kamu bisa menganalisa dengan baik langkah selanjutnya.

Percayalah selama kamu memiliki niat yang baik dan dilakukan dengan usaha yang maksimal, maka langkahmu selanjutnya juga bisa berjalan dengan lancar. Jadi, jangan cemas atau merasa rencana ini akan gagal seperti sebelumnya. Buang pikiran-pikiran negatif yang bisa membuatmu ragu untuk memulainya kembali.

Semua orang pasti pernah berada di posisimu, jatuh akibat kegagalan. Ingatlah bahwa kegagalan adalah bagian dari proses dan perjalanan menuju kesuksesan. Hal terpenting adalah kamu berusaha bangkit kembali dengan mencoba melakukan tujuh evalusi diri di atas. Selamat mencoba dan tetap semangat ya. 

Shella Rafika Sari Photo Community Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya