Comscore Tracker

Video Eksperimen: Lebih Tahu Makanan Favorit Pacar atau Ibumu?

#AkuPerempuan Video ini pukulan telak buat kita :(

Timeline media sosial kamu pasti dibanjiri foto-foto temanmu bersama ibu, ucapan "Selamat hari Ibu" dan lainnya, kan? Ya, karena hari ini merupakan Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember. Banyak cara orang Indonesia untuk merayakan momen ini.

Namun sebelum ikut-ikutan mengunggah foto bersama ibu, apakah kamu tahu bagaimana awal mula tanggal 22 Desember ini diperingati sebagai Hari Ibu? Dan sudah sejauh apa kamu mengenal sosok ibumu?

1. Tanggal 22 Desember dipilih sebagai Hari Ibu karena bertepatan dengan diadakannya Kongres Perempuan Indonesia

Video Eksperimen: Lebih Tahu Makanan Favorit Pacar atau Ibumu?ipsnews.net

Hari Ibu pertama kali diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1959. Ketetapan ini terlampir pada Dekrit Presiden Republik Indonesia Nomor 316 tahun 1959. Tanggal 22 Desember dipilih sebagai Hari Ibu karena tanggal tersebut bertepatan dengan pertama kalinya Kongres Perempuan Indonesia diadakan.

Kongres Perempuan Indonesia diadakan pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Peristiwa ini dikenal sebagai awal mula perjuangan kaum perempuan di Indonesia. Pada saat itu, berbagai pemimpin dari organisasi perempuan berkumpul untuk bersatu dan berjuang demi perbaikan nasib kaum perempuan.

Baca Juga: Peduli Produk Lokal, Selly Rai Mantra Terima Endorse Gratis Untuk UMKM

2. Mengasuh anak di era digital menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu

Video Eksperimen: Lebih Tahu Makanan Favorit Pacar atau Ibumu?Unsplash/Alexander Dummer

Berbeda ddari ngan zaman dahulu, mengasuh anak di era digital seperti saat ini penuh dengan tantangan. Terutama bagi orangtua yang gak memahami lingkungan digital. Hal ini menimbulkan terjadinya kesenjangan antara orangtua dan anak.

Menurut penelitian Michaela B Wooldridge dan Jennifer D Shapka dari University of British Columbia, interaksi antara orangtua dan anak, khususnya ibu dalam hal responsivitas, dukungan, dan pengajaran lebih rendah ketika seorang anak bermain gadget ketimbang anak yang bermain dengan permainan non elektronik.

Gak heran jika beberapa anak atau bahkan remaja, belum mengenal betul siapa sosok ibunya.

3. Apakah millennials zaman sekarang mengetahui hal sepele tentang ibunya?

Bertepatan di Hari Ibu ini, IDN Times telah melakukan social experiment mengenai seberapa jauh seorang anak mengenal ibunya. Kami mengajukan pertanyaan simpel yang berkaitan dengan pasangan dan ibunya. Beginilah reaksi mereka.

https://www.youtube.com/embed/suBvmSqBoXs

Ya, beberapa orang memang sangat dekat dan tahu betul siapa sosok ibunya. Bahkan hal sepele seperti makanan favorit ibunya pun mereka tahu. Tapi ada pula lho mereka yang justru gak tahu makanan favorit ibunya.

Kita sebagai seorang anak terkadang masih gengsi untuk mengungkapkan perasaan sayang kita pada ibu. Kita pun terkadang masih sering melawan dan gak melakukan perintahnya.

Kita juga terkadang lebih memilih berkumpul bersama teman dibanding menghabiskan waktu berdua bersama ibu. Namun apa balasan ibu untuk kita? Ibu akan tetap sayang dan gak peduli dengan apa yang telah kita lakukan padanya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya